desain ruko
Foto: Freepik/rawpixel

3 Konsep dalam Menentukan Desain Ruko yang Tepat Sebagai Hunian Sekaligus Tempat Usaha

yang tepat memiliki peran penting dalam keberhasilan rumah sekaligus tempat tersebut. Oleh karenanya, kebanyakan masyarakat yang hendak membangun ruko memikirkan secara matang desain ruko yang ideal buat hunian sekaligus .

Pertimbangan yang matang khususnya dalam hal desain ruko di mulai dari penentuan lokasi, tampak muka hingga konsep bangunan sangat menentukan kelangsungan sebuah ruko di masa yang akan datang.

Memilih Desain Ruko Berkonsep Minimalis

Salah satu jenis desain ruko yang tengah trend dan nyaris tak pernah ketinggalan zaman adalah desain ruko model minimalis. Ruko dengan desain minimalis sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis lokasi, karena selain lebih menjanjikan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi,.

Konsep Desain Ruko

Banya konsep desain ruko yang saat ini berkembang, pilihan seperti ruko bergaya mewah atau yang memiliki konsep minimalis juga sangat ideal sebagai tempat hunian yang nyaman dan menyehatkan sekaligus menjadi tempat usaha yang menjanjikan prospek di masa yang akan datang.

Baca Juga -   2 Cara Cepat Saat Hendak Mengisi Saldo Gopay

Berikut beberapa rekomendasi desain ruko minimalis berdasarkan konsepnya:

Warna Seragam

Menggunakan teknik warna seragam pada seluruh bangunan ruko akan menjadikan ruko terlihat lebih modern dan mewah, khususnya ketika ruko menggunakan cat berwarna putih yang akan mengesankan bangunan terlihat luas dan lega sekaligus bersih.

Sebagai kombinasi untuk membedakan antara ruang usaha dan hunian, bisa memadukan dua jenis warna yang sama dengan sedikit perbedaan, misalnya warna putih susu dengan warna broken white yang lembut agar tetap membangun kesan nyaman khususnya pada hunian yang menjadi salah satu bagian utama pada ruko.

Ruko Tanpa Pagar

Kesan luas juga bisa terbangun ketika desain ruko dibuat secara terbuka atau tanpa pagar agar bisa di akses tak hanya oleh para pembeli tapi juga tamu maupun keluarga yang hendak berkunjung ke ruko.

Dengan konsep ruko tanpa sekat pagar ini juga, ruko akan terlihat lebih luas dan lapang bahkan ketika dijadikan sebagai lokasi parkir. Untuk membuat halamannya rapih, Anda bisa menambahkan paving block sebagai permukaan halamannya agar terlihat lebih representatif dan tidak tergenang air ketika hujan.

Baca Juga -   9 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Aman, Senyum Lebar Gigi Sehat!

Meski demikian, penting juga mempertimbangkan faktor keamanan pada ruko dengan konsep tanpa pagar. Keamanan itu meliputi, usaha dari ruko serta kendaraan milik para pengunjung ruko agar terhindar dari pencurian.

Untuk solusinya, Anda bisa memanfaatkan kamera pengawas atau CCTV untuk mengantisipasi sekaligus menghindari kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pagar dengan menggunakan tanaman yang berfungsi sebagai pagar yang berfungsi sebagai pembatas antara ruko dengan jalan raya maupun dengan hunian lainnya. Pemanfaatan pagar yang berasal dari tanaman hidup juga akan mampu membangun kesan ruko yang lebih dan asri.

Memisahkan Tiap Fungsi Ruko

Pada kenyataannya, dua fungsi ruko sebagai hunian dan tempat usaha memang harus dipisahkan, hal ini untuk menjaga privasi masing-masing antar kedua fungsi tersebut, pembeli tetap nyaman berbelanja, anggota keluarga tetap bisa beraktivitas dengan privasi yang tetap terjaga.

memisahkannya pun cukup menambahkan sekat atau dinding yang dihubungkan dengan pintu khusus untuk memudahkan akses baik menuju hunian ataupun ke ruang usaha.

Baca Juga -   6 Cara Bikin Surat Lamaran kerja Agar Bisa Diterima Oleh Perusahaan!

Dengan pertimbangan desain ruko yang matang ini pulalah, ruko bisa dijadikan sebagai salah satu jenis investasi di bidang paling potensial yang nilainya akan terus bertambah setiap waktunya.