mendaki gunung
Foto: Freepik/tawatchai07

5 Jenis Latihan Fisik yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

membutuhkan kesiapan fisik yang kuat dan sehat mengingat kontur pegunungan yang terjal dengan tanjakan dengan tingkat kemiringan yang curam sehingga membutuhkan energi ekstra saat memulai pendakian ini.

Selain itu, berat beban yang dibawa di dalam carrier juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat proses mendaki gunung bisa lebih berat, karena itu amat disarankan untuk membawa perlengkapan yang sesuai kebutuhan dengan dimensi dan ukuran yang tidak terlalu berat agar tidak menjadi beban saat proses pendakian.

Pentingnya Sebelum Mendaki Gunung

Tidak melakukan persiapan yang matang seperti latihan fisik hingga perbekalan , perlengkapan mendaki hingga obat-obatan yang memadai juga bisa berdampak pada kemungkinan terjadinya hypothermia, nyeri punggung hingga paru-paru yang terasa seperti terbakar akibat proses pendakian yang dilakukan tanpa persiapan yang matang.

Persiapan Latihan Sebelum Mendaki Gunung

Sehingga saat memutuskan mendaki gunung ada baiknya untuk melakukan sejumlah persiapan fisik hingga latihan khusus agar aktivitas pendakian gunung tidak berujung pada kecelakaan tapi malah sebaliknya menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Baca Juga -   4 Model High Heels Remaja Simple yang Sangat Cocok Dikenakan di Hari Raya Idul Fitri!

Berikut 6 jenis rekomendasi latihan fisik yang bisa dilakukan sebelum mendaki berlangsung;

Latihan Berjalan

Usahakan beberapa hari sebelum mendaki gunung, untuk melakukan latihan berjalan kaki sejauh 5 sampai 8 kilometer dengan mencari jalur latihan dengan kontur yang disesuaikan dengan kontur pegunungan yang hendak didaki atau bisa dengan mencari jalan berupa tanjakan dengan berlatih selama 30 menit setiap harinya.

Jika memungkinkan kamu bisa menambah jarak tempuh dan durasi waktu latihan berjalan kaki termasuk mencari jalan yang memiliki tanjakan yang sedikit curam agar ketika proses mendaki gunung berlangsung kamu sudah lebih siap menempuh jalur pegunungan dengan berbagai jenis konturnya.

Squat Jump

Sasaran dari latihan squat jump ini adalah untuk menguatkan tulang paha depan dan belakang serta tulang pinggul agar tidak mudah lelah saat proses pendakian berlangsung.

Latihan ini akan sangat efektif ketika menemui jalur pendakian yang memiliki alur berupa tanjakan ataupun turunan yang curam, dengan begitu daya tumpu kaki bisa lebih kuat tanpa harus khawatir mengalami kram atau bahkan keseleo.

Baca Juga -   Truck Serbaguna, Tc Trailers Siap Mengirimkan Barang-Barang Berat ke Berbagai Wilayah dan Tempat!

Lakukan latihan ini secara rutin dengan durasi waktu latihan yang terus ditambah hingga saat akan melakukan pendakian.

Step Up

Latihan step up ini bertujuan untuk menguatkan kedua paha bagian depan dan belakang serta betis agar lebih mampu menahan beban tubuh saat menempuh jalur berupa tanjakan.

Proses latihan ini idealnya dilakukan seminggu sebelum proses pendakian berlangsung untuk membiasakan kedua kaki menahan beban yang berat dari tubuh sekaligus tas ransel bawaan.

Umumnya, setelah latihan ini dilakukan, proses pendakian jadi jauh lebih mudah, kamu juga tidak akan terlalu cepat lelah karena kaki sudah terbiasa dilatih untuk menopang beban tubuh dengan medan yang menanjak sekalipun.

Latihan Angkat Bahu

Tujuan latihan ini adalah untuk membiasakan bahu maupun punggung atas mampu menahan beban dari carrier yang berisi perlengkapan dan perbekalan saat mendaki gunung yang umumnya berkapasitas minimal 18 kilogram.

Lakukan latihan ini secara berulang setiap hari agar ketika saat mendaki, bahu dan punggung sudah benar-benar siap dan kuat menopang beban yang berat meskipun mendaki di medan yang menanjak sekalipun.

Baca Juga -   6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS, Prospek Kerja Cemerlang

Latihan Ekstensi

Tujuan latihan ini adalah untuk menguatkan ekstensi punggung agar mampu menopang beban bawaan dan tubuh mengingat medan pendakian yang didominasi oleh tanjakan.

latihannya pun cukup mudah, baringkan tubuh anda dalam keadaan telungkup dengan kedua tangan terlipat di bawah dagu. Pertahankan bagian kaki dan bagian pinggul agar tetap menempel dilantai.

Setelah itu, angkat dagu dan dada secara perlahan, tidak perlu terlalu tinggi tapi cukup menahan dagu dan dada selama beberapa saat kemudian turunkan secara perlahan dan lakukan secara berulang.