Mengabdi Lebih dari Setahun, Petugas Kebersihan RS Bahagia hanya Terima Upah 1 Juta perBulan

RUJUKANNEWS.com. Makassar-Salah satu masalah yang sering kita jumpai di perusahaan adalah sistem penggajian. Seperti halnya yang terjadi di Rumah Sakit Umum Bahagia Makassar yang terletak di Kompleks BTN Minasa Upa blok H7 No.9 itu ketahuan menggaji karyawannya di bawah standar Upah Minimum Provinsi (UMP).

Untuk diketahui, RSU Bahagia memberi upah kepada Karyawan Petugas Kebersihannya dengan nominal 1 juta rupiah. Padahal Standar UMP Untuk Makassar sudah mencapai Rp. 2.860.000, gaji dibawah standar itu diungkapkan karyawan Cleaning Service (CS) saat ditemui media ini di lapangan saat bekerja.

Saat dikonfirmasi di ruangan wakil direktur RSU Bahagia, pada Jum’at 25/10/19, mereka enggan ditemui di ruangannya dan menyoal media mempertanyakan hal tersebut. Tapi menurut keterangan org yg berada di ruangan Wadir (belum diketahui apakah beliau Wadir atau tdk) bahwa CS sudah di pihak ke-3 kan/outsourcing.

Pak H. Mansyur di klaim sebagai pihak ke 3. Namun saat dikonfirmasi lewat WhatsApp H. Mansyur mengaku dia adalah bagian dari rumah sakit, namun tidak menyampaikan jabatan atau posisi tepatnya.

Ketika ditanya soal Badan usaha apa yg menaungi pekerja (CS), pak H. Mansyur enggan berkomentar. Sepuluh pekerja kebersihan yang dipekerjakan di Rumah Sakit Bahagia, diantaranya ada yang telah mengabdikan dirinya lebih dari 2 tahun dengan besaran gaji yang sama.

Menurut salah seorang CS yang enggan dimediakan namanya, mereka biasanya lambat menerima upah dari pekerjaannya itu.
“Gaji begitu saja baru biasa sampai tanggal 15 baru kami terima”, ungkap salah seorang petugas kebersihan.

Redaksi



Loading...