Estimasi Modal Bisnis Laundry yang Diperlukan! Pemula Harus Simak!

  • Bagikan
modal bisnis laundry
modal bisnis laundry

Bisnis laundry menjadi salah satu pilihan usaha yang paling diminati orang-orang. Bisa dilihat dari menjamurnya usaha laundry yang dibuka. Bisnis ini memang punya beberapa kelebihan seperti tidak diperlukannya skill khusus untuk membukanya. Kemudian, modal bisnis laundry yang terbilang terjangkau.

Sasaran konsumen dari bisnis jasa ini juga sangatlah luas. Karena, pada kehidupan yang semakin sibuk. Orang-orang semakin tidak punya waktu untuk mencuci baju. Namun, sebenarnya seberapa besar modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry.

Berikut adalah estimasi dan penjelasan modal dasar yang diperlukan untuk membuka bisnis laundry. Para pemula yang ingin membuka bisnis laundry wajib menyimak ulasan di bawah ini.

1. Membeli Mesin Cuci – Rp1.500.000 s.d. Rp3.000.000

Modal pertama yang diperlukan untuk membuka bisnis laundry adalah modal alat yaitu mesin cuci. Tidak mungkin kan, pemula membuka bisnis laundry yang dicuci dengan tangan. Selain tidak efisien dan melelahkan. Hal itu bisa menyebabkan hasil cucian kurang bersih dan kurang cepat prosesnya. Karena itu, wajib hukumnya pemula untuk meluangkan dana untuk memberi mesin cuci.

Baca Juga -   Peluang Bisnis Populer Untuk Anak Muda Yang Menguntungkan

Mesin cuci yang tepat untuk usaha ini adalah mesin cuci dengan kapasitas besar. Kemudian, mesin juga harus memiliki beberapa mode untuk mencuci baju dari bahan tertentu. Jika ada modal lebih, jangan beli satu mesin cuci saja. Usahakan untuk membeli 2 atau 3 mesin cuci sekaligus.

2. Mesin Setrika dan Steam – Rp150.000

Modal bisnis laundry selanjutnya harus diluangkan untuk membeli alat setrika dan steam baju. Membuka bisnis laundry tidak lengkap rasanya, jika tidak ada jasa untuk menyetrika baju. Karena itu, pemula wajib memiliki alat setrika. Selain alat setrika, pemula juga harus memiliki alat steam baju.

Steam ini akan memudahkan pekerja laundry untuk menghaluskan pakaian dengan bahan khusus. Misalnya pakaian yang berbahan tipis atau satin. Selain alatnya, pemula juga harus menyiapkan perlengkapan untuk menyetrika. Seperti alas setrika, terminal listrik, gantungan baju, dan alat-alat pendukung lainnya.

3.  Untuk Detergen dan Pewangi – Rp 100.000

Membuka bisnis laundry pasti membutuhkan detergen dan pewangi untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Agar lebih hemat, pemula bisa membeli detergen dan pewangi yang memang dikhususkan untuk laundry. Dengan begitu, pemula bisa mendapatkan produk dalam jumlah banyak dan harganya jadi lebih murah. Jangan beli detergen dan pewangi dalam ukuran untuk keperluan rumah tangga.

4. Alat-Alat Pendukung Untuk Mencuci- Rp300.000

Alat-alat pendukung dalam bisnis laundry ini berupa gantungan baju, rak besi untuk meletakan baju, rangka besi untuk menggantungkan baju, ember dalam berbagai ukuran. Kemudian hanger, jepitan baju, dan alat pendukung untuk proses pencucian baju. Tentu saja, alat ini dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk mendukung proses laundry.

Baca Juga -   Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

5. Tagihan Listrik Per Bulan – Rp300.000 s.d. Rp500.000

Ketika membuka bisnis laundry, pemula harus siap dengan biaya listrik yang membengkak tiap bulannya. Apalagi jika pesanan dan baju yang masuk dalam jumlah banyak. Mesin cuci akan aktif terus menerus dan memakan daya listrik yang banyak. Besaran tagihan listrik bisa bervariasi bergantung juga dengan pemakaian elektronik yang lain.

Itulah modal bisnis laundry paling dasar yang diperlukan. Jika ditotal dari awal sampai akhir untuk modal dasarnya saja dibutuhkan dana sebesar kurang lebih Rp5.000.000. Tentu saja, uang yang dikeluarkan bisa lebih atau kurang dari perkiraan di atas. Jika pemula bisa berhemat dan mencari item dengan harga paling murah. Modal yang dikeluarkan tentu saja, bisa jauh lebih murah dari perkiraan yang sudah dituliskan.

Baca juga: Ingin Usaha? Yuk, Ketahui Modal Bisnis Warung Kopi Free WIFI Berikut!

  • Bagikan