Tips Belajar Saham untuk Pemula

  • Bagikan
saham
Foto: Freepik

Bermain saham memang menjanjikan penghasilan tambahan lain termasuk bisa dijadikan sebagai passive income. Meski demikian, bermain saham memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi bagi Anda yang masih pemula.

Bermain saham harus benar-benar dipahami bahkan bila perlu mempelajari cara bermain saham secara detail agar tidak malah merugikan Anda.

Apalagi saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat yang tergiur untuk bermain saham, namun belum memiliki pemahaman dan kemampuan yang mumpuni tentang saham, seperti mengamati pergerakan harga saham hingga jenis saham yang potensial untuk dibeli.

Mulai Belajar Bermain Saham

Sejatinya, bermain saham memang bisa dijadikan sebagai peluang cuan, namun dibalik potensi penghasilan yang tinggi itu, ada pula potensi kerugian jika tak pandai-pandai atau mengerti tentang cara bermain saham itu sendiri.

Untuk itu, sebelum memulai bermain saham, sebaiknya Anda sudah terlebih dahulu mulai dari hal yang detail cara bermain saham, mengelola saham, hingga menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual saham tersebut.

Baca Juga -   Dong Bao APK, Penghasil Uang yang Legit Dari Internet!

Oleh karenanya, tak ada salah bagi Anda jika ingin mulai belajar bermain saham, karena sejatinya bermain saham tak dilihat dari segi usia melainkan hal yang utama adalah modal sekaligus skill atau keahlian menganalisa pasar.

Berikut cara sederhana memulai belajar bermain saham:

Mengenal Saham

Hal pertama yang harus Anda pahami saat memulai belajar bermain saham adalah mengenal terlebih dahulu apa itu saham sebagai investasi. Berdasarkan pengertiannya, investasi saham bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan penyertaan modal sebagai investasi dengan maksud untuk meraih keuntungan dalam periode tertentu atau bahkan jangka panjang.

Ada banyak literatur tentang saham maupun jenis investasi saham lainnya yang bisa dengan mudah ditemukan cukup dengan mengakses mesin telusur seperti google maupun yang lainnya.

Memahami Analisa

Setelah mengerti tentang saham dan fitur-fitur yang ada dalam permainan saham itu sendiri, tahap selanjutnya adalah belajar memahami analisa saham. Disini Anda akan belajar menganalisa pergerakan pasar hingga menganalisa perkembangan keuangan perusahaan yang akan tuju untuk menanamkan investasi.

Baca Juga -   Aplikasi Cek Bansos UMKM Untuk Memudahkan Cek Pencairan Dana

Analisa fundamental dalam investasi saham sangat erat kaitannya dengan konsep ekonomi makro. Sehingga, sebagai pemain saham yang terbilang baru dan masih baru, sebaiknya Anda selektif dalam memilih perusahaan tempat berinvestasi hingga besaran nilai investasi yang bakal Anda tanam di perusahaan tersebut.

Yang perlu diingat adalah, saham bergerak secara dinamis, dan cenderung terkait erat dengan spekulasi, bisa jadi saat ini nilai saham tempat Anda berinvestasi sedang turun atau rendah tapi perubahan pasar modal yang dinamis amat mungkin membuat situasi pasar khususnya perusahaan tempat Anda berinvestasi tiba-tiba mengalami kenaikan dalam hal harga saham sehingga diperlukan kejelian dalam menganalisa.

Mulai dengan Investasi Saham yang Kecil

Setelah memiliki sedikit pemahaman tentang saham, investasi dan bagaimana cara melakukan analisa pasar, tak ada salahnya untuk memulai bermain saham dengan angka yang kecil terlebih dahulu.

Karena, dengan mempraktekkan secara langsung, Anda akan memiliki pengalaman dengan melakukan analisa secara otodidak yang tak jarang justru memiliki teknik atau cara tersendiri yang bisa menghasilkan cuan.

Baca Juga -   Ide Bisnis Minuman Franchise Kekinian 2021 yang Menguntungkan

Namun, sebelum memulai belajar bermain saham secara otodidak dan secara langsung, ada beberapa syarat yang harus Anda pahami khususnya syarat untuk bermain di pasar modal seperti: membuat rekening saham berdasarkan identitas data pribadi, serta membuat rekening dana investor sebagai tempat melakukan transaksi saham. (mz)


  • Bagikan