mengecilkan perut
Foto: Freepik/shurkin_son

5 Cara Alami Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, seorang ibu umumnya memiliki bentuk perut yang cenderung membesar dari yang semula. Nah, kebanyakan dari para ibu ini terlebih lagi para wanita karir mencoba setelah melahirkan dengan berbagai cara.

Berbagai upaya mulai dari berolahraga atau menjaga asupan hingga mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan termasuk jamu pun dilakukan hanya agar bisa mengecilkan perut kembali.

Pada dasarnya, pasca melahirkan seorang perempuan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kilogram. Namun, penurunan berat badan ini tidak dapat mengecilkan perut apalagi mengencangkan perut secara cepat dan alami. Perlu waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menyingkirkan setelah melahirkan atau bahkan perut tidak akan bisa kembali seperti semula.

Fakta Tentang Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Perut buncit saat hamil disebabkan oleh meregangnya otot perut dan ikat di sekitarnya. Hal ini terjadi secara alami untuk memberikan ruang bagi bayi dalam hal proses perkembangannya di dalam rahim ibu.

Pasca melahirkan, rahim akan mengecil dan kembali ke keadaan seperti sebelum hamil. Mengecilnya rahim ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang membutuhkan waktu sekitar 6–8 minggu.

Baca Juga -   5 Kelebihan Zenbook 17 Fold, Inovasi Laptop Lipat Asus yang Tiada Tandingan!

Selain itu, kelebihan cairan dalam tubuh selama hamil juga akan dikeluarkan melalui urine, cairan vagina, dan keringat. Keluarnya carian ini juga akan memengaruhi bentuk tubuh termasuk menjadi cara alami mengecilkan perut pasca melahirkan.

Namun, mengecilkan perut setelah melahirkan ini tentu tidak bisa dilakukan secara cepat. Ada proses dan dibutuhkan setidaknya beberapa minggu untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal.

Cepat lambatnya mengecilkan perut setelah melahirkan pun tergantung dengan sejumlah faktor, termasuk stres dan berubahnya pola konsumsi makanan sebagai asupan untuk ibu yang sedang menyusui.

Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan melalui proses yang alami dan bahkan tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan yang amat mungkin memberikan efek yang bebahaya tak hanya bagi ibu yang menyusui tapi juga buat bayi yang tengah disusui oleh ibu. Berikut beberapa cara alami mengecilkan perut yang bisa ibu lakukan:

Menyusui

Menyusui ternyata dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Hal ini karena menyusui dapat membantu membakar 300 kalori per hari, sehingga lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan ibu yang memberikan susu formula pada bayinya.

Baca Juga -   Tips Atasi Rasa Malas Yang Berlebihan

Selain itu, menyusui juga memicu kontraksi yang membantu ibu mengecilkan rahim. Jika rahim mengecil, perut juga akan dengan mudah mengecil. Meski menyusui dapat membantu menurunkan berat badan, ini tidak akan memengaruhi produksi ASI.

Berolahraga

juga dapat mengencangkan dinding perut dan membakar kalori. Bunda dapat mencoba berbagai olahraga ringan, seperti berjalan kaki, senam aerobik, yoga, peregangan, berenang, atau senam kegel.

Namun, sebaiknya menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan jika ingin mulai berolahraga. Sangat disarankan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan durasi dan jenis olahraga yang sesuai.

Menjaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan menjadi salah satu kunci dalam mengecilkan perut setelah melahirkan. Pada umumnya ibu, membutuhkan 1.800–2.200 kalori per hari, yang bisa diperoleh dari konsumsi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat.

Selain itu, makanlah dengan porsi yang lebih kecil tetapi sering, dan hindari konsumsi makanan cepat saji. Jangan melakukan diet ekstrem yang dapat membuat tubuh kelaparan, stres, dan lelah karena bisa memengaruhi produksi ASI.

Baca Juga -   4 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Kalian Wajib Tahu!

Diet ekstrem juga membuat Bunda tidak mendapat asupan gizi yang cukup, sehingga Si Kecil juga tidak mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI Bunda.

Minum banyak air

Minum segelas air sebelum makan dapat menekan keinginan untuk makan berlebihan, sehingga mampu menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, untuk membuang racun tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan.