Biaya Ganti Kampas Rem Mobil dan Tanda Untuk Mengganti

  • Bagikan
biaya ganti kampas rem mobil
biaya ganti kampas rem mobil

Kampas rem kendaraan merupakan bagian yang paling penting dalam mesin mobil. Para pemilik mobil juga pasti memahami betapa pentingnya untuk menjaga bagian ini dalam kondisi yang bagus. Jika bagian ini rusak, biaya ganti kampas rem mobil bisa sangat mahal. Apalagi jika rusaknya sudah lama dan keadaannya dibiarkan menjadi semakin parah.

Kampas rem terhubung langsung dengan sistem pengereman mobil. Baik pada sistem pengeraman di belakang maupun di depan mobil. Hal inilah yang membuat bagian ini sangat penting karena sangat mempengaruhi keselamatan penumpang dan pengendara. Berikut ini ada ulasan mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan, untuk mengganti komponen ini.

Biaya Untuk Mengganti Kampas Rem Mobil

Adapun biaya untuk ganti kampas sendiri sebenarnya sangat bergantung pada beberapa hal. Biaya ganti kampas rem bisa saja sangat mahal atau mungkin terjangkau. Berikut ini adalah penjelasan beberapa hal yang mempengaruhi besaran biaya ganti kampas rem mobil.

Baca Juga -   Simak 3 Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor yang Error

1. Merk dan Tipe Mobil

Ada berbagai varian dan tipe kampas rem yang digunakan di merk dan tipe mobil yang berbeda pula. Biasanya semakin tinggi tipe mobil tertentu maka semakin jarang kampas remnya. Hal inilah yang membuat biaya ganti kampas rem mobil high end lebih mahal daripada tipe entry.

Misalnya saja, biaya untuk ganti kampas rem pada Toyota Avanza akan lebih murah daripada Alphard. Untuk toyota Avanza, harga kampas remnya sendiri adalah 455 ribu dengan biaya servisnya 100 ribu. Jadi, hanya dibutuhkan biaya 500 ribu. Tapi, untuk Alphard bisa menelan biaya dua kali lipatnya.

2. Kerusakan yang Ada Pada Kampas Rem

Semakin parah kerusakan yang ada di kampas rem semakin mahal juga biaya gantinya. Hal ini karena rusaknya kampas rem juga akan mempengaruhi kondisi komponen di sekitarnya. Kerusakan yang dibiarkan lama dan tidak segera diganti, bisa saja merusak komponen yang lain. Akhirnya, pemilik mobil tidak hanya ganti kampas rem saja. Namun juga, komponen pendukung kampas rem.

Baca Juga -   Penyebab dan 3 Cara Memperbaiki Aki Tekor pada Mobil

Tanda Kampas Rem Harus Diganti yang Mudah Dikenali

Seperti yang dituliskan sebelumnya, kampas rem yang dibiarkan lama akan merusak komponen lain. Karena itu, ada baiknya pemilik mobil segera mengganti kampas rem. Berikut ini ada beberapa tanda paling mudah dikenali. Sebagai patokan kapan pemilik mobil harus mengganti kampas rem.

1. Ada Bunyi Berdecit Ketika Mengerem

Tanda yang paling mudah dikenali adalah adanya bunyi decit saat pemilik mobil menggunakan sistem rem. Bunyi decit ini dihasilkan dari gesekan brake wear indicator dengan piringan rem. Brake wear indicator ini harusnya menempel dengan kampas rem. Namun, jika kampas rem tidak ada, brake wear indicator akan bergesekan langsung dengan plat dan menghasilkan bunyi decit.

2. Rem Menjadi Kurang Pakem

Tanda kampas rem habis yang mudah dikenali selanjutnya adalah rem yang makin tidak pakem. Jika pemilik mobil merasakan adanya perubahan dari daya henti rem ketika ditekan. Para pemilik wajib untuk mengecek ketebalan kampas rem. Jika memang kampas rem habis, harus segera diganti jangan menunggu kampas rem sampai rata.

Baca Juga -   5 Cara Memperbaiki Accu Basah yang Mati Agar Bisa Digunakan

Itulah penjelasan mengenai biaya ganti kampas rem mobil dan tanda kampas rem mobil habis yang mudah dikenali. Ternyata tidak sulit untuk mengetahui kampas rem mobil sudah harus diganti atau belum. Para pemilik mobil bisa mengeceknya jika tanda-tanda yang sudah dijelaskan di atas muncul.

Jika memang ada kerusakan, kampas rem harus segera diganti. Jangan tunggu kampas rem semakin rusak. Karena biaya akan menjadi semakin membengkak dan sistem pengereman semakin rusak.

Baca juga: Harga Mobil Honda Brio Terbaru Berdasarkan Tipenya di 2021

  • Bagikan