Breeder Serama Gowa Gelar Kontes Ayam Serama di Cafe Jaman Now 6 Oktober Mendatang

Breeder Serama Gowa Gelar Kontes Ayam Serama di Cafe Jaman Now
Breeder Serama Gowa Gelar Kontes Ayam Serama di Cafe Jaman Now

RUJUKANNEWS.com, GOWA –  Ratusan ayam bertubuh mini akan adu kecantikan mengikuti Kontes Nasional Kesenian dan Kecantikan Ayam Serama BSG Cup II dengan tema Bersama Berserama Bersaudara di Butta Bersejarah Gowa, bertempat di Cafe Jaman Now Jalan Tumanurung Raya No B 28 Sungguminasa pada Minggu, 6 Oktober 2019.

Kali ini Breeder Serama Gowa ( BSG) menggandeng Group Wartawan Media Online “GoWa-MO” sebagai media sponsor dan Cafe Jaman Now menggelar kontes seni dan kecantikan ayam Serama Tingkat Nasional dimana sebelumnya telah melaksanakan kontes Regional. Acara semacam ini rutin digelar tahunan oleh komunitas pelestari dan pecinta ayam serama di Sulawesi Selatan.

Ketua Breeder Serama Gowa, Edy mengatakan Kontes Nasional Kesenian dan Kecantikan Ayam Serama BSG Cup II BOTB diikuti sebanyak 150 peserta dari berbagai Provinsi, diantaranya Provinsi Gorontalo, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Dirinya menjelaskan, panitia pelaksana Kontes Nasional Kesenian dan Kecantikan Ayam Serama BSG Cup II BOTB mendatangkan juri dari Jakarta (Arifin), Bali (Yudy) dan Makassar (Irsal) untuk penilaian peserta kontes,”pungkasnya di Sekretariat GoWa-MO Jalan Tumanurung Raya No B 28 Cafe Jaman Now.

Sementara itu ketua panitia pelaksana, Tyo, mengatakan kontes ini bagian dari penjaringan ayam serama dari peserta tingkat nasional. Menurutnya, BSG menyeleksi ayam pemenang dari kontes ini, sebelum diikutkan ke level internasional Asean

Kontes ini berdasarkan 11 kategori penilaian, yakni kedudukan, dada, galak/keceriaan, body sayap, ekor, balung, bulu, kaki, warna dan ciri-ciri,”jelasnya

Menurut dia, kriteria penilaian dari kontes ayam serama meliputi gaya dan aksesoris, kelincahan (galak/keceriaan), kebersihan (bulu), dan goyangan jengger (balung) ayam serama. Semakin indah goyangan jenggernya, maka semakin tinggi penilaian dari dewan juri.

Dia menjelaskan, kategori lomba dibagi 2 kategori yaitu Kelas Reguler dan Kelas Bintang, dimana setiap kategori ada tiga juara. Kelas Reguler meliputi Anakan Jantan A dan B , Anakan Betina A dan B, Betina Remaja, Betina Dewasa, Jantan Remaja, Jantan Muda, Jantan Dewasa A, Jantan Dewasa B, Jantan Tanpa Lawu dan Eksebisi

Kemudian Kelas Bintang meliputi Laga Bintang Cilik, Laga Bintang Betina dan Laga Bintang Jantan

Juara Kelas Reguler dan Kelas Bintang akan diseleksi untuk mengikuti Kelas Best Category dengan kategori Best Of Chick (BOC), Best Of Female (BOF) dan Best Of The Best (BOTB).

Untuk mendapati goyangan ayam yang indah, ayam harus dibikin rileks. “Bisa saja ketika sendiri ayam itu bisa dengan indah menggoyangkan jenggernya. Tetapi ketika dihadapkan dengan lawan yang lain, dia ciut, diam saja dan minder tanpa ekspresi. Ini dinamakan shocking animal dan tidak jarang terjadi ayam jatuh mental,”jelas Tyo(red)

Loading...