2 Cara Mengubah Kuota Belajar menjadi Kuota Internet Tanpa Aplikasi

Saat pandemi Covid-19 merebak beberapa waktu yang lalu, Kemendikbud dan semua provider memberikan kuota khusus untuk para pelajar atau yang dikenal dengan kuota belajar. Namun,

Syadir

kuota belajar jadi kuota internet
Foto: Kemendikbud

Saat pandemi Covid-19 merebak beberapa waktu yang lalu, Kemendikbud dan semua provider memberikan kuota khusus untuk para pelajar atau yang dikenal dengan kuota belajar. Namun, tak sedikit pelajar yang ingin mengubah kuota belajar menjadi .

Hal ini karena ada beberapa sumber materi pelajaran yang tidak bisa di akses dengan kuota belajar sehingga sedikit menghambat para dalam mencari referensi mata pelajaran yang mereka butuhkan, oleh karena itu banyak siswa yang berusaha mengubah kuota belajar menjadi kuota internet.

Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet

Pada prinsipnya, mengubah kuota belajar menjadi kuota internet biasa sebenarnya bukanlah perkara yang sulit, hanya saja memang untuk bisa mengubah kuota belajar menjadi kuota internet memang membutuhkan sedikit trik khusus.

Ada beberapa untuk bisa mengubah kuota belajar menjadi kuota internet, cara ini bertujuan agar jika kita mempunyai sisa kuota belajar (kuota edukasi) yang tidak terpakai, kita masih bisa memanfaatkan sisa kuota tersebut.

Apalagi banyak pengguna di luar sana yang mengeluh kalau sisa kuota belajar masih banyak, tidak heran karena pada dasarnya aplikasi kuota belajar memang hanya bisa untuk akses aplikasi pembelajaran saja, tidak bisa untuk streaming Youtube, Sosmed, ataupun browsing.

Mekanisme Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet

Bukan hanya kuota belajar dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) saja, tapi kuota belajar yang anda beli sendiri langsung ke operator seluler seperti , Indosat, /Axis maupun Tri juga bisa diubah menjadi kuota utama.

Namun Pemerintah sendiri secara resmi sudah menyatakan bahwa bantuan kuota data gratis berupa kuota belajar dari kemendikbud sudah berakhir penyalurannya untuk tahun ini, namun potensi ada lagi bantuan kuota gratis di tahun depan masih terbuka mengingat sekarang mayoritas atau kampus masih memberlakukan pembelajaran daring.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Perlu dipahami, jika ingin menerapkan tutorial ini usahakan sisa kuota internet di HP anda memang hanya ada kuota belajar (untuk menghindari kuota utama terpakai)

Kecuali kuota utama yang anda miliki hanya sedikit, ini tidak masalah malah lebih baik karena biasanya kemungkinan trik ini berhasil memang harus ada kuota utama (untuk pancingan) di awal sehingga trik bisa berjalan.

Jika berhasil dan tersambung dan bisa untuk internetan, jangan lupa cek secara berkala dan pastikan kuota yang terpakai kuota belajar (cek untuk buka Youtube atau maupun aplikasi lain selain aplikasi yang memang didukung kuota belajar seperti Whatsapp, Aplikasi platform belajar online mulai dari Classroom, Udemy, Zenius, dan lainnya.

Mengubah Kuota Belajar Jadi Kuota Internet dengan Google Drive

Cara ini bisa dilakukan seperti langkah berikut ini:

  • Siapkan akun google drive dan link akun Google Drive yang akan digunakan
  • Akses link tersebut dengan menggunakan kuota belajar Anda.
  • Anda bisa melakukan streaming atau download file.
  • Setelah dilakukan percobaan, periksa kuota belajar Anda apakah berkurang atau tidak sama sekali
  • Jika berkurang, lanjutkan streaming atau mengunduh hal yang Anda inginkan melalui akses dari Google Drive dengan kuota belajar Anda.

Mengubah Kuota Belajar Jadi Kuota Internet dengan Whatsapp

Berikut langkah yang harus anda lakukan:

  • Kirim link yang akan Anda tonton baik itu dari Youtube maupun dari sosial media lainnya ke salah satu kontak WhatsApp Anda.
  • Pastikan bahwa thumbnail video tersebut benar-benar muncul, setelah itu barulah kirim link video tersebut. Sehingga, Anda bisa langsung menonton video yang Anda inginkan tersebut dengan cara mengklik link tautan secara langsung. Anda bisa menikmati video dari Youtube dan Instagram dengan gratis dari kuota belajar Anda.

 

Related Post