lapar tanpa makan
Foto: Freepik

7 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Lapar Tanpa Makan, Cocok Buat Diet Nih

Rasa adalah dorongan yang muncul dalam tubuh sebagai hasrat alami akan pemenuhan nutrisi bagi tubuh. Hal ini karena tubuh sudah tidak lagi memiliki bahan apapun yang bisa ia cerna.

Namun, meski demikian lapar kerap kali muncul tanpa kita ketahui waktu dan kesempatannya. Terkadang, saat kita tengah bekerja, tiba-tiba perut berbunyi dan menunjukkan gejala rasa lapar, beberapa kasus bahkan suara perut yang sedang lapar kerap kali mengeluarkan bunyi yang cukup keras, hal ini tentu akan membuat pandangan orang di sekitar akan tertuju kepada kita.

Disisi lain, bagi sejumlah orang yang memiliki intensitas maupun kesibukan kerja harian yang padat, kadang terpaksa harus menahan rasa lapar di tengah padatnya mereka. Meskipun hal ini memang tidak direkomendasikan, karena akan menganggu pola makan, perut yang terasa mual, hingga kemungkinan timbulnya gangguan yang terkait dengan pencernaan.

Mengatasi Rasa

Solusi utama dan satu-satunya untuk mengatasi lapar adalah makan atau mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, gizi, protein maupun asupan lainnya yang bisa dicerna oleh tubuh.

Baca Juga -   Cara Instal Ulang Windows 7 untuk Pemula, Tanpa Harus Kehilangan Data!

Namun, bagi sebagian orang memenuhi kebutuhan rasa lapar dengan mencari makanan atau menuju ke kantin mungkin tidak semudah seperti yang dibayangkan. Bisa jadi, saat rasa lapar muncul, mereka sedang beraktivitas seperti meeting, di dalam kelas, di dalam kendaraan atau aktivitas lainnya yang tak mungkin bisa ditunda hanya untuk menunda atau menghentikan aktivitasnya hanya untuk mencari makan atau bahkan mengatasi rasa lapar tanpa makan.

Mengatasi Rasa Lapar Tanpa Makan

Pada dasarnya banyak untuk mengatasi rasa lapar tanpa makan, atau bahkan mengkonsumsi makanan ringan atau ngemil yang bisa memicu kelebihan berat badan, meskipun hanya bersifat menunda rasa lapar itu sendiri. Berikut beberapa tipsnya:

Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet merupakan agar kamu bisa menghilangkan lapar tanpa makan. Mengunyah permen karet akan membuat rahangmu sibuk sehingga pikiranmu akan teralihkan dari lapar.

Minum Air Mineral

Kalau kamu merasa lapar dan belum sempat makan, kamu bisa meredakannya terlebih dahulu dengan meminum air mineral. Meminum air mineral akan membuat perutmu terasa lebih tenang, sekaligus membuang racun-racun dalam tubuh.

Baca Juga -   6 Langkah Convert Pulsa ke Dana dengan Aplikasi

Gosok Gigi

Ternyata menggosok gigi juga bisa menunda rasa lapar tanpa makan. Ketika mulut merasakan sensasi mint dari pasta gigi, kamu akan merasa lebih tenang. Selain itu, ketika gigimu sudah bersih, biasanya kamu menjadi enggan untuk mengunyah sesuatu dan efektif untuk mengatasi lapar tanpa makan.

Mengunyah Es Batu

Alasan mengunyah es batu dijadikan salah satu cara meredakan lapar atau mengatasi lapar tanpa makan sama seperti mengunyah permen karet. Selain itu, es batu akan berubah menjadi air yang bisa membuat perutmu sedikit terisi. Tapi jangan terlalu banyak agar tidak merusak gigi.

Menghirup Aroma Terapi

Aromaterapi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk relaksasi, lho. Menghirup aromaterapi juga bisa menjadi cara untuk meredakan lapar. Aromaterapi yang cocok untuk meredakan lapar adalah peppermint, bergamot, dan aroma jeruk.

Membangun Sugesti pada Tubuh

Sugesti atau menanamkan pikiran positif pada tubuh serta tidak membayangkan apa yang hendak di makan juga efektif untuk mengatasi rasa lapar tanpa harus makan. Dengan sugesti, rasa lapar akan bisa teralihkan, misalnya dengan fokus menjalankan pekerjaan atau bisa juga dengan sambil berbincang dengan teman atau aktivitas lainnya yang memunculkan sugesti lain selain dari rasa lapar itu sendiri.

Baca Juga -   7 Cara Membuat Kacang Disco Manis Gurih yang Lezat, Camilan Kekinian Ala Rumahan!

Berjalan Kecil

Tips berikutnya untuk meredakan lapar adalah berjalan kaki. Berjalan kaki walaupun hanya sebentar biasanya ampuh untuk meredakan lapar. Selain membakar hormon, berjalan kaki juga akan meningkatkan hormon adrenalin yang bisa meredakan lapar.