3 Hal Penentu dalam Desain Biodata Lamaran Kerja agar Terlihat Berkarakter

  • Bagikan
desain biodata

Kebutuhan akan desain biodata atau daftar riwayat hidup yang menarik dan berkarakter saat ini menjadi hal yang lazim khususnya untuk melamar pekerjaan untuk memudahkan perusahaan mengenali secara langsung calon pelamar kerjanya.

Pentingnya biodata dalam melamar kerja juga kini dibuat dengan desain yang atraktif, unik dan menarik hal ini agar menarik minat perusahaan yang merekrutnya. Oleh karena itu, dalam menentukan desain daftar riwayat hidup menjadi sangat penting saat melamar pekerjaan.

Karena, dengan desain CV yang menarik dan kekinian akan menjadi nilai tambah bagi calon pelamar kerja yang tak hanya dilihat dari kualifikasi, pengalaman serta tingkat pendidikannya saja.

Salah satu syarat penting dalam menentukan penggunaan desain yang tepat adalah informasi yang jelas seputar riwayat hidup, mulai dari alamat, nomor kontak, tingkat pendidikan, pengalaman kerja hingga keahlian lain yang menunjang kemampuan calon pelamar.

Baca Juga -   Siapa tahu Untung Melimpah? Berikut Ini 4 Bisnis Rumahan Online yang Wajib Kalian Coba

Selain itu, desain daftar riwayat hidup juga dibuat semenarik mungkin namun tetap terlihat simpel dan mudah dibaca untuk memudahkan perekrutnya saat menerima surat lamaran kerja.

Pentingnya Desain Biodata

Desain biodata yang juga dikenal dengan curiculum vitae atau CV juga menjadi lampiran utama dan sudah menjadi kebutuhan penting sebagai salah satu syarat dalam melamar kerja, karena biodata memuat secara ringkas pelamar kerja sehingga terlihat lebih efisien.

Banyak lulusan yang merasa kesulitan saat membuat biodata. Hal ini karena kebanyakan calon pelamar kerja tidak memiliki keahlian dan kemampuan dalam membuat dan menghasilkan desain daftar riwayat hidup agar terlihat menarik dan kekinian.

Akibatnya, biodata yang dianggap kurang menarik dan biasa saja, menjadi salah satu indikator bagi perusahaan perekrut terhadap calon pelamar kerja, karena dianggap tak memiliki keahlian lain di luar bidang pendidikannya hingga akhirnya tidak dilirik sama sekali.

Cara Menentukan Desain Biodata

Terdapat beberapa cara dalam menentukan desain daftar riwayat hidup, selain itu beberapa aplikasi juga sudah menyediakan secara khusus template untuk membuat desain. Hanya saja, penggunanya harus melakukan edit ulang seperti tampilan, tata letak serta mengubah struktur daftar riwayat hidup agar sesuai.

Baca Juga -   Cara Mencari Sponsor untuk Kuliah Di Luar Negeri

Berikut beberapa cara menentukan desain CV :

Desain Biodata yang Simpel

Upayakan memilih desain yang relatif simpel tapi tetap menarik. Selain itu, warna latar belakang biodata atau CV juga merupakan jenis warna yang memiliki karakter lembut seperti warna-warna berbentuk pastel.

Dengan biodata yang simpel ini juga akan mencerminkan si calon pelamar kerja yang menunjukkan sifat yang lebih terbuka, mudah mempelajari sesuatu yang baru serta cepat dalam melakukan adaptasi di lingkungan kerjanya yang baru.

Desain Biodata yang Kekinian

Umumnya, para pengguna desain biodata memang memiliki kecendarungan untuk menggunakan desain yang bersifat kekinian, seperti membagi desain biodata menjadi dua kolom dengan pengelompokkan informasi yang sesuai, seperti: identitas, alamat, hobi dan informasi lainnya yang saling terkait.

Sedangkan di kolom lainnya untuk menempatkan informasi seputar riwayat pekerjaan, keahlian serta jabatan yang mungkin pernah dijalani sebelumnya.

Desain Biodata yang Berkarakter

Desain biodata juga idealnya harus memiliki atau mewakili karakter dari calon pelamar mulai dari tampilan biodata hingga desain biodata. Meski demikian, hindari pula warna-warna yang cenderung berani seperti merah terang atau bahkan kuning keemasan.

Baca Juga -   Ini 8 Rute Bersepeda di Jogja Terbaik untuk Menikmati Keindahan Jogjakarta

Dengan desain biodata yang memiliki karakter yang memunculkan sifat pelamarnya hal ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi siapa pun yang sedang melamar kerja.


  • Bagikan