Mudah dan Simple! Ini Dia 5 Cara Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online yang Wajib Untuk Dicoba

  • Bagikan
bisnis kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang pasarnya akan selalu ada bahkan terus berkembang sangat pesat. Bagaimana tidak? Makanan merupakan kebutuhan yang paling pokok bagi manusia.

Kini banyak sekali usaha kuliner yang menawarkan makanan mereka lewat saluran online atau media sosial, hal ini sangat menguntungkan dikarenakan mereka tidak perlu repot repot lagi membangun warung ataupun restoran.

Jadi intinya anda selaku pemilik bisnis kuliner harus lebih kreatif dan inovatif, khususnya untuk bidang pemasaran bisnis kuliner. Kini anda diwajibkan untuk memakai strategi khusus agar bisnis kuliner yang anda jalankan dapat bertahan dan menjadi suskses nantinya.

Dikarenakan jika anda menerapkan strategi yang sesuia, anda dapat membangun, memperluas serta meningkatkan penjualan dalam bisnis kuliner yang anda jalani.

Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online?

bisnis kuliner

Berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan untuk memasarkan bisnis kuliner anda secara online, yuk simak ulasanya sebagai berikut.

Baca Juga -   Ingin Tampil Keren! Berikut Ini 4 Cara Memilih Warna Cardigan Agar Sesuai dengan Penampilan

1. Memanfaatkan layanan pesan antar

Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner anda. Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa anda manfaatkan. Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan dapat melihat bisnis kuliner anda yang tentu saja akan sangat mempengaruhi penjualan produk kuliner anda.

Dengan meanfaatkan layanan pesan antar ini anda bisa dengan mudah menjangkau pelanggan anda, sehingga pelanggan tidak perlu repot repot harus datang untuk COD ataupun ke rumah anda.

2. Memanfaatkan media sosial

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini.

Manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen anda. Di media sosial anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan informasi terbaru terkait bisnis kuliner anda, event serta penawaran menarik.

Baca Juga -   5 Cara Memasak Daging Sapi Biar Lebih Cepat Empuk

Dengan memanfaatkan media sosial ini anda mampu bersaing dengan kompetitor lain, dan pastinya bisnis yang sedang anda kerjakan akan semakin tinggi tingkat penjualanya.

3. Berikanlah promo serta diskon

Cara ini dipastikan selalu efektif menarik konsumen karena tidak ada yang tidak menyukai promo dan diskon. Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner anda. Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian.

Pastinya jika anda memberikan promo atau diskon pastilah itu bisa menarik pelanggan, tentunya itu akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang anda kelola. Selain itu pelanggan akan terus mengingat produk dari anda, sehingga di lain waktu pasti produk dari andalah yang dicainya.

4. Menampilkan foto yang semenarik mungkin

Kekuatan promosi kuliner online baik di media sosial, aplikasi layanan pencarian restoran dan aplikasi layanan pesan antar salah satunya dari foto makanan yang menarik.

Baca Juga -   Sudah Mulai Normal! Ini Dia 4 Resep Minuman Coklat Kekinian yang Cocok Dijadikan Peluang Bisnis Baru!

Oleh karena itu unggah foto makanan anda yang paling menarik dan menggugah selera. Untuk membuat foto makanan menggugah selera tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup dengan kamera ponsel anda. Bisa dibantu dengan pencahayaan yang benar, background foto agar terlihat lebih profesional dan aplikasi edit foto.

5. Menampilkan review atau testimony dari pelanggan

Tampilkan review atau testimoni konsumen anda baik itu yang berbentuk pujian maupun kritik. Tampilkan pujian konsumen tersebut sebagai untuk memberikan bukti kepada orang-orang bahwa kelezatan makanan dan kualitas layanan anda memang yang terbaik.

Sementara itu tampilkan kritik yang dibarengi dengan respon cepat anda untuk menunjukkan keprofesionalan anda dalam melayani keluhan konsumen. Manfaatkan kritik tersebut untuk membangun dan bukan untuk menjatuhkan reputasi anda.

Kesimpulan dan Penutup!

Nah, itulah beberapa cara dan juga tips untuk memasarkan bisnis secara online, baik yang bergerak dibidang makanan ataupun yang lainnya.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait bisnis dan yang lainnya, bisa mengunjungi website palomino palomini 177orvbh travel trailer.

Sekian dulu dari kami dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini ya!


  • Bagikan