6 Cara Promosi Produk di WhatsApp yang Wajib Dicoba

  • Bagikan
cara promosi produk di whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan dengan jumlah pengguna yang cukup besar, sehingga menjadi sarana untuk ruang pemasaran. Agar bisnis bisa lebih berkembang, pengusaha perlu mengetahui cara promosi produk di WhatsApp. Kira-kira langkah apa saja yang perlu diambil? Berikut 6 caranya:

1. Buatlah Perencanaan dan Target

Setiap memiliki usaha, diharuskan untuk melakukan perencanaan yang matang. Bukan hanya dari segi isi produk, tapi juga dalam sisi pemasaran. Karena hal inilah yang menjadi faktor penentu bagaimana produk tersebut dapat dikenal. Jika pemasaran baik, maka secara otomatis banyak produk yang terjual setiap bulannya. Keuntungan yang diperoleh pastinya juga berlipat.

Salah satu trik jitu pemasaran yaitu memanfaatkan sosial media, khususnya WhatsApp. Tentukan strategi yang tepat dan target market dari produk yang ditawarkan. Jika tepat, maka perjalanan dari usaha juga pasti terarah. Selain itu, para pemilik usaha diharuskan merancang target pencapaian. Sehingga saat hasil tidak sesuai, dapat segera dilakukan evaluasi.

Baca Juga -   6 Doa Untuk Anak Pada Usia Dini

2. Buatlah Nomor Khusus Untuk Bisnis

Saat memilih WhatsApp sebagai sarana untuk melakukan promosi, maka harus lebih fokus pada platform ini. Caranya yaitu dengan membuat satu nomor khusus yang dipakai untuk menjalankan bisnis. Jadi, antara kepentingan pribadi dan usaha tidak akan bercampur. Manfaatkan pula fitur WhatsApp Business yang menyediakan menu alamat, katalog, dan pesan secara otomatis.

3. Buatlah Daftar Broadcast

Cara berikutnya ini juga menjadi langkah tepat jika mempromosikan produk lewat WhatsApp. Agar kontak konsumen dan teman atau keluarga tidak tercampur, maka harus membuat daftar broadcast tertentu. Sehingga produk yang ditawarkan nantinya tidak akan salah kirim. Buatlah daftar saat kontak belum banyak. Dan saat ada yang baru, tinggal ditambahkan saja.

4. Unggah Foto yang Sesuai dengan Standar

Salah satu fitur yang disediakan di dalam aplikasi WhatsApp yaitu membuat cerita atau story. Para pemilik bisnis dapat memasarkan produknya dengan cara mengunggah gambar ke story-nya. Tapi pastikan dulu kalau foto tersebut sudah sesuai dengan standar. Gunakanlah bantuan berupa tool editing untuk menciptakan visualisasi yang dapat menarik para pelanggan.

Baca Juga -   Resep BBQ di Rumah yang Lezat dan Mudah Dipraktekkan

5. Ciptakan Konten yang Bervariasi

Cara promosi produk di WhatsApp yang selanjutnya yaitu memperhatikan konten yang akan di-upload di WhatsApp. Para pelaku usaha harus membuatnya lebih menarik dan bervariasi. Bukan hanya sekedar foto biasa yang diunggah di story. Tapi sertakan juga informasi menarik lainnya agar pelanggan bisa tahu. Apalagi yang diletakkan di dalam katalog.

Selain foto, hadirkanlah pula promosi produk tersebut dalam bentuk video. Sehingga lebih variatif dan pelanggan akan merasa tertarik. Video juga bisa memberikan detail dari produk yang ditawarkan daripada dengan gambar. Akan tambah menarik jika video tersebut dibuat dengan tone dan warna yang sesuai. Berikan pula musik untuk mendukung proses pemasaran.

6. Bangunlah Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan dari pelanggan menjadi satu hal yang sangat berharga ketika menjalankan usaha. Jika konsumen percaya, maka produk akan lebih mudah untuk dipasarkan. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan tersebut yaitu dengan menaruh kontak WhatsApp di akun sosial media, seperti Instagram atau Facebook. Sehingga konsumen dapat berhubungan langsung dengan pemilik usaha.

Baca Juga -   Syarat BLT BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Memeriksanya Via Online

Demikian penjelasan tentang 6 cara promosi produk di WhatsApp agar jangkauan konsumen lebih luas. Langkah-langkah tersebut juga memungkinkan para pemilik usaha untuk menambah pelanggan. Sehingga pendapatan yang diperoleh bisa meningkat tiap bulannya. Yang terpenting, selalu berinovasi dalam melaksanakan promosi.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Simpan Foto dari Instagram Dengan Mudah

  • Bagikan