Mengenal SSD dan 6 Keunggulannya

  • Bagikan
ssd
Foto: Freepik/flaticon

Perkembangan teknologi penyimpanan pada perangkat desktop maupun laptop saat ini terus berkembang. Jika semula masih menggunakan hard disk drive (HDD), kini dikenalkan pula Solid State Drive (SSD) sebagai alternatif penyimpanan data yang jauh lebih efisien dan tahan terhadap benturan.

SSD adalah sebuah perangkat keras yang memanfaatkan rangkaian komponen sirkuit terintegrasi (IC) dengan kemampuan membaca data pada desktop ataupun laptop jauh lebih cepat dibanding hard disk drive (HDD).

Selain itu, laptop maupun PC yang sudah menggunakan SSD juga memiliki keunggulan booting jauh lebih cepat, tidak rentan terhadap guncangan serta tidak menimbulkan suara yang bising dan tidak membuat perangkat menjadi panas layaknya HDD.

Pengertian SSD

Solid State Drive sejatinya memang disiapkan untuk mengganti teknologi hard disk drive (HDD) yang sudah jadul dan memiliki keunggulan jauh lebih baik dari HDD mulai dari efisiensi kinerja hingga tingkat konsumsi daya yang jauh lebih hemat.

Baca Juga -   Pengertian Wisata Virtual dan 10 Desa Wisata di Indonesia yang Layak untuk Dikunjungi Secara Virtual

Fungsi SSD

Sama dengan HDD, hardware komputer yang satu ini memang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data yang tidak menggunakan penggerak berupa cakram magnet tapi menggunakan chip silikon sebagai tempat penyimpanan data yang jauh lebih efisien dengan tingkat kemampuan pembacaan data lebih cepat dan maksimal.

Hardware penyimpanan ini memanfaatkan memori penyimpanan dan pembacaan data non volatile sehingga membuat kemampuan akses data maupun program jadi lebih cepat

Fitur Utama SSD

Selain sudah dibekali dengan chip memory penyimpanan yang terintegrasi dengan kemampuan menyimpan dan membaca data yang lebih cepat. Terdapat juga berbagai fitur utama yang dibenamkan dalam perangkat komputer ini.

Dimensi

Hardware ini memiliki dimensi yang jauh lebih kecil dibanding HDD. Selain itu, berat SSD juga terbilang ringan sehingga tak membuat beban laptop menjadi berat dan tidak mempengaruhi desain dari PC maupun laptop karena bentuknya yang ramping.

Performa

Dalam hal performa, kemampuan membaca dan menulis data pada Solid State Drive bahkan memiliki kecepatan hingga 400 mb/s (megabyte per second) atau delapan kali lebih cepat dari HDD sehingga tak membutuhkan waktu yang lama saat melakukan transfer ataupun membuka data.

Baca Juga -   6 Pilihan Aplikasi Pengolah Kata yang Bagus Saat Ini

Demikian halnya pada saat proses booting perangkat pun prosesnya jadi lebih cepat, karena hardware ini memiliki kemampuan mekanis membaca data di perangkat secara cepat tanpa harus menunggu terlalu lama.

Daya Tahan Kuat

Jika HDD sangat rentan terhadap benturan yang bisa mempengaruhi kinerja cakram mekanisnya, maka berbeda dengan SSD karena sudah menggunakan teknologi dan bahan silikon berkualitas terbaik dan mampu menahan benturan.

Kompatibel untuk Semua Perangkat

Sebagai perangkat penyimpanan paling unggul, SSD juga kompatibel untuk semua perangkat PC, laptop, bahkan untuk diaplikasikan di konsol game atau bahkan sebagai penyimpanan eksternal paling fleksibel dengan bentuknya yang simpel.

Anti Berisik (Noisy)

Sebagai pengganti HDD, SSD sudah memanfaatkan teknologi microchips yang kinerjanya sudah saling terintegrasi sehingga membuatnya berbeda dengan HDD yang menggunakan penggerak cakram dengan putaran cakram yang mudah mengalami aus sehingga menimbulkan suara cenderung berisik dan menimbulkan suhu lumayan panas di perangkat.

Hemat Daya

Dari sisi konsumsi daya, SSD pun jauh lebih hemat karena daya yang dibutuhkan untuk mengaksesnya tak lebih dari 1 watt. Rendahnya konsumsi daya ini jauh lebih efisien jika dilakukan  perbandingan dengan HDD yang membutuhkan daya listrik hingga 10 watt.


  • Bagikan