Cara Belajar IELTS Secara Otodidak

  • Bagikan
belajar ielts
Foto: Freepik/stories

International English Language Testing System atau yang dikenal dengan IELTS menjadi salah satu syarat dalam hal kemampuan berbahasa Inggris secara global. Karenanya, belajar IELTS menjadi kebutuhan mutlak agar memiliki kompetensi personal yang diakui secara global.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang tertarik untuk sekolah ke luar negeri melalui jalur beasiswa, tes kemampuan IELTS juga menjadi syarat penting untuk bisa tinggal di luar negeri.

Untuk cara yang lebih mudah mungkin Anda bisa mengikuti kelas bahasa asing profesional yang banyak diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga kursus yang resmi.

Tapi, tak ada salahnya juga jika Anda ingin belajar IELTS secara otodidak, bahkan jika berhasil outputnya pun tak kalah memuaskan dan bahkan bisa sebanding dengan para peserta kelas bahasa asing.

Mengenal IELTS

Seperti diketahui, IELTS adalah tes yang dilakukan untuk mengukur standar kemampuan berbahasa Inggris setiap orang. Beberapa lembaga internasional bahkan menjadikan tes IELTS sebagai salah satu syarat wajib untuk bisa mengikuti kompetensi beasiswa ke luar negeri.

Baca Juga -   Banyak Dicari Perusahaan Besar? 4 Ketrampilan Bisnis Ini Cocok Untuk Kalian Coba!

Dalam tes IELTS terdapat dua jenis tes yakni IELTS Academic yang ditujukan untuk pelajar yang ingin mengikuti beasiswa ke luar negeri dan IELTS General Training yang lebih menyasar kepada peserta yang hendak bekerja ke luar negeri.

Cara Memulai Belajar IELTS Secara Otodidak

Dalam tes IELTS tak diberlakukan sistem berhasil atau tidak berhasil, tapi lebih menitikberatkan pada nilai yang diperoleh dari empat tes utama IELTS yakni: reading, speaking, writing dan listening.

Berikut tips belajar IELTS secara otodidak:

Mempersiapkan Diri

Hal utama yang harus Anda lakukan untuk belajar IELTS adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin khususnya dalam hal penguasaan berbahasa Inggris tak hanya sekedar mengucapkan, menulis, membaca tapi juga mendengarkan.

Keberhasilan tes IELTS sangat ditentukan dari empat jenis tes tersebut, jika Anda terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris secara rutin melalui berbagai metode latihan, maka proses mengikuti tes tentu akan terasa lebih mudah.

Siapkan Media Belajar

Banyak media belajar yang bisa digunakan untuk menghadapi tes IELTS, salah satunya adalah buku. Terdapat buku berjudul Collin for IELTS sangat direkomendasikan bagi Anda yang hendak belajar IELTS secara otodidak.

Baca Juga -   Investasi Crypto dan 5 Jenis Investasi yang Banyak Diminati oleh Investornya di Indonesia

Informasi dan penjelasan tentang IELTS sangat detail dijelaskan dalam buku ini dengan isi buku yang mudah dicerna dan dipahami oleh siapapun pembacanya.

Buku ini memang khusus ditujukan untuk siapa pun yang ingin berhasil mengikuti tes IELTS, bahkan tiap jenis tes yakni: reading, speaking, writing dan listening dibahas secara spesifik agar bisa lebih dimengerti oleh pembacanya.

Pahami Teknik dan Cara Pembelajaran

Upayakan untuk melakukan pembelajaran secara berurutan terlebih dahulu, bisa dimulai dengan jenis tes yang Anda kuasai, misalnya Anda cenderung lebih menguasai teknik writing, maka mulailah dengan tes writing, perhatikan soal yang diberikan, pahami maksud dari pertanyaan tersebut dan berilah jawaban sesuai pertanyaan, setelah selesai cobalah bandingkan hasilnya dengan jawaban yang benar, kalau jawaban Anda salah cobalah untuk melakukan analisa.

Khusus pada tes listening, ingatlah cara pengucapan dalam aksen British sangat berbeda dengan aksen Amerika, sehingga Anda harus benar-benar memahami cara mengucapkan tiap kata dalam berbahasa Inggris khususnya ala British.

Kemudian, pada tes reading upayakan untuk membaca secara cepat dan carilah point penting dari tiap pertanyaan untuk memudahkan Anda memahami maksud dari pertanyaan tersebut. Sedangkan, pada tes writing, usahakan untuk tidak mengulang tiap kata yang sama, pakailah paraphrase atau sinonim, selain itu jangan pernah menyingkat tiap kata dalam tes writing karena itu akan mengurangi bobot nilai dalam tes IELTS.


  • Bagikan