6 Cara Promosi di IG Story Untuk Menarik Pelanggan

  • Bagikan
cara promosi di ig story

Instagram bukan hanya platform untuk membagi momen tertentu, tapi juga dapat dipakai sebagai sarana untuk memasarkan usaha yang dijalani. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan fitur story. Untuk lebih memaksimalkannya, ikutilah 6 cara promosi di IG story yang diuraikan berikut. Setelah itu, dapatkan keuntungan dengan pelanggan yang terus berdatangan.

1. Ciptakan Desain yang Menarik

Salah satu trik jitu agar produk diketahui oleh konsumen yaitu membuatnya dalam desain yang menarik. Apalagi diunggah melalui IG story. Jika desain abal-abal, sudah pasti story hanya dilewatkan tanpa terbaca. Jadi, pikirkan dulu bagaimana konten yang tepat dan mungkin untuk membuat orang-orang mau membaca apa yang tertera di story tersebut.

Tapi yang pasti, pemilik usaha harus tahu aturan story di Instagram. Karena hanya aspek rasio 9:16 atau ukuran 1080 x 1920 saja yang bisa membuatnya terlihat jelas. Jika dalam bentuk foto, maka buatlah yang unik dengan menatanya dalam bentuk slide per slide. Kalau berupa video, pastikan tidak melebihi 15 detik.

Baca Juga -   Peluang Bisnis Untuk Anak SMA yang Menghasilkan yang Bisa Dicoba

2. Manfaatkan Stiker yang Tersedia

Dalam instagram story sudah tersedia beragam stiker yang bisa menunjang proses promosi. Beberapa di antaranya yaitu lokasi dan link untuk mengarahkan ke halaman tertentu. Jika ingin membangun komunikasi dengan pelanggan, bisa menggunakan stiker berupa quiz atau polling. Sesekali, adakan tanya jawab mengenai detail produk dengan memanfaatkan stiker Q & A.

3. Pakailah Hashtag yang Tepat

Mungkin hal ini sering dianggap sepele. Padahal hashtag bisa menjadi faktor penentu konten dilihat oleh orang lain. Karena banyak pengguna yang mencari informasi hanya dengan menelusuri lewat tagar tanpa mengetahui nama akun. Jadi, gunakan tagar yang sedang viral dan sesuai dengan produk yang dipasarkan. Atau juga dapat memakai location tag.

4. Simpan IG Story di Sorotan

Fitur satu lagi di Instagram yaitu highlight yang tertera pada profil pengguna. Sorotan tersebut berisi story yang pernah diunggah sebelumnya. Jadi, agar pelanggan lebih mudah dalam menemukan informasi, maka simpanlah story di dalam sorotan. Highlight ini dapat berisi informasi detail, lokasi, cara memesan, promo menarik, atau testimoni dari para konsumen.

Baca Juga -   Ide Bisnis Minuman Franchise Kekinian 2021 yang Menguntungkan

5. Berikan Diskon dan Promo

Yang paling digemari konsumen yaitu saat ada potongan harga dan promo menarik. Jadi, sesekali berikan diskon di hari-hari tertentu. Ketika mendesain gambar, buatlah teks diskon dan promo dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga saat melihat pertama kali, konsumen akan langsung tertuju pada maksud tersebut. Jika tertarik, pasti akan melakukan pemesanan.

6. Buatlah Iklan Instagram Story

Cara promosi di IG story selanjutnya yaitu dengan membuat iklan secara khusus. Fitur ini memang dikhususkan bagi pemilik usaha agar lebih mudah melakukan pemasaran. Jika memanfaatkan fitur ini, maka story akan dimunculkan dengan tampilan fullscreen. Berikut ini langkah membuatnya:

  • Bukalah fitur Pengelola Iklan dan klik pada tombol Buat
  • Tentukan tujuan pelanggan yang sebelumnya telah ditetapkan target market-nya
  • Setelah itu tuliskan detail dari kampanye
  • Saat berada pada level penempatan, bisa memilih Penempatan Otomatis. Tapi jika ingin melakukan manual, maka centang pada kolom stories yang terletak di bawah Instagram
  • Jangan lupa tentukan anggaran dan jadwal dari penayangan iklan di story
  • Selanjutnya bisa memilih tampilan dari iklan yang ditampilkan. Dapat berupa gambar atau video tunggal. Dan ada pula yang berbentuk carousel
  • Tambahkan foto atau video produk yang sudah diambil
  • Lengkapi detail informasi
  • Selesaikan dengan menekan tombol Konfirmasi. Jika ingin melihat dulu, maka bisa memilih menu pratinjau
  • Lalu dalam menu pilihan, tekan pada Instagram Stories

Demikian 6 cara promosi di IG story yang dapat dicoba untuk lebih mengenalkan produk. Setiap fitur yang diberikan bisa dimanfaatkan agar konten yang dibuat berkualitas dan menarik, sehingga jumlah pelanggan akan semakin naik. Lebih baik lagi jika menggunakan fitur iklan Instagram story.

Baca Juga: Teknik Cara Promosi Parfum Secara Offline dan Online

  • Bagikan