Ciri – Ciri Dan Dampak Perubahan Gaya Hidup Masyarakat Yang Terjadi Di Zaman Modernisasi

Waktu terus berlalu, zaman semakin berubah. Dari zaman dahulu kala semakin berjalan nya waktu maka semakin berubah pula peradaban manusia di dunia. Kita mulai mengenal masa peradaban manusia, dari cerita sejarah yang kita pelajari di bangku sekolah. Semakin kita dewasa, semakin kita mengerti pula realisasi peradaban masyarakat yang semakin waktu semakin berkembang dalam perubahan.

Ada daftar periode waktu yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu menurut berbagai bidang studi. Sistem utama termasuk pengkategorian kosmologi (mengenai berbagai jangka waktu dalam asal dan evolusi alam semesta kita), geologi (tentang jangka waktu dalam asal dan evolusi bumi) dan sejarah (tentang jangka waktu dalam asal dan peradaban manusia).

Berikut adalah urutan daftar periode waktu yang umumnya kita ketahui.

Dimulai dari zaman prasejarah yakni zaman yang dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta, namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa di mana terdapat kehidupan di muka bumi dimana manusia mulai hidup. Manusia purbakala yang sering kita dengar di pelajaran sejarah ketika masih di bangku sekolah. Manusia purba dengan segala jenisnya, masih belum sempurna dalam menjalani hidup yang komplek seperti sekarang ini. Di zaman itu peradaban manusia masih dalam kondisi primitif yang berproses dalam evolusi.

Kemudian manusia berkembang pada periode waktu yang kita kenal zaman sejarah. zaman dimana manusia telah mengenal tulisan. Sehingga mereka telah mencatat segala aktivitas, agama/kepercayaan, ilmu pengetahuan, sosial, budaya. Pada masa itu kita mengenal peradaban manusia zaman kerajaan – kerajaan dalam sejarah kuno / purbakala klasik.

Berikutnya adalah memasuki zaman pertengahan di abad ke-4 sampai 15. Kita dengar zaman dinasti – dinasti kerajaan yang mulai berkembang peradabannya sampai dengan memasuki masa awal modernisasi yakni di abad ke 13 – 18. Kerajaan, kekaisaran, dinasti mulai runtuh dan berkembang dalam revolusi industri di abad ke 18-20. Semakin berkembang dan sampai perdaban dunia menghabiskan masa post- modern di tahun 1949 sampai dengan sekarang.

Kini kita hidup di zaman post -modern yang berkembang menjadi milenia di mana era generasi net (sekarang) dengan segala kecanggihan yang luar biasa pesat perkembangannya. Masyarakat modern adalah masyarakat yang mengalami transformasi teknologi dan ilmu pengetahuan. Masyarakat modern mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zamannya. Namun karena kondisi dan situasi yang terjadi di masyarakat berbeda, maka terjadi proses modernisasi yang berhubungan dengan gaya hidup masyarakat-nya.

Ciri-Ciri Masyarakat Yang Sudah Modern

Kita dapat melihat ciri – ciri pola pikir / gaya hidup masyarakat yang modern seperti berikut:

  1. Terbuka terhadap pengalaman atau penemuan yang baru.
  2. Sikap menerima perubahan dan menilai kekurangan yang sedang dihadapi.
  3. Peka terhadap masalah yang terjadi
  4. Berorientasi pada masa kini dan juga masa depan
  5. Menggunakan planning atau perencanaan dalam segala tindakan
  6. Yakin terhadap manfaat adanya ilmu pengetahuan dan teknologi
  7. Menghormati segala hak dan kewajiban pihak lain
  8. Tidak mudah pasrah atau menyerah terhdap nasib. Ketika ada masalah, masyarakat modern akan berusaha untuk memecahkan masalah.
  9. Yakin dengan potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan.

Dari poin ciri-ciri masyarakat modern tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa masyarakat modern adalah masyarakat yang dinamis atau selalu bergerak menuju kemauan dan ulet, tangguh tidak mengenal menyerah. Dengan sifat tersebut masalah, tantangan dan hambatan yang datang dijadikan kesempatan untuk maju dan berkembang.

Dampak Positif Dan Negatif Gaya Hidup Masyarakat Modern

Akibat perubahan yang terjadi, mempengaruhi cara pandang masyarakat modern terhadap segala masalah atau persoalan yang menyangkut dirinya ataupun kelompok di masyarakat. Selain itu mempengaruhi juga cara mengatasainya. Artinya gaya hidup masyarakat modern dapat berdampak positif dan negatif. Lalu apa saja kira kira dampak positif dan negatifnya ladies?

  • Dampak Positif

Dengan adanya kemajuan disegala bidang khususnya teknologi, transportasi dsb semakin meringankan pekerjaan manusia. Selain itu kita mengenal gaya hidup serba cepat serba instant dengan mudah dan praktis seperti contohnya delivery order yang membantu mendapatkan barang walaupun dalam kondisi sibuk dan tidak ada waktu. Dunia online yang canggih melahirkan begitu banyaknya toko online dengan segala kemudahannya. Dan juga media sosial tempat masyarakat modern menuangkan segala hal ide dan pikiran nya untuk bersosialisasi dengan jangkauan lebih luas. Dampak positif lainnya adalah memperkaya unsur budaya karena terjadi proses peleburan budaya yang lama dengan yang baru.

  • Dampak Negatif

Selain mendatangkan dampak postif, kehidupan modern juga berdampak negative seperti: manusia semakin dimanjakan oleh kecanggihan teknologi dan menyebabkan sifat ketergantungan dan malas. Selain itu bisa memunculkan rasa anti sosial atau individualis bahkan autis, dan lunturnya norma, nilai-nilai di masyarakat.

Dampak negatif lainnya adalah munculnya orang-orang yang sombong atas gaya hidup yang dijalankan, contohnya gaya hidup mewah yang cenderung memamerkan kekayaannya tanpa peduli kondisi sosial orang-orang disekitarnya. Sifat tersebut melahirkan sifat anti sosial dan kurang peka terhadap lingkungan. Berlomba lomba ingin menampilkan gaya hidup modern yang mewah, tidak jarang juga membuat orang mau melakukan segala cara untuk mendapatkan kemewahan yang dia inginkan. Perilaku negatif tidak lagi menjadi hal yang tabu, karena sudah dianggap lumrah. Maraknya prostitusi, penipuan, penganiayaan dan tindak kekerasan sampai kriminal hampir setiap hari kita lihat di TV.

Itulah ciri-ciri masyarakat yang modern serta dampak negative dan positif dari zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Dampak-dampak tersebut bisa terus ada dan mungkin bertambah seiring dengan adanya gaya hidup masyarakat modern yang terus berkembang. Namun semuanya dapat dikendalikan oleh setiap manusia modern, jika mereka masih memegang teguh prinsip-prinsip, nilai-nilai moral, agama, dan kehidupan yang baik dalam hidupnya. Karena seharusnya manusia lah yang mengendalikan kehidupan, bukan manusia dikendalikan tanpa filter yang pada akhirnya akan merusak tatanan kehidupan di bumi ini. So ladies… kamu sebagai manusia yang hidup di zaman milenia serba modern ini tentunya sudah tau kan bagaimana harus memegang kuat tali nilai – nilai hidup yang baik untuk kehidupan pribadi, bangsa dan negara, serta untuk keberlangsungan bumi yang kita cintai ini.

~ WINA ~

 

Loading...