Tips, Resep  

6 Tips Hidup Sehat Alami  yang Kaya akan Manfaat untuk Tubuh dan Kesehatan

hidup sehat
Foto: Freepik/pressfoto

Pola hidup sehat tidak hanya dengan makan, tidur dan olahraga yang cukup saja. Sehat adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang merasakan kebaikan dari fisik, mental, hingga spiritual. Gaya hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bahagia.

Penerapan pola hidup sehat sangat penting untuk mencegah kemungkinan timbulnya penyakit berbahaya di dalam tubuh. Terlebih lagi, pesatnya teknologi pangan, produksi makanan olahan berdampak pada budaya makan sehat yang berubah menjadi makanan cepat saji yang berpotensi menurunkan kesehatan.

Manfaat Hidup Sehat

Oleh karena itu, banyak manfaat yang muncul dengan menerapkan pola hidup sehat yang sesuai dengan anjuran kesehatan, selain bisa memperpanjang usia, membuat tubuh lebih kuat terhadap berbagai jenis penyakit, maupun mencegah kemungkinan adanya virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Menerapkan Hidup Sehat

Cara menerapkan hidup sehat, sebenarnya relatif sederhana dan mudah. Hanya dibutuhkan usaha dan kebiasaan untuk menerapkannya secara serius, selain penting untuk kesehatan tubuh, juga baik untuk kesehatan organ bagian dalam tubuh. Berikut rekomendasi cara hidup sehat sederhana yang bisa dilakukan setiap hari:

Baca Juga -   4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda

Mengatur Pola Makan

Cara hidup sehat yang utama adalah mengatur pola makan. Usahakan untuk selalu sarapan di pagi hari untuk membangkitkan semangat dan menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Jika kamu melewatkan sarapan pagi, kamu akan merasa lapar dan terus ngemil sepanjang hari. Usahakan untuk makan tepat waktu di siang dan malam hari pada jam yang teratur. Jangan makan malam terlalu larut karena justru akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras lagi untuk memproses makanan.

Perhatikan Gizi Makanan

Memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi setiap hari juga tak kalah penting. Usahakan dalam satu piring makanan terdapat karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Dengan memperhatikan gizi setiap asupan makanan yang masuk, maka akan mendapatkan tubuh yang ideal dan sistem pencernaan yang sehat.

Minum Air Putih

Dengan kadar air sebanyak 60% dalam tubuh, tentu saja asupan air yang cukup bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu kamu harus bisa memastikan bahwa asupan air putih harian sudah tercukupi dengan baik. Kurangnya konsumsi air setiap hari bisa membuat tubuh dehidrasi dan hal ini akan berpengaruh buruk pada sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga -   5 Manfaat Push Up Setiap Hari yang Wajib Kamu Tahu

Hindari Makanan Siap Saji

Perkembangan zaman telah menuntut semuanya serba cepat termasuk penyajian makanan. Makanan yang disajikan harus melewati proses yang cepat dan mengabaikan faktor kesehatan. Makanan olahan siap saji menjadi salah satu penyebab obesitas dan akhirnya akan memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Ditambah lagi makanan siap saji biasanya dibuat dari makanan kalengan yang telah diawetkan untuk mempercepat proses penyajian.

Padahal, makanan olahan yang diawetkan akan kehilangan nilai gizi dan berpotensi merusak sel baik dalam tubuh karena banyaknya bahan pengawet yang dikonsumsi.

Kurangi Konsumsi Gula

Sebenarnya gula dibutuhkan oleh tubuh namun jika konsumsi berlebihan akan membuat tubuh tak mampu menyerap semua kadar glukosa yang masuk. Tentu saja hal ini akan sangat sulit pada awalnya, karena semua makanan yang lezat pasti mengandung lebih banyak gula. Meski begitu, kamu tidak perlu berhenti mengkonsumsi makanan manis, hanya menguranginya hingga takaran yang cukup.

Olahraga

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kamu perlu melakukan olahraga minimal 2,5 jam setiap minggunya. Tentu waktu ini sangat sedikit dibandingkan dengan aktivitas yang padat setiap harinya. Olahraga bisa membuat tubuh mengalami peregangan dan melancarkan sirkulasi darah ke otak. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa berlari, bersepeda, berenang, senam, bahkan yoga di dalam kamar.

Baca Juga -   8 Cara Membuat Jus Seledri yang Sangat Mudah dan Simple, Praktekkan Sendiri Di Rumah Ya!