Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Tanpa Aplikasi Peluncur

  • Bagikan
cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi
cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi

Apakah merasa bosan dengan tampilan homescreen yang begitu saja? Cobalah untuk membuatnya lebih menarik dengan menyimak cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi peluncur berikut ini. Sehingga tidak perlu khawatir handphone akan lemot yang biasa diakibatkan oleh software launcher. Untuk langkah-langkah mengubah icon sesuai keinginan, ikuti penjelasan di bawah ini:

1. Unduh Paket Ikon

Sebenarnya cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi sangat mudah. pengguna bisa memanfaatkan software peluncur yang memang biasa digunakan untuk mengganti icon. Pilihan dari aplikasi launcher pun banyak. Tapi ternyata aplikasi-aplikasi tersebut sering kali membuat smartphone menjadi lebih lemot. Sebagai alternatif, sebaiknya download saja aplikasi X Icon Changer. Software ini tersedia di Google Play Store dan bebas diunduh.

X Icon Changer memiliki beberapa kelebihan yang berguna untuk para pengguna. Aplikasi ini berukuran lebih ringan daripada software peluncur biasanya sehingga tidak akan membuat lemot. Selain itu, pilihan ikon yang disediakan pun beragam. Bukan hanya itu saja, para pengguna smartphone android juga dapat membuatnya secara custom dan sesuai keinginan.

Baca Juga -   5 Cara Menjernihkan Foto Tanpa Aplikasi dengan Mudah

2. Install dan Buka X Icon Changer

Jika proses unduhan sudah selesai, segera pasangkan software X Icon Changer di perangkat. Aplikasi ini memiliki ukuran hanya 10 MB sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan yang besar. Dan hal inilah yang merupakan alasan dipilihnya X Icon Changer daripada aplikasi peluncur. Setelah instalasi selesai dilakukan, langsung saja buka aplikasinya.

Pengguna akan diberikan tampilan awal dari X Icon Changer. Pada halaman inilah pengguna bisa menentukan aplikasi mana saja yang ingin diganti icon-nya. Tekan aplikasinya yang sudah ditampilkan di bawah tulisan Please Choose an App. Atau jika ingin mencari aplikasi lainnya, dapat mengetikkan namanya pada kolom Search yang ada di atas.

3. Pilih Gambar yang Ingin Dijadikan Sebagai Icon

Dalam cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi peluncur ini, pengguna akan diberikan pilihan gambar yang beragam. Gambar-gambar yang dijadikan icon pun sudah disediakan di dalam X Icon Changer. Tapi pengguna juga bisa melakukan kustomisasi sendiri. Sehingga dapat menentukan gambar icon sesuai keinginannya.

Baca Juga -   Pengertian dan Contoh Open Source

Jika ingin mengganti icon aplikasi dengan gambar yang telah tersedia dalam X Icon Changer, maka bisa memilih menu Library. Dalam menu ini akan ada banyak sekali jenis gambar yang tersedia secara gratis. Tapi jika ingin membuat sendiri atau mengambil gambar yang tersimpan di galeri, maka pilihlah menu Photo atau Apps.

4. Ganti Nama Aplikasi

Selain mengganti icon aplikasi, cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi melalui X Icon Changer ini juga membebaskan para pengguna smartphone android untuk mengubah nama dari aplikasi tersebut. Sehingga semua tampilannya dapat disesuaikan dengan keinginan. Jika ingin menggantinya, segera lakukan pengeditan dan nama yang ditampilkan pada bawah aplikasi akan berubah.

Bukan hanya itu saja. X Icon Changer juga memiliki fitur lainnya. Jika menggunakan bantuan software ini, pengguna bisa menambahkan animasi berupa GIF. Dan itu pastinya membuat icon aplikasi lebih menarik dan berbeda dari sebelumnya. Para pengguna bebas melakukan kustomisasi apa pun sesuai keinginan.

5. Lihat Hasilnya

Setelah selesai melakukan pengaturan, jangan lupa untuk menekan tombol OK. Lalu keluar dari X Icon Changer dan lihatlah hasilnya pada homescreen. Bagaimana, tentu icon aplikasi menjadi lebih menarik bukan?

Baca Juga -   Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba

Itulah penjelasan tentang cara mengganti icon aplikasi android tanpa aplikasi peluncur. Hanya dengan memanfaatkan X Icon Changer, para pengguna smartphone android dapat melakukan pengaturan dan mengustomisasi sesuai keinginan. Icon aplikasi pun menjadi lebih menarik dengan menambahkan animasi GIF.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

  • Bagikan