pembelajaran interaktif
Foto: Freepik/Tirachardz

Fungsi dan Keunggulan Pembelajaran Interaktif dan 4 Jenis Medianya

interaktif dapat dijadikan sebagai alat untuk menyalurkan pesan atau materi-materi pembelajaran agar lebih menarik, sehingga lebih disukai oleh peserta didik dan tidak membosankan.

Konsep sepenuhnya memanfaakan multimedia sebagai media interaktif antara dan juga menjadikan kegiatan jadi lebih menyenangkan dan menarik.

Tak hanya itu saja, pembelajaran interaktif juga tetap membuat suasana pembelajaran layaknya di ruang kelas. Siswa tetap bisa mengajukan pertanyaan kepada tenaga pendidik, sebaliknya guru pun bisa bertanya kepada tiap siswanya, sehingga memastikan proses pembelajaran berjalan secara optimal dan sesuai dengan kegiatan belajar dan mengajar yang dibutuhkan antara guru maupun siswanya.

Fungsi Media Pembelajaran Interaktif

Terdapat sejumlah fungsi media pembelajaran interaktif, diantaranya berikut ini:

  • Sebagai instrumen untuk menjelaskan materi pembelajaran khususnya ketika guru menerangkan matari kepada para siswanya.
  • Menjadi media untuk merumuskan atau menjawab persoalan yang bisa dijadikan bahasan antara guru dan para siswa.
  • Menjadi salah satu sumber pembelajaran bagi para siswa baik secara perorangan atau berkelompok.
Baca Juga -   4 Model High Heels Remaja Simple yang Sangat Cocok Dikenakan di Hari Raya Idul Fitri!

Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif

Media pembelajaran interaktif memiliki sejumlah keunggulan dibanding metode pembelajaran biasa, berikut beberapa keunggulannya:

  • Membuat waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • Menarik minat para peserta didik untuk berinteraksi dengan pengajar, selain itu juga dapat meningkatkan peserta didik
  • Menambah motivasi belajar peserta didik

Jenis Media Pembelajaran Interaktif

Setidaknya terdapat empat jenis media pembelajaran interaktif yang bisa diterapkan saat menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, dari sisi pembuatan materi dan kemudahan penyampaiannya , yakni:

Media pembelajaran interaktif dengan jenis game atau permainan interaktif menjadi salah satu media pembelajaran yang sangat diminati oleh para siswa. Dengan jenis pembelajaran ini, para siswa tidak hanya sekedar belajar tapi juga sambil bermain sehingga menyenangkan.

Dalam game itu, guru bisa menyisipkan materi-materi pembelajaran interaktif sehingga efektif mengasah kemampuan siswa sehingga proses belajar bisa diterima oleh para siswa.

Terdapat banyak yang bisa dijadikan sarana untuk membuat media pembelajaran, misalnya; Power Point.

Baca Juga -   Cara Transfer Dana ke Gopay Terbaru 2022

Manipulatif

Jenis media pembelajaran interaktif selanjutnya adalah metode manipulatif dengan memanfaatkan benda atau alat yang bisa digunakan untuk menunjang proses penyampaian materi pembelajaran, untuk mengasah keterampilan serta daya pikir siswa agar lebih tersistematis.

Anda bisa memanfaatkan perlengkapan seperti kelereng, kawat, kayu, karton atau benda lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan materi pembelajaran.

Memanfaatkan video untuk menunjang aktivitas pembelajaran diakui memang sangat membantu para siswa belajar. Melalui video, materi pelajaran bisa disampaikan dalam video agar bisa dilihat dan di dengar oleh siswa (audi visual) dan kemudian bisa diingat oleh para siswa agar bisa dipahami melalui pesan-pesan yang ada di video.

Terlebih, umumnya siswa memiliki karakter untuk lebih mudah mengingat sebuah tayangan video bahkan hingga ke dialog dalam video sehingga materi pembelajaran yang disampaikan melalui video amat mungkin dijadikan sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Matlab

Selama ini, mata pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan dan susah dipahami oleh para siswa. Dengan aplikasi Matlab ini, maka proses pembelajaran matematika akan terasa lebih menarik dan menyenangkan.

Baca Juga -   Bahas iPhone 14 Pro Max, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Plus, dan iPhone 14! Recommended Mana Untuk Dibeli?

Karena aplikasi Matlab adalah media yang memberikan kemudahan bagi tenaga pendidik untuk membuat soal matematika dengan desain yang menarik sehingga mampu menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika.