Rekomendasi 3 Edutech Berkualitas di Indonesia untuk Pembelajaran Online

edutech
Foto: Freepik

Ketika wabah virus Covid-19 merebak di Indonesia para orang tua mulai mencari opsi model pembelajaran secara online atau edutech yang lebih ramah untuk anak-anak khususnya di era kewajaran baru (new normal).

Kondisi ini pula yang dimanfaatkan oleh berbagai startup untuk menghadirkan berbagai platform berbasis pendidikan yang saat ini sangat tinggi peminatnya di Indonesia.

Banyak fitur, konsep pendidikan hingga harga yang kompetitif ditawarkan oleh berbagai platform pendidikan tersebut, sehingga terkadang membuat para orang tua bingung dalam memilih platform mana yang memiliki keunggulan tak hanya dari sisi kualitas tapi juga faktor harganya yang terjangkau.

3 Edutech Terbaik di Indonesia

Banyaknya edutech yang ada di Indonesia tentu membutuhkan seleksi yang ketat untuk menempatkan anak belajar di tempat yang tepat, mulai dari kualitas, harga serta staf pengajarnya yang berpengalaman dan profesional.

Nah, sebagai panduan untuk memilih educational technology (edutech) berkualitas di Indonesia, berikut tiga edutech yang paling direkomendasikan untuk pembelajaran online.

Baca Juga -   Fitur dan Keunggulan Aplikasi M-Pajak yang Sudah Diunduh 50 Ribu Pengguna

Ruangguru

Ruangguru adalah sebuah startup yang fokus pada edutech yang dikembangkan oleh PT. Ruang Raya Indonesia yang sudah digunakan oleh sekitar 15 juta pengguna aktif yang dilayani oleh sebanyak 300 ribu guru yang sesuai dengan mata pelajaran.

Sebagai platform e-learning paling terkenal di Indonesia, Ruangguru memiliki setidaknya 100 bidang dan mata pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di Indonesia dengan metode ajar interaktif yang mudah dipahami serta menyenangkan.

Selain itu, Ruangguru juga memiliki fitur Sekolah Online Ruang Guru yang memberi kebebasan akses atau gratis ke seluruh mata pelajaran mulai dari mata pelajaran kelas 1 sekolah dasar hingga ke 12 setara sekolah lanjutan atas.

Platform asli milik anak bangsa ini juga memberikan banyak penawaran khusus berupa promo menarik melalui paket bundling untuk tiap mata pelajaran maupun tiap jenjang kelas agar proses pembelajaran jadi lebih terarah sekaligus bisa mengetahui potensi tiap siswa.

Udemy

Platform berbasis pendidikan selanjutnya adalah Udemy. Perusahaan rintisan internasional ini tak hanya mengembangkan e-learning yang sesuai dengan kurikulum tapi juga berbagai kursus online melalui instruktur yang sesuai dengan keahliannya.

Baca Juga -   Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Windows 11Iso? Yuk Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Udemy juga memiliki berbagai pilihan fitur bahasa yang terdiri dari 50 bahasa, termasuk pula Bahasa Indonesia agar lebih bisa diterima oleh sebanyak 30 juta penggunanya di berbagai negara yang dilayani oleh Udemy.

Berbagai tema kursus seperti bisnis, software, desain, musik, maupun IT yang ada di Udemy telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan sertifikat keahlian langsung berstandar internasional yang bisa digunakan untuk keperluan kerja.

Platform Udemy juga kerap menawarkan banyak promo e-learning khususnya untuk kursus online dengan harga yang terjangkau agar mudah diakses oleh pengguna khususnya kalangan milenial.

Techpolitant

Terakhir adalah Techpolitant. Platform yang menonjolkan pembelajaran dengan memadukan edukasi dan entertainment (edutaiment) dengan segmentasi pengguna kalangan milenial.

Techpolitant menawarkan berbagai kelas pelatihan mulai dari desain, coding, animasi, game developer hingga fotografi untuk kebutuhan dunia kerja di bidang industri digital.

Metode pembelajarannya yang ramah dan mudah dicerna membuat platform pendidikan ini sangat diminati oleh milenial karena sangat aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca Juga -   Remote Utilities, Software Kontrol Hingga Akses Data Jarak Jauh Antar PC

Selain itu, biaya kursus yang ditawarkan oleh platform Techpolitant pun relatif terjangkau untuk ukuran sebuah kursus online bersertifikat yang berkualitas.

Itulah tadi tiga edutech di Indonesia berkualitas yang paling direkomendasikan tak hanya untuk pembelajaran online tapi juga untuk kursus yang sudah disesuaikan dengan dunia kerja untuk memudahkan penggunanya.