tanaman wijaya kusuma
Foto: Freepik/wirestock

4 Manfaat dan Keunikan Tanaman Wijaya Kusuma

Dari sekian banyak tanaman koleksi yang diminati masyarakat,  terdapat satu tanaman yakni tanaman wijaya kusuma yang penggemarnya tak pernah sepi peminat bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Ini sangat beralasan mengingat tanaman ini memiliki keunikan dan bentuk bunga yang indah sehingga sangat cocok jika ditanam di pekarangan rumah.

Tak hanya bentuknya yang indah, tanaman wijaya kusuma juga ternyata memiliki beragam manfaat untuk .

Selain itu, tanaman wijayakusuma yang masuk dalam kategori tanaman sukulen ini juga kental dengan mitos khususnya pada masa lampau.

Tanaman wijayakusuma yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah ini pun relatif mudah perawatannya terlebih di seluruh wilayah Indonesia yang dikenal beriklim tropis.

Mitos Tanaman Wijaya Kusuma

Pada zaman dahulu, tanaman wijaya kusuma menjadi simbol kejayaan sebuah kerajaan, karenanya bunga dari tanaman wijayakusuma ini juga disebut sebagai bunga kejayaan.

Ketika itu, siapapun yang mampu menanam tanaman wijayakusuma dan menghasilkan maka keturunan dari pemilik tanaman wijaya kusuma itu dipercaya akan .

Baca Juga -   5 Resep Mie Goreng Sederhana, Anak Kuliner Wajib Coba

Tak hanya itu saja, tanaman wijayakusuma juga erat kaitannya dengan Kerajaan Majapahit. Dalam aturannya, siapapun calon raja yang hendak naik tahta wajib memetik sekuntum bunga wijaya kusuma sebagai perlambang kejayaan kerajaan selama sang raja memimpin.

Keunikan Tanaman Wijaya Kusuma

Selain berkembangnya mitos tentang tanaman wijayakusuma. Bunga wijaya kusuma ini memiliki keunikan tersendiri yakni; bunga wijaya kusuma memiliki periode waktu mekar yang amat singkat khususnya pada sore hingga malam hari.

Dan, pada dini hari, bunga wijaya kusuma akan kembali layu. Nah, saat bunga wijaya kusuma mekar maka bunga wijaya kusuma akan mengeluarkan wangi yang khas yang harumnya hanya dimiliki oleh tanaman ini.

Manfaat Tanaman Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Dibalik keindahan dan keunikan tanaman wijaya kusuma, terdapat juga manfaat dari hampir seluruh bagian tanaman wijaya kusuma ini. Berikut beberapa manfaatnya;

  1. Obat Bisul

Bunga wijaya kusuma efektif untuk digunakan sebagai obat bisul. Cukup dengan memetik dua kuntum bunga wijaya kusuma atau seberat 10 gram kemudian tumbuk hingga halus dan beri sedikit air hingga bunga wijaya kusuma benar-benar halus.

Baca Juga -   Murah Meriah! Resep Tempe Gembus Sederhana yang Cocok Untuk Menu Sehari-Hari!

Setelah itu, oleskan campuran bunga wijaya kusuma dan air itu ke bagian tubuh yang bisulan hingga benar-benar sembuh.

  1. Obat Radang Tenggorokan

Bunga wijaya kusuma juga efektif untuk mengobati radang tenggorokan. membuat ramuannya pun sangat mudah. Cukup dengan memetik 5 bunga wijaya kusuma kemudian rebus bunga wijaya kusuma hingga mendidih setelah itu saring.

Setelah air rebusan hangat-hangat kuku, minumlah air rebusan tersebut hingga radang tenggorokan benar-benar sembuh.

  1. Obat Nyeri Lambung

Jika kamu mengalami nyeri lambung, bunga wijaya kusuma juga efektif meredakan nyeri lambung. Cara pengolahannya pun sama dengan mengobati radang tenggorokan. Tapi, air rebusan bunga wijaya kusuma baru boleh diminum saat air sudah benar-benar dingin.

Saat minum air rebusan bunga wijaya kusuma ini, kamu akan merasakan perut yang lebih nyaman dan sejuk karena pada dasarnya bunga wijaya kusuma memiliki karakter rasa seperti daun mint yang dingin dan sejuk.

  1. Meredakan Asma

Jika kamu memiliki asma dan sudah berobat kesana kemari tapi tak kunjung sembuh. Maka pengobatan dengan tanaman wijaya kusuma ini bisa kamu coba.

Baca Juga -   Anti Mati Gaya! Ini Dia Gaya Foto Bridesmaid Paling Unik

Caranya, cuci sedikitnya 6 buah bunga wijaya kusuma kemudian iris kecil-kecil setelah itu masukkan irisan bunga wijaya kusuma ke dalam air matang di dalam botol minum dan diamkan selama tiga jam.

Setelah tiga jam, infusan bunga wijaya kusuma bisa kamu minum atau bisa juga diminum saat asma menyerang.

Demikian lah beberapa manfaat tanaman wijaya kusuma yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai keluhan penyakit.

Jadi selain mampu mempercantik rumah, tanaman wijaya kusuma juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.