5 Cara Memasak Daging Sapi Biar Lebih Cepat Empuk

  • Bagikan
memasak daging sapi
Foto: Freepik/Racol_Studio

Berbagai makanan olahan berbahan daging sapi seperti sop daging hingga daging sapi panggang sangat menggugah selera bagi siapa pun. Daging sapi yang lembut dan gurih ketika digigit ini membutuhkan teknik atau cara memasak daging sapi biar empuk agar siap disajikan dan nikmat untuk disantap.

Meski demikian cara memasak daging sapi biar empuk ini tak semudah yang dibayangkan, bahkan jika tak tahu cara mengolahnya, daging sapi akan terasa keras dan kenyal sehingga akan menyulitkan ketika digigit.

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

Cara memasak daging sapi biar empuk memang membutuhkan cara atau trik khusus untuk mengolahnya selain akan membuat daging jadi lebih layak dan lembut untuk disantap, pengolahan daging sapi yang sesuai juga akan lebih menghemat cara memasaknya.

Berikut beberapa cara memasak daging sapi biar empuk:

Baca Juga -   Penting! Begini 6 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Menggunakan Daun Pepaya

Cara pertama memasak daging sapi biar empuk, yang relatif lebih alami dan sudah dilakukan sejak lama ketika hendak mengolah daging sapi adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun ini digunakan untuk membungkus daging sapi sebelum di masak.

Enzim yang ada dalam daun pepaya sangat efektif untuk membuat daging sapi empuk cukup dengan membungkus daging setelah itu biarkan selama 1 jam sampai daging benar-benar empuk dan siap untuk diolah.

Menggunakan Buah Nanas

Cara lain untuk membuat daging sapi lebih empuk adalah dengan menggunakan buah nanas. Caranya dengan terlebih dahulu menghaluskan buah nanas kemudian dibalur ke seluruh permukaan daging sapi dan biarkan selama 30 – 45 menit hingga tekstur daging sapi sudah cukup empuk.

Sama halnya dengan daun pepaya, buah nanas dikenal memiliki kandungan enzim yang mampu mengurai protein dalam daging sapi untuk mengubahnya menjadi lebih empuk agar siap untuk diolah jadi masakan.

Memanfaatkan Suhu Ruang

Jika ibu tidak memiliki daun pepaya atau buah nanas, ibu juga bisa menempatkan daging sapi di dapur dan biarkan hingga 1 jam tapi upayakan daging dalam keadaan tertutup agar tidak dihinggapi lalat atau kotoran.

Baca Juga -   Kiat-Kiat Agar Tidak Merasa Jenuh Saat Belajar

Jika daging sapi sebelumnya disimpan di dalam freezer sebaiknya keluarkan terlebih dahulu kemudian simpan di luar freezer, setelah 30 menit barulah keluarkan daging dari dalam kulkas dan biarkan dalam suhu ruang selama 1 jam.

Daging sapi yang berada di dalam suhu ruang akan membuat suhu yang memenuhi permukaan daging akan lebih stabil dengan tekstur hingga bagian dalam daging sapi akan empuk dengan sendirinya.

Memotong Serat Daging Sapi secara Berlawanan

Tahukah ibu, memotong atau mengiris daging sapi maupun daging merah jenis lainnya juga efektif untuk membuat protein dalam daging jadi lebih empuk. Caranya cukup dengan memperhatikan serat yang ada pada permukaan daging kemudian iris secara berlawanan dengan garis serat.

Cara ini membuat tekstur serat menjadi pendek sehingga daging sapi menjadi lebih empuk. Memotong serat daging sapi dengan teknik berlawanan arah ini juga bisa membuat tekstur daging lebih mudah digigit dan dikunyah.

Menggunakan Uap Panas

Cara terakhir untuk memasak daging sapi agar lebih empuk adalah dengan menggunakan uap air panas. Cara mengolahnya pun cukup sederhana hanya dengan merebus daging dalam panci dengan air yang menutupi seluruh permukaan daging kemudian tutuplah panci dengan rapat.

Baca Juga -   Tips dan Cara Bermain Game Brain Out

Rebuslah selama lima menit, setelah dirasa cukup, biarkan daging di dalam panci yang masih dalam keadaan tertutup rapat selama sekitar 30 menit, jika dirasa belum menemukan tekstur yang ideal untuk diolah, ibu bisa kembali mengulangi teknik ini sampai benar-benar menemukan permukaan daging yang empuk dan siap olah.


  • Bagikan