Tahu Petis, Camilan Rumahan yang Enak dan Mudah Dibuat! Ingin Tahu Resepnya?

  • Bagikan
tahu petis

Bikin camilan rumahan yang enak memang terkadang bisa menambah mood saat bersantai dengan keluarga. Salah satu camilan yang enak dan mudah dibuat adalah tahu petis, akan tetapi bagi kalian yang kurang familiar tentang bagaimana cara membauatnya.

Tenang saja, kami akan merangkum beberapa langkah dan resep-resepnya yang pastinya sangat simple dan mudah sekali dibuat. Penasaran bukan? Jika iya, mari sumak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Membuat Tahu Petis yang Enak dan Simple Banget!

tahu petis

Tahu petis ini merupakan jajanan khas Semarang yang sangat disukai oleh banyak orang, sebenarnya kalau dilihat dengan mata telanjang hampir tidak ada bedanya dengan teahu biasa. Bedanya hanya isianya saja yaitu petis.

Karena memiliki perpaduan gurih dari tahu dan pedasnya sambal petis, membuat camilan ini sangat cocok disantap bersama keluarga tercinta. Mau tau resep dan cara membuatnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga -   Ketahuilah Dulu! 4 Tips Untuk Membuka Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui Pemula

1. Bahan-Bahan

Untuk membuat tahu petis, kalian memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 15 tahu berukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • Sedikit air (secukupnya)

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal petis adalah:

  1. 100 ml air
  2. Cabai rawit (bisa ditambahkan sesuai selera)
  3. 4 siung bawang putih
  4. 4 sendok petis udang
  5. Kecap manis (secukupnya
  6. 1 sendok gula pasir dan merah
  7. Kaldu bubuk
  8. Tepung kanji yang sudah dilarutkan bersamaan dengan air

2. Goreng Terlebih Dahulu Tahu Sampai Matang Sempurna

Kalau sudah menyiapkan bahan-bahan yang tadi, kemudian cucilah terlebih dahulu tahu dan rendam dengan air beserta garam. Diamkan beberapa saat, sembari menunggu wajan yang telah diberi minyak. Goreng sampai matang, kemudian tiriskan terlebih dahulu.

Menumis Bumbu Petis

Haluskan bawang putih dan cabai terlebih dahulu, bisa menggunakan blender atau yang lainnya. Setelah itu, tumislah bumbu tadi sampai memiliki wangi yang harum. Kemudian, tambahkan bumbu pelengkap lainnya, seperti gula merah sampai kecap manis, aduk hingga merata.

3. Menambahkan Larutan Tepung Kanji

Setelah menumis bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian cicipilah rasanya terlebih dahulu, Jika sudah pas dan mantap, tambahkan tepung kanji dan aduk sampai benar-benar mengental, setelah itu sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga -   Ingin Membuka Bisnis Cetak Kalender? Yuk Simak 4 Tips Berikut Ini!

Memasukkan Petis ke Dalam Tahu yang Telah di Goreng

Ambil tahu yang telah digoreng tadi, kemudian masukkan kedalam petis. Bisa banyak bisa sedikit, semuanya tergantung selera. Tekan-tekan bagian tengah tahu sampai benar-benar merekat.

4. Diamkan Selama Beberapa Menit

Setelah tahu benar-benar merekat, tambahkan adonan tepung terigu sisaan dari membuat sambalnya tadi. Aduk hingga merata, dan oleskan tahu yang telah kalian beri petisnya tadi. Diamkan dulu selama beberapa menit lagi.

5. Goreng Lagi

Kalau sudah didiamkan selama beberapa menit, kini saatnya menggoreng tahu petis lagi. Namun yang perlu kalian ingat, bahwa menggorengnya tidak boleh terlalu lama, sebab tahunya tadi sudah matang.

Jadi kalian harus menggorengnya sebentar saja, sampai warna dari tepung kanji berubah menjadi cokelat keemasan. Atau bisa dihitung hanya dengan beberapa menit saja kalian menggorengnya. Tara tahu petis sudah siap untuk disantap.

Menyantap makanan ini bersamaan dengan keluarga merupakan momen-momen yang snagat indah. Jadi nikmatilah waktu bersama dengan keluarga tercinta kalian sambil menyantap kudapan ringan ini.

Baca Juga -   Resep Minumam Kekinian Ala Cafe, Bisa Untuk Sendiri atau Bisnis

Itulah beberapa cara membuat tahu petis beserta resep-resepnya yang sangat simple dan mudah untuk dibuat. Bbagaimana apakah kalian tertarik mencobannya sendiri dirumah? Siapa tahu keluarga akan senang dengan cemilan ini.

Sekian dulu dari kami dan terimakasih sudah membaca artikel ini ya!


  • Bagikan