Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan dan 8 Syaratnya

  • Bagikan
kuliah di korea selatan
Foto: Freepik/Vectorium

Kuliah di Korea Selatan memang menjadi dambaan setiap remaja. Selain kualitas pendidikan di negara maju yang jauh lebih baik, kuliah di luar negeri juga lebih menjamin masa depan khususnya dalam hal kesempatan lapangan kerja yang lebih luas.

Korea Selatan memang menjadi negara impian untuk melanjutkan studi di jenjang universitas salah satu caranya adalah mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan yang selama ini menjadi kiblat para penggemar K-Pop untuk bisa menjadi mahasiswa di negara Korea Selatan tersebut.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Saat ini banyak lembaga pendidikan maupun instansi pemerintahan yang membuka peluang untuk generasi muda Indonesia sebagai persiapan kuliah termasuk bisa melanjutkan kuliah di Korea Selatan melalui jalur beasiswa karena tentunya jika hanya mengandalkan biaya sendiri tentu dibutuhkan modal yang sangat besar tak hanya untuk biaya pendidikannya saja tapi juga biaya hidup selama kuliah disana.

Baca Juga -   4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda

Dengan beasiswa, banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh calon mahasiswa selama belajar di Negeri Ginseng tersebut, selain bisa meraih gelar sarjana di kampus yang berkualitas, tentu saja dapat berjalan-jalan ke berbagai lokasi wisata menarik di Korea Selatan yang pastinya akan menjadi pengalaman paling berkesan seumur hidup.

Sumber Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Setidaknya terdapat sejumlah sumber beasiswa yang bisa dijadikan peluang para calon mahasiswa untuk bisa melanjutkan studi di Korea Selatan, diantaranya yakni:

Beasiswa Khusus Pemerintah Indonesia

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui jalur khusus yang dilakukan oleh institusi resmi yang dikenal dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Beasiswa Tuk Semua atau yang biasa dikenal dengan LPDP BTS.

LPDP BTS ini bekerjasama dengan beberapa universitas terkenal di Korea Selatan seperti: Korea University, Seoul National University, Kyung Hee University, Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan beberapa universitas terkenal lainnya.

Beasiswa Yayasan/Institusi Resmi Korea Selatan

Sumber beasiswa lainnya untuk kuliah di Korea Selatan juga berasal dari negara Korea Selatan langsung yang disalurkan pemerintahnya melalui Korean Government Scholarship Programm (KGSP). Selain memberikan beasiswa, calon mahasiswa juga akan dibekali dengan kursus bahasa Korea hingga mahir.

Baca Juga -   Tingkatkan Kepercayaan Diri! Ini Dia 5 Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau dan Hitam

Pengumuman pendaftaran beasiswa untuk jenjang S1 akan dibuka pada bulan September. Berikut persyaratan untuk mendaftar beasiswa KGSP:

Beasiswa Khusus Universitas

Beberapa universitas di Korea Selatan juga kerap memberikan beasiswa khusus kepada siapapun yang hendak menimba ilmu di Korea Selatan melalui lembaga resmi Korea Selatan yakni: Research Assistant Scholarship.

Dengan mengikuti beasiswa dari universitas ini, maka para pelajar yang hendak melanjutkan studi akan mendapat diskon tuition fee bahkan hingga 100 persen.

Syarat Mendapatkan Beasiswa Studi ke Korea Selatan

Terdapat beberapa persyaratan wajib yang harus diikuti oleh calon mahasiswa sebagai persiapan kuliah di Korea Selatan, yakni:

  • Bukan warga Korea Selatan
  • Memiliki fisik yang sehat dan mental yang juga harus sehat
  • Saat melanjutkan kuliah dan menerima beasiswa, usia tidak boleh lebih dari 25 tahun untuk tingkat strata satu (S1) dan tak lebih dari 40 tahun untuk mendapatkan S2.
  • Lulus sekolah menengah atas bagi pendaftar beasiswa S1
  • Telah memiliki gelar S1 bagi pendaftar beasiswa S2
  • Tidak atau belum pernah mendaftar di universitas yang ada di Korea Selatan sebelumnya.
Baca Juga -   Ketahuilah Cara Mendapatkan Beasiswa KGSP Untuk Kuliah di Korea

Itulah beberapa informasi terkait cara mendapatkan beasiswa kuliah ke Korea Selatan. Ingatlah, sebelum mengajukan atau ikut pendaftaran beasiswa kuliah ke Korea Selatan persiapkan diri sematang mungkin termasuk dalam hal menentukan universitas dan jurusan mana yang hendak diambil, karena itu semua menyangkut masa depan Anda. (mz)


  • Bagikan