desain ruang kantor
Foto: Freepik/pressfoto

6 Langkah Menentukan Desain Ruang Kantor di Apartemen untuk Kenyamanan saat Bekerja

di ternyata sangat efektif untuk membangun mood kerja maupun menjalankan kantor di apartemen. Hal ini karena, desain ruang kantor yang ideal mampu membangun suasana dan rasa nyaman saat bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang optimal.

Terlebih lagi saat ini, pemanfaatan apartemen sebagai tempat untuk bekerja sudah menjadi hal yang umum, khususnya bagi masyarakat perkotaan, karena berbagai faktor khususnya yang terkait dengan masalah perkotaan.

Selain itu, pasca pandemi Covid-19 yang merebak beberapa waktu lalu, memaksa semua orang untuk beraktivitas di dalam rumah atau work from home (WFH) yang pada akhirnya membuat semua orang terbiasa bekerja di rumah maupun apartemen.

Desain Ruang Kantor di Apartemen

Meski demikian, menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal sekaligus tempat bekerja juga perlu dipertimbangkan secara matang, khususnya dalam menentukan desain ruang kantor di apartemen yang memenuhi unsur dan mendukung produktivitas kerja.

Karena, apartemen yang dijadikan sebagai tempat beraktivitas, cenderung bersinggungan dengan apartemen sebagai tempat tinggal, misalnya gangguan dari anak-anak, bisingnya suara tv atau aktivitas rumahan lain yang bisa mempengaruhi suasana kerja jadi tidak efektif.

Baca Juga -   Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar

Konsep Desain Ruang Kantor di Apartemen

Hal utama yang harus dilakukan dalam menentukan desain ruang kantor di apartemen adalah menentukan lokasi atau bagian ruangan di apartemen yang bisa dijadikan sebagai ruang kantor.

Pertimbangan penentuan ruang apartemen ini didasarkan pada beberapa kriteria berikut ini:

Terpisah

Terpisah dalam hal ini mengacu pada ruangan apartemen yang tidak terlalu berdekatan dengan ruang dapur, kamar tidur ataupun ruang keluarga. Karena ketiga ruangan ini identik dengan aktivitas rumahan sehingga bisa menimbulkan suara yang bisa mempengaruhi suasana kerja, misalnya aktivitas kerja terganggu karena ada yang sedang memasak di dapur, atau bisa juga suara bising televisi yang mengganggu di ruang keluarga.

Jauh dari Jangkauan Anak

Upayakan untuk menempatkan ruang kantor di apartemen yang jauh dari jangkauan anak-anak, hal ini karena amat mungkin perlengkapan kantor Anda berpotensi dijadikan mainan atau bahkan saat Anda sedang bekerja, anak-anak datang mengganggu.

Mudah di Akses

Dalam menentukan ruang apartemen yang difungsikan sebagai ruang kantor juga setidaknya  mudah dijangkau, dalam artian desain ruang kantor di apartemen di tempatkan di bagian apartemen yang strategis, sehingga memudahkan Anda ketika hendak bekerja maupun sebaliknya.

Baca Juga -   6 Cara Buat Peyek Kacang yang Tetap Renyah, Walaupun Sudah Berhari-hari!

Memilih Ruangan Apartemen untuk Dijadikan Ruang Kantor

Terbatasnya ruang di apartemen memang harus disiasati dengan menentukan pemilihan lokasi ruang apartemen yang bisa dijadikan sebagai tempat melakukan desain ruang kantor, berikut beberapa saran pemilihan ruangan apartemen untuk dijadikan ruang kantor:

Sirkulasi Udara

Pilihlah bagian ruangan apartemen yang memiliki sirkulasi udara yang baik, tujuannya agar udara yang segar bisa selalu hadir di ruang apartemen yang difungsikan sebagai tempat kerja. Anda bisa memilih sudut ruangan yang berada di dekat balkon apartemen yang sirkulasi udaranya relatif baik, selain itu untuk mengusir penat Anda bisa menikmati pemandangan dari balkon yang bisa sangat efektif mengusir jenuh dan membangun mood untuk bekerja kembali.

Pemilihan Furniture

Menentukan jenis, bentuk maupun ukuran furniture juga sangat berperan penting dalam melakukan desain ruang kantor di apartemen karena kesalahan dalam menempatkan furniture justru membuat ruang kantor di apartemen akan terasa sempit serta terkesan sumpek dan bukan tidak mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat bekerja.

Baca Juga -   5 Tips Memasak Bayam Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Pilihlah furniture dengan desain minimalis, simpel namun multifungsi seperti meja kerja, kursi hingga lemari untuk menempatkan atau menyimpan berkas maupun peralatan kerja Anda. Pilih pula warna yang senada dengan ruangan atau bisa juga memilih furniture dengan warna-warna pastel yang lembut namun tetap terlihat simpel serta .