Ketahuilah Cara Mendapatkan Beasiswa KGSP Untuk Kuliah di Korea

  • Bagikan
cara mendapatkan beasiswa kgsp
cara mendapatkan beasiswa kgsp

Korean Government Scholarship Program merupakan beasiswa dari pemerintah Korea yang diberikan bagi mahasiswa yang melanjutkan studi di sana. Salah satu informasi yang paling sering dicari adalah mengenai cara mendapatkan beasiswa KGSP. Karena memang biaya yang ditanggung sangat lengkap, mulai dari kuliah, akomodasi, hingga kesehatan. Berikut cara untuk mendapatkannya:

1. Memilih Jalur Pendaftaran

KGSP memberikan dua macam jalur yang dapat dipilih bagi para pendaftar beasiswa ini. Kedua jalur tersebut adalah universitas dan embassy. Perbedaan jalur ini terletak pada badan yang menjadi tujuan pengiriman dokumen persyaratan beasiswa. Jika mendaftar melalui embassy, maka dokumen tersebut dikirimkan ke kantor Kedubes Korea yang terdapat di Indonesia.

2. Memilih Jurusan

Jika sudah menemukan jalur mana yang akan dipilih untuk mendaftar beasiswa di Korean Government Scholarship Program, selanjutnya adalah menentukan jurusan. Jalur embassy memiliki keunggulan daripada universitas. Sebab para calon mahasiswa dapat mengajukan pendaftaran ke tiga perguruan tinggi dengan tiga jurusan yang berbeda pula. Itulah mengapa disarankan menggunakan jalur embassy saja.

Baca Juga -   5 Universitas Jurusan Fashion Design di Indonesia Terbaik

3. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Cara mendapatkan beasiswa KGSP berikutnya yaitu melengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk proses pengajuan. Dokumen ini dicetak dengan format kertas A4, lalu difotokopi sebanyak tiga rangkap. Ada hal-hal khusus yang sangat perlu diperhatikan agar pengajuan beasiswa ini bisa diterima. Berikut syarat dokumen tersebut:

  • Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Kedua dokumen ini diterjemahkan ke Bahasa Inggris atau Korea dengan bantuan dari penerjemah tersumpah.
  • Rapor dan ijazah dari SMA sederajat mulai dari semester awal sampai akhir. Dokumen ini dapat diterjemahkan sendiri. Tapi setelahnya harus meminta legalitas dari pihak sekolah. Sertakan pula bukti keaslian dengan menggunakan jasa notaris
  • Kartu Tanda Penduduk milik pendaftar beasiswa atau orang tua
  • Sertifikat TOEFL (jika diperlukan)
  • Sertifikat prestasi

Saat melengkapi dokumen ini tidak boleh asal-asalan. Sebaiknya lakukan sejak jauh-jauh hari agar berkas yang masih kurang dapat segera dilengkapi.

4. Menulis Esai dengan Baik

Salah satu hal yang menjadi penentu diterimanya pengajuan beasiswa atau tidak yaitu terkait esai. Karena yang dilihat dari para pendaftar juga termasuk kualitas dan passion yang dimilikinya. Jadi bukan hanya soal nilai akademis saja. Tuliskan sisi yang tidak dicantumkan dalam daftar akademik. Lebih baik lagi mintalah proofread dari orang lain.

Baca Juga -   Pengertian LAN, MAN, WAN, dan PAN dan Fungsinya

5. Menulis Study Plan

Yang perlu disiapkan selanjutnya untuk memperoleh beasiswa KGSP adalah study plan. Ada dua hal yang harus dicantumkan dalam berkas ini. Pertama yaitu alasan untuk mempelajari bahasa asing. Dan kedua mengenai alasan menentukan universitas beserta jurusan yang telah dipilih. Sertakan pula visi ke depannya. Usahakan menuliskannya secara simpel dan tetap realistis.

6. Memilih Pemberi Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi tidak boleh dibuat oleh sembarang orang. Harus dari pihak yang benar-benar tahu mengenai pendaftar. Orang tersebut harus bisa memberikan gambaran menyeluruh. Karena ada beberapa hal yang turut dicantumkan. Mulai dari perjalanan di bidang akademik, kemampuan, kelebihan, dan kekurangan. Yang paling umum pemberi surat ini adalah guru dari pendaftar.

7. Mengirim Dokumen ke Embassy

Setelah semua disiapkan, maka bisa segera mengirimkan berkas tersebut ke alamat Kedubes Korea, yaitu Jalan Gatot Subroto kav. 75 Jakarta. Dokumen tersebut harus ditata dengan rapai agar memudahkan proses pengerjaan dari panitia seleksi. Berkas dijadikan dua bagian dengan rincian berikut:

  • Amplop pertama berisi berkas yang telah dilegalisir beserta surat rekomendasi dan diberi tulisan ORIGINAL
  • Amplop kedua merupakan fotokopi berkas berjumlah tiga rangkap dan ditulisi COPY
  • Kedua amplop dijadikan satu, lalu dimasukkan ke amplop yang lebih besar dengan tulisan KGSP
Baca Juga -   Kewajiban Manusia Terhadap Hutan, Sungai, Hewan dan Pohon

Itulah penjelasan rinci tentang cara mendapatkan beasiswa KGSP yang harus disimak. Setiap langkahnya jangan sampai dilewatkan agar pengajuan ini dapat diterima. Sebab beasiswa ini memberikan biaya secara penuh dan menyeluruh. Sehingga bisa belajar di Korea dengan lancar.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam Dan Pemalu, Terbaik


  • Bagikan