4 Jenis Kertas yang Digunakan dalam Desain Undangan Pernikahan

  • Bagikan
undangan pernikahan
Foto: Freepik

Salah satu faktor pendukung desain undangan pernikahan terlihat lebih eksklusif dan mewah adalah jenis kertas yang digunakan untuk mencetak undangan pernikahan.

Bahkan, pada beberapa jenis kertas undangan pernikahan memiliki tambahan berupa aroma khusus yang cenderung lebih harum sehingga membuat tampilan dan kualitas undangan untuk pernikahan menjadi lebih berbeda.

Meskipun banyak pasangan pengantin yang mengira pemilihan jenis kertas yang digunakan dalam desain undangan untuk pernikahan, membuat harga cetak undangannya jadi lebih mahal, ternyata anggapan ini tak selamanya benar.

Karena menentukan jenis kertas undangan juga tak kalah pentingnya yang menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah prosesi pernikahan yang amat sakral dan hanya berlangsung sekali dalam seumur hidup.

Kertas yang Digunakan untuk Desain Undangan Pernikahan

Beberapa kertas umumnya selalu direkomendasikan oleh jasa percetakan ketika ada pesanan cetak undangan untuk pernikahan, hal ini karena jenis kertas tersebut dianggap mendukung tampilan dari desain undangan pernikahan yang telah dibuat.

Baca Juga -   Kurikulum Paradigma Baru dan 4 Perbedaannya dengan Kurikulum 2013

Meski demikian beberapa jenis kertas memang memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan kertas lain yang biasa digunakan sebagai undangan pernikahan, namun hal ini sangat sepadan dengan hasil dan kualitas dari undangan pernikahan itu sendiri.

Berikut beberapa jenis kertas yang biasa digunakan dalam desain undangan :

Undangan Pernikahan Berbahan Kertas Jasmine

Kertas jasmine memiliki tekstur yang sedikit kasar namun terlihat lebih mewah dan elegan. Kertas ini juga sangat mendukung berbagai jenis font atau huruf yang digunakan dalam desain undangan untuk pernikahan.

Harganya yang relatif terjangkau membuat kertas jenis ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat undangan pernikahan dengan tampilan dan desain yang berbeda dan mewah. Selain itu, kertas ini juga menjadi kertas yang paling populer digunakan oleh percetakan pada umumnya untuk mencetak undangan untuk pernikahan yang berkualitas baik.

Kertas Concorde

Kertas Concorde memiliki tekstur menyerupai serat pada seluruh permukaannya. Penggunaan kertas ini untuk mencetak undangan pernikahan juga akan sangat efektif memberikan tampilan undangan yang terlihat lebih eksklusif dan menawan serta tentu saja kian menaikkan kualitas dari acara pernikahan tersebut.

Baca Juga -   Cukup Mudah Kok! Coba Saja 5 Cara Membersihkan Sepatu Beludru yang Sangat Simple Ini!

Harga kertas Concorde juga relatif murah apalagi jika dibeli dalam jumlah yang banyak seperti undangan untuk pernikahan pada umumnya yang membutuhkan jumlah kertas yang tidak sedikit terlebih jika tamu undangan yang hendak diundang juga lumayan banyak, meski demikian kelemahan dari kertas ini adalah tidak bisa dilipat dengan kuat karena akan meninggalkan bekas yang akan terlihat secara langsung, karenanya undangan ini memang sepenuhnya menggunakan kertas dengan ukuran yang utuh agar tak harus dilipat secara langsung.

Kertas Art Papper

Kertas jenis ini memang berbeda dengan kertas Jasmine maupun Concorde, karena memiliki tektur yang cenderung mengkilat, licin serta halus. Tampilan berkilau memang lebih ditonjolkan pada kertas jenis ini, karena terdapat lapisan plastik khusus yang membuat kertas ini terlihat memiliki aksen yang jauh berbeda dengan undangan dengan kertas jenis lainnya.

Penggunaan kertas art papper untuk kebutuhan undangan untuk pernikahan juga akan membuat tampilan undangan pernikahan jadi lebih terlihat mewah dan berkelas.

Kertas Ivory

Kertas Ivory membutuhkan detail khusus dalam desain undangan, karena permukaan kertas jenis ini memang lebih mengedepankan hasil desain dari undangan, sebab kertas ini sangat memaksimalkan fungsi backgroundnya untuk memaksimalkan kualitas desain undangan pernikahan yang mewah dan unik, oleh karenanya penggunaan kertas ini memang harus dilakukan secara selektif khususnya dalam menentukan jasa desain maupun jasa percetakan tempat mencetak undangan pernikahan.


  • Bagikan