9 Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diutamakan Oleh HRD Perusahaan!

RUJUKANNEWS.comCara membuat surat lamaran pekerjaan setelah bertahun-tahun belajar, mendapatkan pekerjaan adalah salah satu tujuan banyak orang.

Dari pekerjaan ini nantinya kita akan mendapatkan gaji untuk suatu jabatan. Tentunya memberikan kualitas yang baik dapat membuat masa depan kita lebih baik dan cerah bukan?

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diutamakan Oleh HRD?

cara membuat surat lamaran pekerjaan
9 Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diutamakan Oleh HRD Perusahaan! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Saat melamar pekerjaan, tentunya pencari kerja akan menulis surat lamaran kerja. Namun, terkadang ada beberapa orang yang tidak mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik.

Pekerjaan impian

Lamaran kerja biasanya diberikan kepada perusahaan yang ingin kamu tuju atau perusahaan tempat kamu ingin bekerja.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang yang belum bisa mendapatkan pekerjaan. Salah satu alasannya bisa dibatasi oleh aplikasi atau proses aplikasi untuk suatu pekerjaan.

Poin penting untuk menulis surat lamaran kerja

Berikut adalah beberapa poin penting untuk dipertimbangkan saat cara membuat surat lamaran pekerjaan.

– Gunakan kertas bergaris. Saat menulis surat lamaran kerja tulisan tangan, disarankan untuk menggunakan kertas folio bergaris. Ini akan membuat menulis lebih mudah dan hasilnya akan lebih tajam.

– Gunakan kata-kata yang sopan tapi formal. Ini karena Grameds akan membuat surat resmi ke sebuah perusahaan. Jangan gunakan jargon atau bahasa daerah yang tidak akan kamu mengerti.

– Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang teratur, sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja. Jadi, pastikan tulisan Gramed rapi dan tidak berantakan karena penulisan kursif juga dianjurkan.

– Cobalah untuk tidak salah mengeja. Sebaiknya berhati-hati dan lambat saat menulis surat lamaran kerja. Jika kamu sedang terburu-buru penulisan gramed bisa salah dan berantakan maka gramed harus menuliskannya pada lembaran yang baik.

Hal ini karena tidak indah jika ada bekas penghapus atau pulpen koreksi pada surat lamaran kerja yang dibuat oleh Grameds.

– Warna pena. Meski terlihat sepele, cara membuat surat lamaran pekerjaan warna pulpen yang digunakan juga berpengaruh. Daripada memilih warna yang aneh, disarankan untuk menggunakan pulpen hitam saja.

– Itu harus tulisan tangan, sehingga perusahaan dapat mengevaluasi tulisan tangan kamu. Namun kini kamu juga bisa menyertakan surat lamaran kerja di email, atau dalam bentuk dokumen digital.

– Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan, sesuai data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat melamar kerja.

– Lampirkan surat pendukung lainnya, seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan cara ini, Grameds menunjukkan bahwa ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

– Tata bahasa juga penting saat menulis surat lamaran kerja. Karena surat lamaran kerja relatif formal, harus menulisnya dengan bahasa baku dan ejaan yang benar. Perhatikan penggunaan tanda baca, penggunaan huruf kapital dan pemilihan bahasa. Karena jika tidak, lamaran kamu bisa saja ditolak.

– Pastikan ada posisi yang dilamar dan nomor kontak. Ini identitas lengkap dengan nomor yang bisa dihubungi. Selain itu, juga harus mencatat posisi yang kamu lamar agar perusahaan mengetahui maksud dan tujuan kamu mengirimkan surat tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Diutamakan Oleh HRD

Dengan berkembangnya zaman, cara membuat surat lamaran pekerjaan dan cara mengirim surat bisa melalui email.

Namun, ada juga yang menulis surat lamaran kerja dengan tangan. Nah, berikut langkah-langkah menulis surat lamaran kerja yang bisa kamu ikuti.

1. Siapkan kertas folio bergaris yang masih rapi dan bersih. Selain itu, siapkan juga pulpen yang tintanya lebih nyata.

2. Mulailah dengan menulis contoh surat lamaran kerja dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang telah kamu pelajari. Sebelum itu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu. Sehingga tidak buruk dan tidak perlu membatalkannya.

3. Jika persiapan sudah matang, sekarang saatnya menulis surat. Jangan lupa sertakan kalimat sapaan sebelum membuka isi surat.

4. Perkenalkan diri kamu secara singkat, kemudian jelaskan latar belakang pendidikan dan referensi pekerjaan kamu, jika ada.

5. Tulis secara singkat tentang keahlian kamu dan tunjukkan posisi yang kamu lamar.

6. Sertakan juga lampiran dalam surat tersebut.

7. Jika demikian, kalimat penutup yang bagus dan saya harap kamu dapat bergabung dengan perusahaan.

8. Tulis salam, nama lengkap, dan tanda tangan kamu.

9. Jika sudah, silahkan perbaiki lagi dan pastikan tidak ada masalah. Jika kamu menemukan tulisan yang salah, lebih baik membuat yang baru di kertas lain.

Akhir Kata

Langkah-langkah dan cara membuat surat lamaran pekerjaan di atas dapat digunakan untuk menulis surat lamaran kerja melalui email atau dalam bentuk dokumen.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Check Also

fungsi insert

Bisa Mengatur Halaman Dokumen! Ini Dia 5 Fungsi Insert Pada Menu Microsoft Word!

Pada Microsoftword terdapat menu fungsi insert yang sangat berguna untuk merapikan karya tulis yang sedang …