Persiapkan Pola Hidup Sehat di Bulan Puasa

Ladies… bulan ramadhan sebentar lagi tiba, banyak diantara kamu pastinya sudah mulai bersiap yah. Mulai dari mengecek hutang puasa, menyiapkan aneka resep menu buka puasa dan sahur, menyiapkan stok belanja, tidak lupa juga siapkan hati untuk fokus beribadah.

Selain untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, puasa juga bisa dijadikan momentum untuk membenahi gaya hidup kita, terutama pola makan yang tidak sehat yang mungkin selama ini kita jalani. Di saat puasa, kita juga harus menyesuaikan kembali waktu kita menyantap makanan, karena berbeda dengan hari-hari biasanya, saat puasa kita hanya memiliki dua waktu untuk bersantap, yaitu saat sahur dan berbuka.

Nah, jangan dulu merasa ini menjadi hal yang tidak menyenangkan. Justru dengan kondisi demikian, cobalah memanfaatkan kesempatan ini untuk memilih makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Mulailah untuk membenahi gaya hidup mu yang kurang sehat selama ini. Saat berbuka, misalnya, sebisa mungkin hindarilah makan gorengan yang tinggi akan karbohidrat, lemak dan kandungan garam. Lalu seperti apa gaya hidup sehat yang bisa kamu coba di bulan puasa Ramadhan nanti ladies?

  1. Minum air putih yang cukup

Kebiasaan sederhana yang sangat penting bagi tubuh ini memang bisa dilakukan juga di hari-hari biasanya. Namun, di saat puasa tentu kebutuhan air putih dalam tubuh menjadi sedikit berbeda dari hari-hari biasanya. Di saat puasa, supaya kebutuhan unsur air di dalam tubuh tercukupi, cobalah untuk mengatur agar kamu minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa keesokan harinya. Upss… bukan delepan gelas sih ladies, kalau menurut ahlinya lebih tepatnya minum air putih yang baik adalah setiap 100 kg berat badanmu, diwajibkan kamu minum 3Liter air putih. Jadi misalnya berat badanmu adalah 55 kg, maka setidaknya kamu harus mengkonsumsi air putih sebanyak 1,8 – 2 Liter setiap harinya. Namun untuk memenuhi asupan gizi, kamu juga bisa minum susu dan teh sebagai tambahan.

  1. Mengatur porsi makanan agar tidak berlebihan

Memang, ketika berbuka kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis. Namun perlu diketahui bahwa di saat berbuka puasa, penting untuk mu tidak melahap makanan manis secara berlebihan. Biasanya menjelang waktu berbuka puasa, semua orang mendadak rakus ingin menyantap semua jenis makan. Sebaliknya ladies, cobalah untuk menerapkan “porsi sehat” dalam menyantap hidangan utama saat sahur ataupun berbuka. Isi seperempat piring dengan karbohidrat seperti nasi putih/merah, roti tawar/gandum. Lalu, isi seperempat piring lagi dengan protein, baik yang hewani atau nabati. Terakhir, isi setengah piring yang tersedia dengan sayur atau buah. Semakin banyak macam buah atau sayuran akan semakin baik. Sesuaikan takaran makanan juga supaya kamu tidak terlalu kenyang karena harus menjalankan ibadah tarawih kan…

  1. Berolahraga

Menjalankan puasa bukan berarti berhenti dari berolahraga. Bagaimanapun kamu tetap perlu menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat. Faktanya, aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran tubuh agar kamu tidak mudah merasa loyo. Namun, saat puasa pilihlah olahraga dengan intensitas ringan dan tidak memerlukan banyak energi untuk melakukannya. Yang penting ada gerakan tubuh untuk membakar lemak dan stretching yang cukup untuk melenturkan otot ototmu.

  1. Mengendalikan emosi

Puasa tentu bukanlah hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar saja. Dengan kata lain puasa juga berarti mampu mengatur emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Sang Pencipa. Secara psikologi, hal ini mempengaruhi mental dan spiritual kita, juga dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dapat membuat hati lebih tenang.

~ WINA ~

Loading...