Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

mendaftar kuliah di luar negeri
Foto: Freepik/Freepic.diller

Tiap negara memiliki syarat dan ketentuan khusus bagi pelajar yang hendak melanjutkan studi ke jenjang universitas. Sehingga sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri ada baiknya mempertimbangkan secara matang negara, universitas hingga jurusan apa yang akan diambil ketika hendak mendaftar kuliah di luar negeri.

Beberapa pelajar bahkan melanjutkan studi ke luar negeri hanya karena demi gengsi akibatnya, selain studi yang tidak selesai atau malah berantakan, kuliah di luar negeri justru menjadi menghabiskan biaya percuma.

Oleh karena itu, ada baiknya selain sudah memiliki berbagai persiapan khusus untuk kuliah luar negeri pertimbangkan pula secara matang, niat, tujuan hingga motivasi Anda sebelum memutuskan untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Setelah meyakinkan niat dan motivasi hingga alasan untuk melanjutkan atau mendaftar kuliah di luar negeri, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sejumlah persiapan kuliah negeri, seperti berikut ini:

Baca Juga -   Cocok Dijadikan Ladang Bisnis Baru! 4 Olahan Jagung Kekinian yang Bisa Menghasilkan Cuan, Patut Dicoba!

Menentukan Program Studi

Menentukan jenis atau program studi yang hendak di pilih ketika mendaftar kuliah di luar negeri menjadi hal yang paling utama, karena pemilihan program studi ini akan Anda jalani selama beberapa tahun ke depan.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki pilihan program studi yang akan diambil. Caranya, bisa dilakukan dengan berdasarkan minat Anda terhadap jurusan atau bisa juga mempertimbangkan jurusan berdasarkan peluang kerja di masa depan yang lebih menjanjikan kehidupan yang lebih baik atau memilih jurusan yang disesuaikan dengan luasnya lapangan kerja di tingkat global.

Ketika sudah memiliki pilihan program studi, Anda bisa dengan mudah memilih kampus yang Anda anggap ideal atau memiliki tingkat kompetensi tinggi khususnya pada jurusan yang Anda pilih. Pilihlah universitas dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemudahan akses transportasi, biaya hidup yang murah hingga ramah untuk mahasiswa pendatang asal negara lain.

Cek Persyaratan Universitas

Seperti yang telah disebutkan, memastikan berbagai persyaratan yang dibuat oleh universitas mulai dari jadwal pendaftaran, syarat dan dokumen yang harus disiapkan hingga memastikan waktu pelaksanaan pendaftaran juga tak kalah pentingnya saat memutuskan untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

Baca Juga -   Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan SKP Sesuai dengan Permenpan No. 8 Tahun 2021

Bukan tidak mungkin, universitas yang Anda tuju untuk melanjutkan studi ternyata sudah tak lagi menerima mahasiswa hanya karena faktor sepele seperti keterlambatan informasi. Karenanya, memastikan waktu pendaftaran juga menjadi hal yang penting sebagai salah satu persiapan kuliah di luar negeri.

Membuat Surat Motivasi

Surat motivasi sama halnya dengan surat lamaran Anda untuk bisa diterima di universitas pilihan Anda. Surat motivasi ini umumnya berisi informasi seputar kecakapan, keahlian dan kemampuan Anda khususnya dalam jurusan yang hendak Anda tuju.

Sampaikan dengan sungguh-sungguh bahwa Anda sangat berminat untuk kuliah di universitas tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris yang terstruktur dan rapih agar lebih mudah di pahami sehingga peluang Anda diterima kuliah di universitas itu juga semakin besar.

Menyiapkan Diri Mengikuti Tes IELTS

Tes IELTS atau International English Language Testing System adalah tes berbasis speaking, listening, reading, dan writing yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris yang sudah diakui oleh dunia internasional khususnya untuk pendidikan dan untuk lapangan kerja.

Baca Juga -   Fungsi dan Keunggulan Pembelajaran Interaktif dan 4 Jenis Medianya

Upayakan Anda sudah benar-benar belajar dan memahami cara mengerjakan tes IELTS ini, hal ini penting karena tes ini menjadi standar bagi Anda apakah layak atau tidak untuk tinggal di luar negeri dan bersosialisasi dengan masyarakat internasional.

Itulah beberapa cara penting yang bisa Anda lakukan untuk bisa kuliah di luar negeri. Ingatlah bahwa, dengan Anda meyakinkan diri untuk kuliah di luar negeri itu berarti Anda juga sudah siap untuk berkompetisi khususnya dalam hal studi untuk bersaing dengan banyak mahasiswa dari berbagai negara di dunia yang kuliah satu universitas dengan Anda, selain itu selalu tekun belajar juga menjadi indikator keberhasilan dalam meraih keberhasilan pendidikan di luar negeri. (mz)