Buka Mata Lebih Lebar Lagi! 5 Langkah Untuk Membuka Usaha Franchise Agar Bisa Sukses

  • Bagikan
usaha franchise

Sekarang ini usaha franchise memang tengah trending di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi semua orang tengah berlomba-lomba mendirikan UMKM.

Untuk itulah, kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara membuka usaha franchise agar bisa sukses. Penasaran bukan? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Apa Saja Tips-Tips Untuk Membuka Usaha Franchise Agar Bisa Sukses Dikemudian Hari?

usaha franchise

Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung, terkait bagaimana cara membuka usaha franchise agar bisa sukses. Berikut tips-tipsnya.

1. Melakukan pengecekan terhadap produk

Siapa yang memiliki bisnisnya atau siapa pengelolanya bukanlah hal penting bagi konsumen, tetapi produk dan jasanyalah yang berpengaruh bagi customer experience.

Kemampuan sistem waralaba dalam memberika tingkat kepuasan tinggi bagi konsumen, tidak peduli dimana lokasi atau pemiliknya karena adanya jaminan kualitas yang sama akan tersalurkan kepada konsumen.

Baca Juga -   Tentang Manfaat Probiotik! Dan Perlukah Dikonsumsi Setiap Hari?

Jadi, anda perlu mengutamakan kontrol kualitas, tak peduli sudah seberapa besar bisnis anda berkembang. Ini merupakan salah satu kewajiban franchisor jika ingin bisnisnya terus berkembang hingga tahun-tahun selanjutnya.

2. Jangan tergoda untuk harga yang murah

Anda juga disarankan untuk tidak mudah tergoda membeli bisnis franchise hanya karena harganya yang murah.

Bukan berarti franchise yang baik selalu mahal, namun di sini anda harus mengenal betul proposalnya sebelum menentukan apakah anda akan memperoleh keuntungan atau kebuntungan.

Anda perlu mengetahui dengan jelas mengapa bisnis tersebut ditawarkan dengan harga murah, jangan sampai harga murah artinya sistem manajemen, pelatihan dan promosi yang buruk.

Kesimpulannya, apabila anda hendak membeli sebuah usaha waralaba maka jangan pernah sekali-kali memilih waralaba hanya karena dibanderol dengan harga sangat murah, namun harus juga memahami kualitasnya.

3. Jangan berpikiran bahwa bisnis franchise ini instan

Saran kami, jangan pernah memilih memulai sebuah bisnis disebabkan untuk memperoleh uang semata.

Hal ini disebabkan adanya risiko untung dan rugi dalam berbisnis. Ada saatnya mengalami kerugian dan saatnya untung besar.

Baca Juga -   Cara Kerja Google Adsense di Youtube

Jadi, meski sudah memiliki brand recognition yang baik (yang artinya bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki sekelompok konsumen yang berminat membeli produk tersebut), jangan jadikan bisnis franchise sebagai batu lompatan instan akan kekayaan dan kesuksesan.

Semuanya, termasuk usaha franchise membutuhkan proses, kesabaran, dan kerja keras. Maka dari itu anda juga harus mempelajari celah bisnis serta solusi-solusi dari semua masalah yang ada dan terus memperbaiki bisnis agar lebih baik.

4. Menyiapkan modal yang cukup

Persiapkan modal yang cukup untuk bisnis franchise pilihan anda. Jangan hanya bersandar pada modal yang diberikan pewaralaba karena hal tersebut hanyalah simulasi. Dalam proses usaha, modal usahamu bisa jadi membengkak. Proses balik modal pun bisa jadi lebih lama dari yang diharapkan.

Ya semua tahu bahwa usaha memang membutuhkan modal,maka dari itu saran kami mulailah mengumpulkan uang sedikit demi sedikit agar terkumpul dan mulai sebuah usaha yang pasti.

5. Menggunakan serta memanfaatkan media sosial yang ada

Sosial media merupakan salah satu cara promosi yang paling mudah dan murah. Hanya bermodalkan smartphone, anda sudah dapat mempromosikan bisnis anda. Dapatkan foto yang bagus dengan caption yang menarik, kemudian posting di sosial media Anda. Jangan lupa pula meminta bantuan kepada teman anda untuk membantu mempromosikan bisnis anda di sosial media.

Baca Juga -   Wajib Dicoba! 4 Bisnis Online Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Dengan memanfaatkan media sosial maka bisnis anda tidak akan ketinggalan informasi atau lebih tepatnya ketinggalan jaman. Oleh karena itu memnafaatkan media sosial ini sangat penting untuk bisnis anda.

Kesimpulan dan Penutup!

bisnis franchise

Nah, itulah beberapa cara mengenai bagaimana usaha franchise agar bisa sukses dikemudian hari. Bagaimana, apakah kalian tertarik mencobanya sendiri.

Kalian juga bisa mengunjungi website 8.5 x14 enclosed trailer untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait bisnis dan seputarnya.

Sekian dulu dari kami dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini ya!


  • Bagikan