diet sehat
Foto: Freepik/jcomp

5 Tips Diet Sehat Alami yang Efektif Menurunkan Berat Badan sekaligus Menyehatkan

Untuk bisa menurunkan berat badan tubuh, tidak hanya sekedar mengurangi jatah makan khususnya karbohidrat, tapi penting juga untuk menerapkan secara alami agar selain efektif menurunkan berat badan juga tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Pemilihan diet sehat ini bahkan banyak direkomendasikan oleh ahli medis, khususnya kepada orang-orang yang mengalami masalah obesitas atau bahkan untuk orang-orang yang tak memiliki waktu untuk berolahraga karena padatnya yang pada akhirnya pola makannya tak diimbangi dengan kalori dalam tubuh yang harus dikeluarkan.

Konsep Diet Sehat

Pada dasarnya, konsep diet sehat memang harus selalu diterapkan selain tentu saja diiringi dengan rajin berolahraga meski hanya dalam hitungan menit dalam setiap harinya.

Karena, diet sehat dibutuhkan sebagai upaya keseimbangan tubuh untuk tidak mengalami masalah berat badan yang bisa memicu berbagai jenis resiko yang membahayakan bagi siapapun penderitanya.

Jenis-jenis Diet Sehat Alami

Banyak jenis diet sehat alami yang bisa Anda jalankan, tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan pencegah nafsu makan, karena dengan diet sehat ini Anda bahkan tetap menjalankan pola konsumsi seperti biasa, hanya saja baik porsi hingga jenis makanannya pun tidak sembarangan.

Baca Juga -   Cara Membuat Paspor untuk Kuliah Diluar Negeri

Berikut jenis diet sehat alami yang bisa mulai Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Tidur yang Cukup

Selama ini, Anda mungkin mengira tidur tak memiliki efek apa-apa dalam hal mengurangi berat badan, atau bahkan sebaliknya tidur terlalu lama bisa memicu berat badan. Padahal, anggapan tersebut ternyata salah, kurang tidur bahkan bisa menjadi pemicu utama untuk memunculkan nafsu makan yang cenderung ingin mengkonsumsi yang tinggi kalori dan karbohidrat.

Perbanyak Asupan Protein

Memperbanyak asupan protein juga sangat ideal untuk diet sehat. Jenis nutrisi ini sangat efektif meningkatkan massa otot. Apalagi, jika Anda juga rutin melakukan angkat beban.

Tidak hanya itu saja, mencukupi kebutuhan tubuh akan protein juga mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi rasa . Ada banyak pilihan protein yang bisa Anda konsumsi, misalnya, lean meat atau daging tanpa lemak.

Hindari Makanan Olahan

Hindari makanan olahan perlu Anda hindari supaya berat badan ideal bisa Anda dapatkan bukan tanpa alasan, makanan olahan biasanya mengandung banyak gula, lemak tak sehat, kalori.

Baca Juga -   3 Jenis Kompensasi dan Tujuan Pemberiannya yang Harus Anda Ketahui

Hal itulah yang berbahaya untuk berat badan dan tubuh secara menyeluruh. Hindari konsumsi gula karena asupan gula berlebih akan tersimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes.

Minum Air Putih

Minum air putih berguna sebagai diet alami. Cobalah untuk minum air putih tiap sebelum makan berat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi kalori berlebih dapat berkurang.

Air putih juga sangat baik untuk tubuh, karena bisa menghindari kemungkinan terjadinya kekurangan cairan dan resiko penyakit lain. Minumlah air putih sesuai dengan anjuran yakni minimal 8 gelas tiap harinya.

Kurangi Asupan Kalori

Tidak hanya membatasi konsumsi gula, mengurangi asupan kalori juga termasuk dalam cara diet alami. Usahakan untuk mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada jumlah kalori yang Anda bakar per hari. Mulailah untuk menghindari makanan atau minuman dengan kalori tinggi, misalnya, makanan cepat saji.

Karena pada kenyataannya kalori yang terlalu berlebihan di dalam tubuh, tak hanya memicu berat badan yang berujung pada semata tapi juga bisa berdampak pada resiko timbulnya penyakit yang serius khususnya dalam jangka yang panjang.

Baca Juga -   9 Cara Cek PIP Lewat HP 2023 Online yang Mudah dan Simple, Cuma Login Saja!