Cara Mengganti Nomor OVO yang Hilang dengan Mudah

  • Bagikan
cara mengganti nomor ovo yang hilang
cara mengganti nomor ovo yang hilang

OVO menjadi salah satu dompet digital yang sering digunakan saat ini. Alasannya karena platform tersebut memberikan kemudahan transaksi hanya dengan menggunakan nomor handphone. Lalu bagaimana jika nomornya hilang? Berikut akan dijelaskan cara mengganti nomor OVO yang hilang dengan mudah dan yang perlu diperhatikan betul adalah persyaratan yang harus dilengkapi sebelumnya.

Menyiapkan Identitas Diri

Berbeda dari mengganti OVO seperti biasanya, di sini ada persyaratan yang harus disiapkan. Ketika ingin login pada perangkat lain dan nomor yang dipakai mendaftar OVO hilang, tentu tidak dapat menerima OTP. Padahal kode tersebut dikirim melalui pesan singkat. Untuk itulah siapkan foto diri dengan e-KTP, serta penuhi syarat-syarat berikut ini:

1. e-KTP Harus Asli

Syarat pertama sebagai cara mengganti nomor ovo yang hilang yaitu mengambil foto bersama dengan data diri, yaitu e-KTP. Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang dipakai haruslah yang asli. Tidak boleh kartu yang sudah difotokopi karena tidak akan jelas nanti hasilnya. Jangan juga menggunakan e-KTP yang merupakan hasil print. Apalagi kartu tersebut berupa editan.

Baca Juga -   Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba

2. Harus Terlihat Jelas

Persyaratan berikutnya ketika ingin mengambil gambar diri bersama e-KTP yaitu foto harus terlihat jelas. Terutama pada bagian wajah. Pengguna tidak boleh menutupi wajahnya dengan masker atau kain yang menghalangi. Selain itu, jangan memakai kacamata hitam karena dapat menjadi penghalang juga. Lalu, usahakan jangan sampai bagian wajah terpotong.

3. Foto Tidak Blur

Syarat berikutnya sebagai cara mengganti nomor ovo yang hilang ini juga tidak boleh disepelekan. Hasil foto yang diambil bersama e-KTP tidak boleh blur. Karena bisa membuat gambar tidak terlihat dengan jelas. Jadi, ketika kesusahan mengambil foto sendiri, dapat meminta bantuan orang lain. Atau kalau tidak, pakailah smartphone yang memiliki kamera dengan spesifikasi lumayan.

4. Gambar Harus Cerah

Untuk membuat hasil gambar yang jelas, ambillah di tempat dengan cahaya yang cukup. Karena nantinya foto harus cerah dan benar-benar terlihat pada bagian wajah dan e-KTP. Hindari pengambilan gambar di lokasi yang gelap. Jika mengambilnya saat malam hari, maka bantulah dengan menggunakan cahaya tambahan. Seperti lampu atau alat yang lainnya.

Baca Juga -   Cara Membuat Animation di Power Point dengan Mudah

5. Wajah Serasi dengan yang Ada di e-KTP

Syarat terakhir ini tentu menjadi hal yang penting. Pengguna yang ingin mengganti nomor OVO haruslah sama dengan pemilik aslinya. Jangan sampai antara kartu identitas berupa e-KTP dan gambar yang diambil berbeda. Pengguna yang difoto bersama kartu identitas tersebut harus serasi dengan wajah yang ditampilkan pada e-KTP.

Menghubungi Call Center OVO

Sebenarnya mengganti nomor handphone di OVO bisa berada di menu Profile. Tapi itu dapat dilakukan jika nomor yang baru masih aktif dan bisa menerima pesan singkat yang berisi kode OTP. Dan ketika kartu hilang, maka bisa melakukan cara mengganti nomor OVO yang hilang dengan memenuhi syarat di atas.

Setelah syarat terpenuhi, hubungilah call center milik OVO, yaitu 1500 696. Pihak OVO akan memberikan pelayanan selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Sampaikan keluhan dan bantuan yang ingin didapatkan. Utarakan bahwa ingin melakukan perubahan data nomor telepon yang digunakan untuk OVO. Jangan lupa submit foto diri bersama e-KTP.

Baca Juga -   5 Cara Simpan Video Status WhatsApp dengan Mudah

Demikian penjelasan mengenai cara mengganti nomor OVO yang hilang dengan mudah. Yang diperlukan di sini adalah memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Pengguna harus melakukan pengambilan gambar dengan memegang kartu identitas berupa e-KTP. Lalu bisa mengutarakan keluhan dan meminta bantuan dengan menghubungi call center milik OVO.

Baca juga: 5 Cara Simpan Video Status WhatsApp dengan Mudah

  • Bagikan