Kenali Penyebab Mobil Tidak Mau Di Starter Yang Sering Terjadi

  • Bagikan
penyebab mobil tidak mau di starter
penyebab mobil tidak mau di starter

Mengendarai kendaraan seperti mobil memang memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Kendaraan seperti mobil juga membutuhkan perawatan yang tepat agar tidak terjadi kendala ingin menggunakan kendaraan tersebut. Masalah yang sering ditemukan yaitu mobil yang tidak menyala karena tidak bisa di starter. Berikut ini selengkapnya terdapat beberapa penyebab mobil tidak mau di starter paling sering terjadi beserta solusinya.

1. Aki Yang Sudah Soak

Komponen seperti aki yang terdapat pada kendaraan mobil merupakan hal yang cukup berpengaruh. Apabila aki mengalami masalah, maka mobil tidak akan hidup walaupun sudah di starter berkali-kali. Hal ini bisa disebabkan karena air pada aki sudah habis ataupun komponen ini sudah soak sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Saat komponen aki bermasalah maka penyebabnya harus diketahui terlebih dahulu. Komponen aki yang digunakan untuk mobil harus memiliki air yang cukup dengan tingkat yang seharusnya. Keadaan komponen ini juga harus diperiksa apakah bagian tegangannya mengalami masalah atau tidak.

Baca Juga -   5 Merk Ban Mobil Yang Paling Awet Rekomendasi Terbaik

2. Busi Yang Penuh Debu

Pemilik kendaraan mobil sebaiknya memahami komponen seperti busi karena komponen ini dapat menjadi penyebab mobil tidak mau di starter sehingga kendaraan tidak menyala. Biasanya apabila busi sudah memiliki debu yang menumpuk ataupun sudah usang maka hal tersebut dapat menjadi penyebab kendaraan bermasalah. Busi yang sudah kotor dan usang biasanya akan menghalangi arus listrik sehingga mobil tidak bisa menyala.

Masalah seperti ini sangat mudah diatasi dengan membersihkan komponen busi dengan cara yang benar. Bagian busi dapat dibersihkan di setiap bagian permukaan dengan menggosokkan kain ditambah cairan pembersih khusus. Kenali pula kondisi yang sudah usang ataupun rusak sehingga tidak bisa digunakan. Apabila komponen ini rusak dan usang maka hal yang dapat membantu memperbaiki masalah seperti ini yaitu dengan mengganti busi yang baru.

3. Kerusakan Dinamo

Adapun yang menyebabkan masalah pada mobil yang tidak bisa dinyalakan adalah karena disebabkan dengan kerusakan bagian dinamo mobil. Fungsi dari dinamo sendiri adalah untuk membantu mengalirkan tegangan listrik pada kendaraan. Bagian dinamo atau alternator yang sudah usang atau mengalami kerusakan dapat mengganggu arus listrik sehingga mobil tidak bisa dinyalakan. Mengatasi masalah dinamo sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan jika perlu gunakan bantuan dari montir untuk memperbaiki kendala.

Baca Juga -   Ketahui 5 Bahaya Tekanan Freon AC Mobil yang Tidak Sesuai

4. Masalah Pada Fuel Pump

Komponen seperti Fuel Pump biasanya memiliki pengaruh terhadap bahan bakar pada kendaraan seperti mobil. Apabila terjadi masalah pada komponen ini sehingga tidak bisa menghantarkan aliran bahan bakar maka hal tersebut dapat jadi penyebab mobil tidak mau di starter. Adapun masalah ini dapat dideteksi dengan melihat kondisi mobil. Saat mesin sudah panas namun mobil tidak bisa distarter maka komponen fuel pump dapat menjadi penyebabnya.

5. Koil Yang Rusak

Memperhatikan komponen koil juga merupakan hal perlu dilakukan saat mobil sedang mengalami kendala saat distarter. Suhu komponen koil yang bersuhu tinggi bisa membuat kendaraan mobil tidak bisa dinyalakan. Hal yang perlu dilakukan saat mengalami masalah yang disebkan oleh kerusakan pada komponen koil adalah dengan mengganti komponen ini dengan yang baru. Gunakan bantuan tenaga ahli saat memperbaiki komponen mobil apabila masih awam dalam bidang otomotif.

Itulah beberapa penyebab mobil tidak mau di starter paling umum beserta penyelesaian yang dapat dilakukan. Permasalahan seperti ini sebenarnya dapat dihindari dengan merawat mobil yang dimiliki dengan cara yang tepat sehingga mobil dapat digunakan kapanpun tanpa mengalami kendala. Melakukan perawatan mobil juga harus dilakukan secara rutin sehingga pemilik kendaraan tersebut dapat menemukan masalah dan memperbaikinya agar kendaraan dapat digunakan dengan nyaman.

Baca Juga -   3 Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Injeksi dan Ciri Kerusakan

Baca juga: 3 Penyebab Mobil Carry Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan