Burn Aware, Software CD Burn Paling Direkomendasikan dan 3 Jenisnya

  • Bagikan
burn aware
Foto: Freepik/mego-studio

Penggunaan cakram padat masih banyak dijumpai untuk menyimpan file maupun dokumen lain berbasis film dan foto, karena penyimpanan film menggunakan disk diakui memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Untuk memfasilitasi proses pembakaran file ke CD (burning) ada sejumlah program yang sudah amat familiar, salah satunya adalah software Burn Aware.

Sekilas Burn Aware memang tak berbeda seperti program-program lain untuk mengcopy file di komputer ke cakram padat (CD). Tapi, software ini memiliki keunggulan yang berbeda jika dibandingkan program sejenis yang masih terkesan konvensional.

Selain fitur-fitur seperti burning CD untuk file seperti video, musik, foto, dokumen hingga gambar, Burn Aware juga dilengkapi dengan booting system dan multisesi sehingga file yang sudah siap dibakar bisa dengan mudah dibatalkan.

Tak hanya itu saja, jika kebanyakan program burning sejenis membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membakar sebuah cakram. Maka, berbeda dengan software CD burn ini yang membutuhkan waktu yang relatif singkat bahkan untuk membakar file yang berukuran besar sekalipun.

Baca Juga -   Mengenal SSD dan 6 Keunggulannya

Burn Aware Mudah Digunakan

Cara penggunaan software ini pun terbilang mudah, bahkan bagi pengguna yang masih awam sekalipun, karena software ini memang sengaja memaksimalkan fitur dengan meminimalisir fitur yang terlalu banyak sehingga membingungkan penggunanya.

Semua fitur disajikan dalam satu tampilan menu utama ketika software ini pertama kali dibuka.

Software ini juga dilengkapi dengan perangkat yang kompatible ketika cakram padat yang dibakar melalui CD burn hendak dibuka.

Terdapat banyak pilihan jenis file yang bisa digunakan di software yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya seperti; IDE, SATA dan USB. Sehingga, ketika cakram selesai dibakar, maka cakram tersebut sudah bisa langsung digunakan dan disesuaikan dengan file ektensinya.

Selain itu, metode penyimpanannya juga beragam mulai dari CD-R/RW, DVD-RW, HD DVD-RW atau DVD RAM. Meski umumnya, jenis file yang digunakan lebih dominan DVD-RW yang kualitas hasil burningnya jauh lebih baik dan tahan lama.

Tiga Versi Burn Aware

Software CD burn ini memiliki tiga versi software yang bisa dipilih penggunanya sesuai dengan kebutuhan yakni;

Baca Juga -   Aplikasi Cek Bansos UMKM Untuk Memudahkan Cek Pencairan Dana

Burn Aware Free

Software ini juga menawarkan versi gratisnya melalui versi free tapi tentu saja dengan fitur yang amat terbatas, seperti; membakar CD, menyalin CD atau DVD, dan membakar CD atau DVD dalam jumlah yang banyak, membuat gambar ISO yang bisa diboot.

Burn Aware Premium

Berbeda dengan yang Free, software versi premium memiliki kelebihan lain yakni memperbaiki file maupun dokumen dari disk yang tidak terbaca.

Burn Aware Professional

Pada versi Professional, Burn Aware sudah dibekali dengan kemampuan mem-burning gambar ISO dalam beberapa drive secara bersamaan.

Dengan fitur burning secara bersamaan ini jelas akan sangat efisien dalam hal pengoperasiannya. Selain itu, ketika proses burning CD berlangsung, pengguna bisa menggunakan program lain meski proses burning tengah berlangsung.

Selain itu, tentu saja pengguna Burn Aware Professional diberikan izin untuk menggunakan software ini untuk kepentingan komersil.

Dengan lisensi komersil pada versi professional akan sangat dibutuhkan khususnya untuk korporasi yang ingin mengakses Burn Aware tanpa harus khawatir dengan lisensi.

Baca Juga -   5 Jenis Latihan Fisik yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

Meski demikian, kebanyakan para pengguna software Burn Aware lebih memilih versi gratis yang memang sudah dibekali dengan banyak fitur yang memadai yang sudah sesuai dengan kebutuhan burning.

Selain itu, software ini juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Software ini bahkan bisa dioperasikan secara portable mengingat program ini intensitas penggunaannya juga tak terlalu sering.


  • Bagikan