Pebisnis Retail Wajib Tahu! 4 Manfaat Point of Sale Untuk Perkembangan Usaha Kedepannya

point of sale

Memiliki nama Point of Sale atau POS ini memiliki artian yaitu titik dari sebuah pennjualan dimana transaksi itu diselesaikan. Sistem ini juga dsebut dengan mesin kasir.

Hal ini dibuat, pada dasarnya yaitu unutk mempermudah proses penjualan (atau) pembelian dalam bisnis retail. Sehingga pelanggan dapat dengan cepat melakukan pembayaran.

Dilihat dari fungsinya saja, point of sale POS dirancang untuk mempermudah proses pembelian jadi POS ini banyak digunakan pada bisnis restoran atau kafe, yang mewajibkan untuk bertransaksi secara cepat tanpa adanya kesalahan pada sistem.

Apa Saja Manfaat Dari Point of Sale Untuk Perkembangan Bisnis Retail?

point of sale

Pada dasarnya sistem point of sale POS ini, banyak digunakan di restoran atau kafe-kafe yang sudah besar. Akan tetapi sistem POS ini juga bisa digunakan untuk bisnis retail. Bahkan sistem POS sendiri memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk membantu mempermudah dalam bisnis retail. Apa saja manfaat yang diperoleh bisnis retail jika menggunakan sistem POS ini.

Baca Juga -   Jangan Gegabah Dulu! Ini Dia 4 Konsep Model Bisnis yang Wajib Kalian Ketahui!

1. Meningkatkan pelayanan

Melalui sistem point of sale, retraler dapat menyediakan customer experience yang lebih baik. Jadi staff toko dapat mencarikan produk yang diinginkan oleh pelanggan hanya dalam hitungan detik. Sistem ini juga memungkinkan pemilik retail untuk membuat self service untuk pelanggan.

Mengingkatkan pelayanan untuk pelanggan ini memberikan banyak dampak positif bagi pemilik retail, hal ini dikarenakan pelanggan akan merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Serta memberikan review yang baik kepada bisnis retail yang dibuka atau sedang dikerjakan.

2. Mengoptimalkan keamanan data

Sistem ini juga memiliki tujuan untuk mengoptmalkan keamanan data pelanggan. Hal ini juga termasuk menjaga informasi kartu kredit pelanggan secara aman. Sistem ini dinamakan Cloud POS,  seluruh data disimpan didalam cloud, bukan di sistem data komputer. Sehingga menghilangkan resiko kehilangan data akibat virus ata sistem yang rusak.

Dengan menggunakan sistem POS berbasis cloud ini, seuruh transaksis juga tetap berjalan tanpa adanya kekawatiran kehilangan data. Seluruh data transaksi akan disimpan dan di sinkronasi ketika sistem terhubung di internet.

Baca Juga -   Jangan Dianggap Sepela? Ini Dia 4 Manfaat Administrasi Bisnis Bagi Perkembangan Sebuah Usaha!

3. Mempermudah mengelola barang yang ada di toko

Sistem point of sale ini memungkinkan pemiliki untuk mengecek sekaligus meacak persediaan barang yang ada di toko. Pemilik biasanya dapat meilihat ketersediaan stok barang yang ada. Selain itu juga bisa mengecek barang-barang yang ada di toko lain, hal ini bertujuan, jika salah satu toko stok barag nya sudah habis, maka bisa mencarinya di toko lain.

Mempermudah mengelola barang yang ada di toko ini sangat menguntungkan bagi pemilik retail, karena jiak pembeli menginginkan suatu barang maka pemilik tidak usah repot repot mencarinya di tempat lain hanya perlu mengeceknya ditoko retail cabangnya. Selain itu pemilik juga dapat dengan mudah mencari ahu ketersediaan produk yang dicari pelanggan apa tersedia di seluruh cabang toko retail.

4. Adanya laporan penjualan

Sistem point of sale pos ini memungkinkan pemilik untuk mengasilka lapora penjualan dengan lengkap dan akurat. Laporan ini meliputi, jumlah produk yang terjual, produk yang laris, keuntungan penjualm dan masih banyak lagi.

Baca Juga -   5 Tips Liburan Keluar Negeri Murah tapi Tetap Penuh Kenangan

Dengan menggunakan sistem ini, pemilik juga meminimalisir human eror yang biasanya disebabkan ketika salah memasukan data penjualan. Jadi keuntunganya, benar benar akhurat dalam menyususn laporann penjualan.

Kesimpulan dan Penutup!

Jika kalian sedang menggeluti bisnis retail, maka wajib menggunakan point of sale untuk membantu perkembangan usaha kedepannya.

Selain itu, untuk perkembangan bisnis-bisnis yang lain, kalian bisa membuka website fb trailers. Karena disana banyak sekali membahas potensi perkembangan usaha-usaha yang lagi berkembangan.

Sekian dulu dari kami dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini ya! Sampai jumpa lagi.