Pentingnya 5 W + 1 H dan Piramida Terbalik

Lead Berita

Lead atau Teras Berita (‘teras’ = inti, bukan ‘teras’ = beranda) merupakan bagian paling penting dari fakta yang dikumpulkan. Lead berita terdapat di alinea pertama yang harus memenuhi syarat sebagai berikut:

Bagian paling penting dari fakta yang diberitakan
Ditulis lengkap, singkat, dan padat
Disajikan secara sederhana, mudah dipahami, dan menarik

Lead memuat lengkap jawaban terhadap pertanyaan 5W + 1H (what, who, where, when, why, dan how), namun penulisannya harus singkat dan padat jumlah kata biasanya amtara 26-30 kata. Kadang tidak semua jawaban 5W+1H bisa dimuat dalam lead, karena kalau dipaksakan alineanya akan terlalu panjang. Jika demikian, maka unsur why dan atau how bisa dimuat di alinea berikutnya.

Lead seharusnya menggunakan bahasa sederhana agar mudah dipahami. Maka kata yang dipilih haruslah yang sudah diketahui artinya oleh khalayak. Kata dalam bahasa asing maupun bahasa daerah sebaiknya dihindari. Apalagi kalau kata itu belum akrab bagi khalayak. Begitu juga kalimat yang digunakan, haruslah yang gampang dipahami oleh mereka. Sedapat mungkin menggunakan kalimat tunggal dan menghindari kalimat majemuk.

Di samping itu, penulisan lead harus diawali dengan unsur 5W+1H yang paling menarik. Biasanya mulai unsur what, namun kalau menyangkut orang penting (prominence) harus dimulai unsur who. Jarang sekali lead dimulai unsur where dan when, karena kedua unsur tersebut biasanya hanya sebagai pelengkap. Namun jika unsur where atau when itu memang penting, bisa saja lead dimulai unsur tersebut.

Ar Media Kreatif - Jasa pembuatan website Portal Berita, Toko Online, Perusahaan, Bisnis, Landing Page, DLL. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami WhatsApp

Rekomendasi