google sites
Foto: Freepik/rawpixel

7 Cara Membuat Website Pembelajaran dengan Google Sites, Mudah dan Praktis

Saat ini pemanfaatan teknologi sebagai penunjang kegiatan dan mengajar sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh , terlebih pasca pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dengan teknologi baik yang berbasis komputer maupun smartphone sangat dirasakan manfaatnya baik oleh guru maupun dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh, bahkan output dari pemanfaatan teknologi sebagai media penunjang proses pembelajaran pun sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran tatap muka.

Berbagai Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi

Banyak metode pembelajaran berbasis teknologi yang sudah berhasil dibuat oleh peserta didik, baik yang bersifat interaktif, , animasi hingga materi pembelajaran lain yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi berbasis digital baik melalui maupun perangkat komputer.

Google Sites

Salah satu aplikasi teknologi yang juga dirasakan manfaatnya dalam mendukung proses maupun aktivitas belajar dan mengajar itu adalah Google Sites, salah satu fitur milik perusahaan teknologi terbesar di dunia Google ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pendidikan, termasuk membuat pembelajaran dengan aplikasi ini.

Baca Juga -   Jadilah Raja Permainan! Download Yugioh Duel Link Mod Apk, Nikmatilah Keseruan Gamenya!

Meski tidak sepopuler content management system atau CMS lain, namun google sites menawarkan penggunanya untuk memanfaatkan aplikasi ini secara gratis yang sepenuhnya digunakan untuk membuat berbagai situs website atau bahkan blog secara personal layaknya platform maupun wordpress.

Keunggulan Google Sites

Banyak keunggulan yang ditawarkan google sites kepada penggunanya, mulai dari kemudahan untuk membangun maupun merancang website secara pribadi, mengatur konten yang akan diisi dan ditampilkan pada aplikasi milik google ini agar bisa di akses secara luas hingga kemudahan pengelolaan website termasuk untuk tenaga pendidik yang belum terlalu familiar dalam hal pembuatan website maupun blog.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh google sites adalah kecepatan akses karena platform ini sudah terintegrasi langsung dengan google sebagai induknya khususnya dalam mesin peramban atau pencarian sehingga tak perlu khawatir website yang telah dibuat mengalami error atau gangguan pada hosting.

Cara Membuat di Google Sites dengan Mudah

Cara membuat website di google sites pun bisa dilakukan dengan mudah, dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, terlebih lagi jika guru yang hendak membuat website pembelajaran sudah memiliki pemahaman tentang cara membangun sebuah website.

Baca Juga -   Terlalu Canggih! Ini Dia HP Terbaru OPPOX2021 yang Memiliki Layar Gulung Fenomenal

Berikut langkah-langkah membuat website pembelajaran dengan google sites:

  • Akses google sites melalui mesin peramban utamanya, yakni: Google Chrome. Setelah mesin pencari terbuka, kemudian ketik google site di kolom pencarian.
  • Setelah masuk ke laman utama google sites, Anda diwajibkan untuk melakukan login terlebih dahulu dan wajib menggunakan akun gmail.
  • Setelah berhasil login, kemudian klik logo + untuk membuat situs baru di google sites
  • Terdapat sejumlah fitur setelah Anda memilih +, misalnya pada bagian sudut kanan paling atas tampilan adalah tempat seting webiste yang hendak Anda buat.
  • Di layar utama terdapat box khusus untuk menuliskan judul dari halaman website Anda, sedang di sisi kanan box utama terdapat pengaturan mulai dari kotak teks, gambar hingga tema dari website yang hendak Anda buat agar terlihat lebih menarik
  • Atur website sesuai kebutuhan atau bisa mengkreasikan tampilan website agar terlihat menarik
  • Jika pengaturan pada tampilan website sudah selesai, pilih menu Publikasikan untuk menampilkan website buatan Anda ke para siswa.
Baca Juga -   Mengajukan Usulan Program dengan Aplikasi Hibah Bansos dengan Mudah