5 Tips Liburan Keluar Negeri Murah tapi Tetap Penuh Kenangan

  • Bagikan
liburan keluar negeri
Foto: Freepik/Jcomp

Liburan keluar negeri jelas menjadi impian semua orang. Negara-negara seperti Eropa, Korea Selatan, Maldives hingga Yunani adalah negara yang dikenal memiliki keindahan alam yang eksotis dan sangat membuat penasaran bagi siapapun yang belum pernah berkunjung.

Karenanya tak heran banyak orang yang memilih berhemat demi bisa menabung dan mengumpulkan uang untuk mengunjungi negara-negara yang menjanjikan berbagai panorama menarik mulai dari kekhasan budaya, keindahan alam hingga berbagai hiburan menarik yang bisa di dapat di negara tersebut.

Liburan Keluar Negeri

Meski berlibur keluar negeri identik dengan biaya yang mahal, tak ada salahnya mencoba beberapa tips berikut ini saat merencanakan untuk berlibur keluar negeri:

Liburan Keluar Negeri Bebas Visa

Saat memutuskan liburan keluar negeri, pilihlah negara tujuan wisata yang memberikan kemudahan berupa akses bebas visa khususnya untuk pemegang paspor asal Indonesia. Karena proses pengurusan visa saat memutuskan berlibur ke luar negeri membutuhkan proses yang panjang dan waktu yang singkat belum lagi ada kemungkinan penolakan dari negara yang hendak dikunjungi.

Baca Juga -   Ikutilah Tips Berikut Ini! 5 Cara Mencuci Brush Make Up yang Simple Banget

Selain itu, biaya untuk mengurus visa juga tidak sedikit bahkan menelan biaya hingga puluhan juta rupiah. Tentunya hal ini bisa jadi pemborosan, bahkan belum sampai ke negara impian saja sudah menghabiskan biaya yang besar.

Karenanya penting untuk memilih negara yang membebaskan visa untuk wisatawan asal Indonesia selain bisa lebih hemat dalam pengurusan visa kita juga tidak perlu khawatir ditolak saat baru saja mendarat di bandara negara tujuan.

Liburan Keluar Negeri Saat Low Season

Memilih waktu liburan keluar negeri saat low season juga efektif untuk menghemat biaya pengeluaran khususnya dari segi transportasi dan akomodasi. Karena di dalam dunia pariwisata, sektor industri penunjang pariwisatanya juga tetap menganut prinsif ekonomi yakni semakin tinggi permintaan maka akan semakin tinggi pula harga. Nah, hal ini tentu pula berlaku sebaliknya.

Toh, memilih berlibur sebelum atau sesudah high season tak akan mengurangi kualitas liburan kamu ke luar negeri apalagi jika hanya untuk mengunjungi berbagai obyek wisata yang ikonik atau menjadi landmark negara yang tak membutuhkan waktu-waktu tertentu.

Baca Juga -   Mengenal 6 Jenis Model Pembelajaran yang Umum Digunakan di Indonesia

Berburu Promo

Metode ini adalah cara paling mudah untuk liburan keluar negeri dengan harga yang murah. Berburu tiket promo pesawat hingga diskon berbagai akomodasi bisa jadi rekomendasi dengan menyesuaikan jadwal berlibur kamu.

Dan, banyak maskapai penerbangan yang memberlakukan tiket-tiket pesawatnya dengan harga promo termasuk penginapan-penginapan di tempat liburan keluar negeri pun sudah memakai strategi promo hingga diskon khususnya di saat low season untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

Biasanya tiket promo atau diskon menarik ini digelar setiap tahun melalui berbagai acara travel fair yang menawarkan harga menarik dan jauh dibawah harga standar yang umumnya sangat mahal harganya.

Berburu Penginapan Murah

Sebelum memutuskan liburan keluar negeri ada baiknya pula melakukan hunting penginapan murah di negara yang hendak dikunjungi. Atau kamu juga bisa memilih homestay ataupun hostel yang tarifnya bisa jauh lebih murah dibandingkan hotel bintang tiga sekalipun, karena saat liburan keluar negeri tarif yang berlaku jauh berbeda dengan di Indonesia, terlebih kurs mata uangnya juga cenderung fluktuatif sehingga berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah.

Baca Juga -   5 Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat Tapi Mudah Diingat

Saat ini, ada begitu banyak penginapan murah yang bisa dipesan secara online melalui aplikasi dengan berbagai tawaran harga yang menarik dan bisa disesuaikan dengan bujet liburan kamu selama liburan keluar negeri.

Memilih Transportasi Umum dan Berjalan Kaki

Saat liburan keluar negeri, umumnya negara tujuan wisata yang sudah maju memiliki transportasi umum yang saling terintegrasi termasuk ke daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata populer umumnya sudah dilayani dengan transportasi umum bertarif murah.

Salah satu transportasi umum saat liburan keluar negeri yang paling populer adalah kereta api yang memiliki trip panjang dengan berbagai kota tujuan yang beragam termasuk ke berbagai destinasi wisata pun sudah bisa dilayani dengan moda angkutan umum kereta api yang juga relatif lebih cepat.

 


  • Bagikan