Teknik Cara Promosi Parfum Secara Offline dan Online

  • Bagikan
cara promosi parfum

Parfum adalah salah satu produk yang cukup sulit dipromosikan secara virtual atau menggunakan media sosial, namun bukannya tidak mungkin untuk melakukannya. Pasalnya wangi parfum yang beragam juga disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Sebenarnya ada rahasia cara promosi parfum yang cukup unik, baik secara langsung ataupun melalui media sosial.

Tentunya ini adalah kabar baik bagi pelaku bisnis, khususnya parfum karena kemungkinan akan meningkatkan keuntungan dan pelanggan baru yang datang. Setidaknya ada dua teknik promosi yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha melalui cara tradisional secara langsung dan memanfaatkan media sosial. Langsung simak penjelasan dari cara promosi parfum di bawah ini:

Melakukan Promosi Parfum Secara Langsung

Rekomendasi pertama dari cara promosi parfum adalah dengan menggunakan teknik penawaran langsung yang sudah biasa digunakan. Akan tetapi, ada beberapa saran unik dan menarik yang dapat dilakukan agar menarik pelanggan. Penasaran apa saja saran dan caranya? Ikuti sampai habis penjelasan di bawah ini yaitu:

  • Siapkan beberapa kertas parfum yang dapat menangkap wangi parfum.
  • Semprotkan parfum ke kertas tersebut yang berfungsi untuk promosi nantinya.
  • Pilih tempat promosi dengan mempertimbangkan posisi strategis, jumlah orang, dan suasana tempat. Usahakan lakukan di dekat toko agar lebih mudah ketika ada pengunjung yang tertarik.
  • Berikan contoh atau sample kertas parfum yang sudah disemprotkan sebelumnya kepada pelanggan yang lewat. Pada bagian ini, jangan asal memberikan dan sesuaikan wangi dengan tujuan pemasaran parfum.
  • Ketika ada pelanggan yang tertarik atau bertanya mengenai parfum, maka jawab dengan sabar dan jangan terkesan menuntut. Jangan mengubah ekspresi atau nada, meskipun calon pelanggan tidak jadi membeli parfum.
  • Bantu pilih rekomendasi parfum lain dengan memberikan kertas parfum sebelumnya.
  • Lakukan langkah-langkah tersebut berulang kali agar tetap efektif dan sesuaikan dengan penghitungan keuntungan toko. .
Baca Juga -   Peluang Bisnis Untuk Anak SMA yang Menghasilkan yang Bisa Dicoba

Mempromosikan Parfum Secara Online

Selanjutnya ada rekomendasi cara promosi parfum yang kedua yaitu mempromosikan parfum secara online. Hal ini tentu saja sulit dilakukan, terlebih lagi ada begitu banyak saingan dari produk sejenis hingga menggunakan merek besar. Jangan khawatir karena akan ada langkah-langkah yang dapat diikuti untuk melakukan promosi secara online antara lain:

  • Pilih salah satu jenis atau varian parfum yang merupakan best seller dan disukai secara umum. Ketika pelanggan baru mencoba varian parfum yang dimiliki tidak kecewa maka kemungkinan akan kembali membeli varian yang sama atau berbeda.
  • Kemudian tentukan juga media sosial yang ingin digunakan, misalnya Instagram atau Facebook. Menyangkut dengan sasaran pasar, sesuaikan apakah pengguna media sosial tersebut sesuai.
  • Tentukan juga penjualan secara online apakah menggunakan merchant online shop atau tidak. Menggunakan merchant online shop mungkin lebih disarankan karena dapat meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan.
  • Ketika sudah ditentukan promosi dan penjualan online, buat akun dan letakkan deskripsi singkat di bagian bio.
  • Posting produk secara berkala agar terlihat aktif.
  • Metode mouth to mouth juga disarankan untuk dilakukan. Metode ini membiarkan produk direkomendasikan oleh pengguna lain tanpa perlu membayar biaya tambahan.
  • Berikan pelayanan dan packing yang menarik serta elegan agar mouth to mouth dapat terjadi.
Baca Juga -   Peluang Bisnis Populer Untuk Anak Muda Yang Menguntungkan

Itulah cara promosi parfum yang dapat dilakukan, perlu dipahami memang selera setiap orang berbeda jadi akan lebih baik memiliki banyak varian yang berbeda. Selain itu langkah yang dilakukan juga sudah dijelaskan dengan detail sehingga dapat langsung diikuti dengan mudah. Sekian dahulu penjelasan kali ini yang diharapkan dapat membantu pemilik usaha parfum meningkatkan penjualannya melalui promosi.

Baca Juga: 2 Teknik Cara Promosi di Instagram, Terjamin Efektif

  • Bagikan