Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

  • Bagikan
cara mengganti nada dering whatsapp dengan suara google
cara mengganti nada dering whatsapp dengan suara google

Apakah pernah mendengar suara orang perempuan dengan nada datar yang biasa ditemukan ketika berselancar di Google? Bagaimana jika menggunakannya sebagai ringtone untuk aplikasi WA? Berikut ini akan diuraikan tentang cara mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google. Sehingga saat ada pesan dan panggilan masuk menjadi lebih menarik.

Mengakses Situs Sound of Text

Untuk bisa menggunakan ringtone dengan suara yang khas itu, bisa melalui situs Sound of Text. Pengguna harus menentukan nada dering terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya sebagai nada dering untuk notifikasi aplikasi WhatsApp. Berikut ini langkah-langkah membuat ringtone tersebut:

1. Buka Situs Sound of Text

Cara mengganti nada dering whatsapp dengan suara google yang pertama yaitu buka dulu browser apa pun yang ada di smartphone. Boleh menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox. Lalu selanjutnya, pada kolom untuk melakukan pencarian, ketikkan alamat dari Sound of Text. Pengguna bisa menuliskan soundoftext.com di kolom tersebut. Setelah itu, tekan Enter untuk masuk ke situsnya.

Baca Juga -   Pengertian Router, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Masukkan Teks

Langkah selanjutnya untuk bisa menciptakan ringtone berupa suara Google yaitu menentukan kalimat yang akan diucapkan. Pengguna bebas menuliskan teks apa pun sesuai keinginan. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam kotak Text. Jika sudah, masuklah ke menu Voice untuk menentukan bahasa yang ingin digunakan. Lalu tinggal tekan Submit.

3. Unduh Ringtone yang Sudah Dibuat

Selanjutnya situs tersebut akan mengubah teks yang dituliskan menjadi nada dering dengan format mp3. Jika sudah diubah, langsung unduh dengan meng-klik tombol Download yang ada pada layar. Tunggu sampai proses unduhan selesai dilakukan. Nantinya, secara otomatis berkas tersebut akan tersimpan di dalam folder yang ada di penyimpanan.

4. Ganti Ringtone di WhatsApp

Jika berkas sudah berhasil terunduh, maka lanjutkan ke cara mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google yang berikutnya. Langkahnya yaitu masuk ke aplikasi File Manager. Pada penyimpanan internal, carilah folder dengan nama Notifications. Apabila tidak menemukannya, buatlah folder baru yang sama dengan nama tersebut.

Baca Juga -   9 Platform Blogging Terbaik dan Gratis yang Wajib Kamu Coba

Selanjutnya, carilah folder yang digunakan untuk menyimpan berkas suara tersebut, biasanya ada di dalam Download. Lalu pindahlah file-nya ke folder yang sudah dibuat. Setelah itu pergi ke aplikasi WhatsApp. Bukalah menu Pengaturan dan cari fitur Notifikasi. Tinggal pilih nada dering yang telah ditambahkan.

Mengganti Ringtone dengan Bahasa Daerah

Salah satu kekurangan dari situs Sound of Text yaitu tidak tersedianya bahasa daerah, seperti Jawa dan Sunda. Tapi tidak usah khawatir. Pengguna bisa membuatnya lebih menarik dengan menggunakan situs Voice of Text. Untuk mengaturnya, ikuti caranya berikut ini:

1. Buka Situs Voice of Text

Berbeda dari sebelumnya, situs Voice of Text menyediakan fitur untuk membuat nada dering dengan suara Google berbahasa daerah. Akses situsnya dengan menuliskan alamat voiceoftext.com di browser. Setelah berada di tampilan baru, pilih menu antara Suara Google Jawa atau Suara Google Sunda.

2. Masukkan Teks

Sama seperti yang sudah diterangkan, cara mengganti nada dering whatsapp dengan suara google adalah pengguna harus mengetikkan kalimat yang ingin diucapkan. Tuliskan teksnya dalam bahasa Jawa atau Sunda, sesuai keinginan pada kolom yang ditampilkan. Setelah selesai, klik tombol Convert to Voice untuk melakukan proses konversi.

Baca Juga -   Begini Cara Membuat Barcode di Word 100% Dijamin Berhasil

3. Unduh Ringtone yang Sudah Dibuat

Jika proses konversi sudah selesai, pengguna bisa langsung mengunduhnya. Caranya yaitu dengan meng-klik ikon Download. Jika tidak ada, tekan saja tombol Play yang dimunculkan di sisi audio. Lalu pilih menu Download dan tunggu hingga selesai. Setelah itu, bisa mengganti nada dering di WhatsApp sesuai dengan langkah yang sudah diuraikan.

Itulah penjelasan mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp dengan suara Google melalui situs Sound of Text. Tapi jika ingin memakai Bahasa Jawa atau Sunda, bisa memanfaatkan situs Voice of Text. Selanjutnya lakukan pengaturan dan dapatkan notifikasi yang unik dengan suara khas tersebut.

Baca juga: Cara Mengganti Nomor OVO yang Hilang dengan Mudah

  • Bagikan