Menggendong Posisi M Shape dan 5 Manfaatnya untuk Ibu dan Bayi

  • Bagikan
menggendong posisi m shape
Foto: Freepik/Cookie_studio

Ada berbagai teknik atau posisi menggendong bayi yang sesuai dengan anjuran dan baik untuk bayi. Salah satunya adalah menggendong posisi M Shape, bahkan dengan teknik menggendong M Shape ini sangat efektif untuk membuat bayi yang semula rewel menjadi tenang.

Oleh karena itu, menggendong posisi M Shape sangat disukai oleh para ibu termasuk untuk para bayi yang akan merasa lebih nyaman dan tenang karena berada dalam dekapan ibu secara langsung sehingga efektif memberikan kesan hangat dan kasih sayang secara langsung dari ibu.

Menggendong posisi M Shape juga pada dasarnya bukanlah teknik menggendong yang baru, bahkan sudah sejak lama dikenali oleh para orang tua sejak jaman dahulu, meski demikian teknik menggendong posisi M Shape ini kian populer karena dianggap baik untuk bayi maupun ibu dan sangat direkomendasikan oleh dokter anak maupun dokter spesialis tulang.

Baca Juga -   2 Cara Menggendong Bayi yang Aman untuk Pertumbuhan Tulangnya

Mengenal Cara Menggendong dengan Posisi M Shape

Menggendong posisi M Shape dianggap sebagai cara menggendong yang paling baik karena sangat membantu pertumbuhan struktur tulang bayi khususnya pada bagian tulang belakang, tulang pinggul hingga kaki bayi.

Menggendong posisi M Shape adalah menggendong bayi dengan menghadapkan tubuh dan wajah bayi ke dada ibu, dengan posisi kaki sedikit mengangkang dan membuat bentuk setengah lingkaran di pinggang ibu sehingga terlihat seperti bentuk huruf M yang dalam hal ini letak lutut berada sedikit lebih tinggi dari pantat bayi.

Manfaat Menggendong Posisi M Shape untuk Bayi

Selain baik untuk bayi, banyak manfaat yang di dapat jika ibu menggendong si buah hatinya dengan posisi M Shape, berikut beberapa manfaat diantaranya:

Efektif untuk Membangun Kedekatan Bayi dan Ibu

Menggendong si buah hati dengan posisi M Shape sangat baik dan efektif untuk membangun kedekatan secara emosional bayi terhadap ibunya. Dengan begitu, bayi juga akan merasa lebih tenang karena merasa nyaman berada dalam dekapan atau pelukan ibu.

Baca Juga -   Pentingnya Cetak Gelas Bagi Usaha Minuman Kekinian dan 4 Jenis Gelas yang Bisa Dicetak

Membuat Bayi Tenang

Selain itu, menggendong dengan posisi M Shape juga menjadi cara yang paling ampuh untuk membuat bayi yang sedang rewel akan langsung tenang seketika ketika digendong dengan cara ini, karena bayi akan merasa lebih terlindungi.

Membantu Pertumbuhan Bayi

Menggendong dengan posisi M Shape ini juga sangat baik untuk membantu tumbuh kembang khususnya untuk tulang belakang pada tubuh bayi agar lebih optimal sekaligus melindungi keseluruhan struktur tulang di dalam tubuh bayi.

Memudahkan Ibu untuk Tetap Beraktivitas

Dengan menggendong posisi M Shape ini pula, membuat ibu tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa harus khawatir akan posisi dan keamanan bayi ketika menggendong posisi M Shape. Hal ini karena, kedua tangan ibu bisa tetap bergerak secara bebas sesuai aktivitasnya bahkan untuk wanita karir sekalipun.

Tidak Cepat Pegal

Pada beberapa posisi menggendong, ibu akan selalu merasa cepat pegal karena kedua tangan dan sebagian tubuh khususnya  bagian dada harus menopang tubuh bayi, hal ini berbeda dengan menggendong posisi M Shape akan membuat ibu tetap merasa rileks.

Baca Juga -   Penggunaan Kata Kita dan Kami Yang Tepat

Menggendong Posisi M Shape dengan Bantuan Baby Carrier

Jika pada awalnya, menggendong dalam posisi M Shape lebih mengandalkan kain gendongan yang berbentuk pajang, maka kini banyak produsen baby carrier yang menciptakan alat bantu gendongan M Shape untuk membantu meringankan beban ibu saat menggendong si buah hati.

Dengan bantuan gendongan M Shape ini pula, ibu tetap bisa beraktivitas termasuk seperti bekerja, berbelanja maupun jalan-jalan, beberapa gendongan M Shape bahkan dibuat dengan desain yang stylish sehingga ibu tetap terlihat fashionable meski sedang menggendong bayi.


  • Bagikan