Ini 5 Tips Glamping untuk Pemula

  • Bagikan
glamping
Foto: Freepik

Glamping atau glamour camping memang menyenangkan, karena bisa menikmati suasana alam yang masih alami tanpa harus repot membawa tas carrier yang berat atau kesusahan membawa tenda sendiri.

Meski secara umum, glamping merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pengelola obyek wisata, namun Kamu juga harus tetap memperhatikan suasana dan kondisi di sekitar glamour camping, jangan sampai niat glamour camping untuk refreshing justru malah berantakan.

Tips Glamping untuk Pemula

Pada umumnya, glamping sama halnya dengan camping biasa, hanya saja penikmat glamour camping tak perlu bersusah-susah membawa perlengkapan camping hingga membawa bekal makanan secara khusus, karena semua itu sudah disediakan sebagai salah satu fasilitas glamour camping.

Meski demikian, khusus untuk Kamu yang masih pemula menikmati camping ala mewah ini, perlu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar momen camping mewah kamu jadi lebih berkesan dan tentu saja bisa lebih menyatu dengan alam, berikut tips-tipsnya:

Baca Juga -   3 Keunggulan Google Meet dan Cara Mengubah Nama Penggunanya

Pilih Lokasi Glamping

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memilih lokasi glamping. Saat ini, banyak obyek wisata yang menawarkan fasilitas glamour camping. Nah, kamu bisa menyesuaikan minat mu dengan lokasi glamour camping, misalnya: Kamu lebih cenderung mencintai suasana pantai ketimbang gunung atau perbukitan, untuk itu kamu bisa memilih atau mencari obyek wisata pantai yang memiliki fasilitas glamour camping. Tujuannya, agar Kamu bisa benar-benar maksimal menikmati keindahan alamnya sesuai dengan minat.

Faktor Cuaca

Faktor cuaca juga tak kalah penting saat camping. Jangan sampai ketika sedang glamping tiba-tiba turun hujan deras, jangankan bisa menikmati api unggun, untuk menikmati keindahan alam saja rasanya tak mungkin jika sedang hujan.

Oleh karena itu tentukan waktu yang tepat saat hendak camping, Kamu juga bisa menanyakan kepada pengelola glamping tentang fasilitas yang tersedia termasuk jenis penginapan atau tendanya untuk mengantisipasi hal-hal yang diluar prediksi saat camping.

Bawa Perlengkapan Secukupnya

Ingatlah, glamping sangat berbeda dengan camping. Saat glamour camping, kamu bakal dilayani layaknya ketika bermalam di hotel maupun penginapan biasa, hanya saja lokasinya berada di luar ruang dan lebih mengedepankan nuansa alamnya.

Baca Juga -   Murah Tapi Tidak Murahan? Ini Dia 5 Rekomendasi Make Up di Bawah 50k yang Wajib Kalian Ketahui!

Untuk itu, kamu tidak perlu repot membawa tenda, peralatan memasak hingga mi instan. Kamu hanya perlu membawa perlengkapan pribadi secukupnya, seperti sendok makan, sikat gigi, handuk atau obat-obatan termasuk lotion anti nyamu dan perlengkapan harian lain yang sifatnya personal.

Jangan bawa barang-barang berharga yang bersifat mencolok seperti perhiasan atau yang lainnya untuk menghindari kemungkinan seperti hilang karena glamping berada di alam terbuka dan berbaur bersama-sama dengan penikmat camping lainnya yang belum kita kenal.

Lihat Kontur Lahan Glamping

Pastikan juga kamu sudah mengetahui kontur lahan yang dijadikan sebagai lokasi glamping oleh pengelolanya, jika glamour camping berada di sekitar pantai itu berarti kamu akan berada di area berpasir, siapkan masker agar ketika tidur debu dari pasir pantai tidak mudah masuk.

Atau ketika memilih camping di kawasan pegunungan, tak ada salahnya membawa pakaian atau sweater yang tebal karena udara pegunungan yang cenderung dingin tak hanya di pagi hari.

Bersikap Sewajarnya

Terakhir, yang tak kalah penting adalah tetap bersikap wajar dan tidak bertindak di luar batas selama glamping, hormati kearifan lokal setempat seperti tidak melakukan hal yang tidak senonoh, membuat kegaduhan misalnya saat bermain api unggun atau pastikan api unggun benar-benar sudah padam ketika ditinggalkan.

Baca Juga -   Banyak Variasi! Ini Dia 5 Rekomendasi Model Rok Span Panjang Untuk Menunjang Penampilan!

Ingatlah, tujuan kamu camping adalah untuk menyegarkan pikiran dan tubuh agar kembali fresh sambil menyatu dan menikmati keindahan alam sekitarnya.


  • Bagikan