5 Universitas di Jerman yang Menyediakan Beasiswa Terbaik

universitas di jerman yang menyediakan beasiswa
universitas di jerman yang menyediakan beasiswa

Jerman menjadi salah satu tujuan bagi yang ingin melanjutkan studi karena di sana banyak perguruan tinggi berkualitas. Tapi beberapa orang mengkhawatirkan persoalan biaya hidup dan kuliah. Padahal ada universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa penuh sehingga semua biaya akan ditanggung, khususnya mahasiswa internasional. Berikut daftar universitas yang memberikan bantuan tersebut:

1. University of Mannheim

Universitas pertama yang ada di Jerman dan memberikan bantuan kepada para mahasiswanya adalah University of Mannheim. Bahkan namanya cukup tersohor di Eropa karena masuk dalam jajaran peringkat tertinggi. Banyak penghargaan yang didapatkan oleh universitas ini hingga membuat beberapa fakultas memperoleh sponsor. Salah satunya adalah the National Excellence Initiative.

Yang menarik dari University of Mannheim adalah letaknya yang estetik, yakni berada di lingkungan kerajaan Mannheim. Ruang untuk kuliah saja dekat dengan Sungai Rhine yang cantik. Mahasiswa di sini juga patut berbangga karena universitas ini memberikan beberapa beasiswa, di antaranya adalah:

  • Vodafone Chancen Stipendium. Yaitu beasiswa sebesar 1000 euro setiap bulan dan ditujukan untuk yang menempuh program studi sarjana. Beasiswa ini diberikan di tahun pertama masuk
  • The Graduation Scholarship. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang sedang melakukan ujian akhir atau menyelesaikan skripsi dan thesis.
Baca Juga -   5 Cara Membuat Kuis Online dan Jawabannya dengan Google Form

2. Technische Universitaet Muenchen

Universitas di jerman yang menyediakan beasiswa berikutnya yang turut memberikan bantuan kepada mahasiswa adalah TUM. Banyak ilmuwan yang lahir dari universitas ini. Hal tersebut dikarenakan TUM memiliki orientasi dalam bidang pengajaran dan juga penelitian. University of Excellence menjadi gelar yang didapatkan TUM dan yang pertama diperoleh oleh universitas di Jerman.

Ada empat macam bantuan yang diberikan oleh TUM agar mahasiswanya bisa menyelesaikan studi dengan mudah. Bantuan tersebut adalah:

  • Kreditanstalt Foer Wiederaufbau. Yaitu pinjaman untuk para mahasiswa angkatan baru
  • Educational Loan. Jenis pinjaman yang ditujukan bagi mahasiswa yang berada di tengah semester
  • Final Semester Loan. Pinjaman yang dikhususkan untuk mahasiswa di tingkat akhir
  • Loan from Private Bank. Pinjaman yang didapatkan dari sebuah Bank

3. Rurh Universitaet Bochum

Universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa selanjutnya adalah Rurh Universitaet Bochum. Perguruan tinggi ini menghadirkan semua jurusan, baik untuk program S1 atau S2. Sedangkan bidang yang lebih difokuskan yaitu dalam penelitian. RUB memberikan bantuan kepada mahasiswanya melalui yayasan yang dimilikinya sendiri. Nama yayasan tersebut adalah Bildungs Fonds der RUB.

Baca Juga -   5 Tips Liburan Bersama Anak agar Menyenangkan dan Penuh Kenangan

4. Kiel University (CAV)

Universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa ini menjadi salah satu yang terbaik karena hanya 20.000 mahasiswa yang dapat diterima. Berbagai jurusan disediakan, mulai dari pertanian, sains, hingga pendidikan. Kiel University menciptakan program berupa bantuan yang khusus diberikan kepada para mahasiswa berasal dari luar negara Uni Eropa, antara lain adalah:

  • Interim Financial Aid, yakni bantuan yang dikhususkan bagi mahasiswa yang bukan dari negara Uni Eropa
  • University Endowments. Sifat dari bantuan ini terbatas. Sehingga yang ingin mendapatkannya harus segera mendaftar
  • Student Parishes and Organizatuions. Bantuan yang dikeluarkan oleh paroki Protestan dan Katolik

5. Jacobs University of Breman

Universitas swasta yang masuk dalam nirlaba terbaik yaitu Jacobs University of Breman. Universitas ini mendapat biaya operasional melalui sponsor yang diberikan oleh pemilik dari perusahaan kopi Jacobs. Bantuan yang diberikan bersifat terbatas. Mahasiswa yang ingin mendapatkannya diharuskan melamar jika sudah benar-benar diterima di universitas ini. Beberapa bantuan internal yang ada di JUB adalah:

  • Tunjangan (grants)
  • Beasiswa
  • Penundaan biaya untuk kuliah (tuision postponement)

Itulah daftar dari Universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa full bagi yang ingin melanjutkan studi di sana. Kuliah di Jerman bukanlah hal mustahil. Para calon mahasiswa harus rajin mencari informasi tentang beasiswa tersebut. Terutama mengenai universitas tujuan dan bantuan apa saja yang diberikan.

Baca Juga -   Ketahuilah Fasilitas Beasiswa Turki Tanpa TOEFL dan Persyaratannya

Baca juga: Biaya Kuliah S2 Termurah Di Indonesia, Lengkap