manfaat daun pepaya
Foto: Freepik/jcomp

Ini 6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat menjadi salah satu sayur-sayuran yang dikenal memiliki banyak khasiat tak hanya untuk tapi juga untuk kebutuhan sehari-hari. Kandungan enzim maupun gizi alaminya sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan bahkan untuk mengobati berbagai jenis .

Secara umum tekstur daun pepaya memang lebih menyerupai daun singkong. Meski demikian, dari sisi warna agak sedikit berbeda karena daun pepaya memiliki warna hijau muda yang lebih cerah dan memiliki getah yang lumayan banyak dengan rasa pahit yang cenderung kuat.

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh baik sebagai obat berbagai penyakit, daun pepaya juga bisa digunakan untuk menunjang kesehatan, termasuk untuk melembutkan daging. Namun meski demikian, sebagian besar masyarakat menjadikan daun dengan getah yang banyak ini sebagai salah satu tanaman untuk menyebuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daun pepaya yang utama adalah untuk kesehatan. Seperti diketahui daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan, manfaat daun pepaya juga bisa dijadikan untuk meningkatkan stamina pada tubuh.

Baca Juga -   Modis Tapi Sopan! 5 Inspirasi Style Hijab dengan Sepatu Kets Putih

Baik untuk Meningkatkan Trombosit Darah

Daun pepaya memiliki kandungan yang sangat baik unutk meningkatkan trombosit dalam darah khususnya bagi penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Dengan mengolah manfaat daun pepaya menjadi minuman jus, trombosit darah penderita DBD akan meningkat hanya dalam waktu hitungan hari saja sehingga trombosit sebagai sel darah kembali lancar melakukan pembekuan darah.

Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Rutin mengkonsumsi daun pepaya baik dengan menjadikannya sebagai lalapan ataupun dibuat dalam bentuk jus sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh sebagai manfaat daun pepaya lainnya, hal ini karena kandungan karbohidrat dalam daun pepaya yang menjadi salah satu sumber energi utama untuk melakukan sehari-hari.

Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun pepaya lainnya adalah juga sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam daun pepaya yang tinggi bisa mencegah rasa serta keinginan untuk mengonsumsi .

pengolahannya pun cukup , bisa dengan mengonsumsi daun pepaya yang sudah direbus atau membuatnya menjadi minuman.

Baca Juga -   5 Kelebihan Poco C50 yang Pakai Mediatek Helio A22, Sudah Kencang dan Ngebut!

Meredakan Peradangan

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah daun pepaya sangat efektif untuk meredakan peradangan pada tubuh, salah satunya peradangan pada sendi.

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam daun pepaya sangat baik untuk meredakan peradangan, cara pengolahannya pun cukup menjadikannya sebagai ekstrak, jus atau cukup dengan menjadikannya sebagai lalapan tambahan makanan.

Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Pada penggunaan luar, daun pepaya juga sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan rambut akibat kerontokan rambut yang disebabkan karena faktor stres, usia atau yang lainnya.

Daun pepaya muda yang hendak dijadikan sebagai obat pertumbuhan rambut cukup dijadikan sebagai masker yang kemudian diaplikasikan di rambut serta memijatnya hingga ke bagian kulit kepala selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Meningkatan Kesehatan Kulit

Daun pepaya baik yang dikonsumsi atau diaplikasikan pada penggunaan permukaan kulit juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan enzim yang ada dalam daun pepaya sangat ampuh untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan tubuh.

Baca Juga -   Resep Telur Gabus 1 Kg yang Mudah Dibuat, Camilan Rumahan Hari Raya Lebaran!

Bahkan, untuk para remaja, daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk menghilangkan jerawat.

Meski demikian, sebelum digunakan, daun pepaya dibersihkan terlebih dahulu, termasuk pada bagian getahnya dengan air bersih dan mengalir hal ini agar getah daun pepaya tidak mengenai permukaan kulit.