5 Tips Liburan Bersama Anak agar Menyenangkan dan Penuh Kenangan

  • Bagikan
liburan bersama anak
Foto: Freepik/Jcomp

Liburan bersama anak bisa sangat mengasyikkan sekaligus bisa mengajak anak untuk belajar hal-hal baru yang ia jumpai seperti mengenal nama-nama kota, jenis obyek wisata hingga berbagai permainan seru saat berlibur bersama anak-anak.

Meski demikian, masih banyak orang tua yang bingung tentang bagaimana menjadikan liburan bersama anak-anak menjadi lebih menyenangkan.

Liburan Bersama Anak

Nah, tips liburan bersama anak berikut ini, mungkin bisa jadi panduan orang tua ketika hendak mengajak anak berwisata. Berikut tipsnya:

Beri Kesempatan Anak Menentukan Tempat Berlibur

Orang tua memang kerap kali egois dengan memaksa anak menyukai tempat liburan bersama anak yang sudah mereka tentukan, padahal cara seperti ini rentan membuat anak menjadi rewel dan bosan saat berlibur, karena ia tak merasa ada sesuatu yang menarik dari tempat liburan tujuan yang sudah ditentukan oleh orang tuanya.

Baca Juga -   Manfaatkan Dengan Benar! Ini Dia 5 Cara Menggunakan Kartu Kredit Sebijak Mungkin!

Maka dari itu ketika memutuskan liburan bersama anak, tak ada salahnya orang tua mengalah dan membebaskan anak menentukan tempat mana yang ia sukai untuk dikunjungi. Dengan begitu, secara psikologis rasa penasaran anak akan sangat tinggi terhadap tempat yang akan ia kunjungi, apalagi jika ia sudah memiliki sedikit informasi tentang destinasi wisata yang hendak dituju.

Dengan begitu, perjalanan liburan akan terasa mengasyikkan terlebih ketika melihat rasa antusiasme yang tinggi dari anak terhadap tempat berlibur yang telah ia tentukan sendiri.

Berangkat Saat Jam Istirahat Anak

Memilih waktu yang tepat saat melakukan perjalanan liburan bersama anak juga tak kalah penting. Upayakan berangkat saat pagi atau bahkan malam hari khususnya di jam-jam yang memang menjadi waktunya anak beristirahat.

Hal ini dilakukan agar anak tidak rewel saat perjalanan, tapi tetap buat pula kondisi dan suasana perjalanan yang nyaman buat anak agar ia tetap bisa beristirahat dengan nyaman selama dalam perjalanan. Anak yang mendapatkan istirahat yang cukup, berkualitas dan nyaman efektif membuat mood anak lebih baik saat bangun.

Baca Juga -   Tips dan Cara Bermain Game Brain Out

Bawa Mainan Kesayangan

Membawa mainan kesayangan saat liburan bersama anak juga ternyata cukup ampuh membangun mood anak saat berlibur. Selain bisa menjadi teman saat liburan, mainan kesayangan juga bisa menjadi hiburan lain ketika anak mulai bosan di tempat berlibur.

Orang tua juga bisa memanfaatkan mainan favorit anak itu untuk dijadikan wahana permainan atau bahkan berswafoto bersama mainan kesayangannya, hal ini tentu akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan buat anak dan dijamin ia akan tetap betah selama liburan berlangsung.

Membuat Suasana yang Nyaman

Menciptakan suasana yang nyaman saat liburan bersama anak bisa berarti banyak hal, mulai dari lingkungan berlibur, fasilitas penunjang liburan bersama anak hingga pakaian yang nyaman buat anak sangat berguna untuk membangun rasa senang untuk anak.

Upayakan untuk membawa pakaian anak yang nyaman, mengingat usia mereka yang masih dini membuat mereka lebih banyak beraktivitas seperti bermain yang akan membuat tubuh jadi lebih cepat berkeringat, jika pakaian yang digunakan terasa tidak nyaman justru akan menjadi bom waktu bagi orang tua dengan sikap anak yang mulai rewel atau bahkan merasa tidak betah di tempat ketika melakukan liburan bersama anak.

Baca Juga -   Ala-Ala Drakor! 4 Rekomendasi Bisnis Makanan Korea Ini Wajib Kalian Coba!

Memilih Penginapan yang Ramah Anak

Tips liburan bersama anak lainnya adalah, banyak orang tua yang cenderung memilih penginapan seperti hotel yang mahal hanya untuk menyenangkan keluarganya, padahal tak selamanya akomodasi yang mahal bakal membuat liburan bersama anak akan menjadi senang.

Terkadang, memilih penginapan yang biasa saja namun ramah terhadap anak-anak mulai dari lokasi penginapan, suasana penginapan hingga kamar tidur bisa sangat berpengaruh terhadap suasana hati dan perasaan anak-anak.

Saat menentukan penginapan tak ada salahnya memilih tempat yang juga menyediakan arena permainan khusus untuk anak-anak termasuk jika anak-anak suka berenang, orang tua bisa memastikan terlebih dahulu ke pengelola penginapan atau hotel tentang kolam renang khusus untuk anak. (MZ)


  • Bagikan