cara merawat laptop
(Sumber foto: Freepik) cara merawat laptop agar tetap awet

Wajib Tahu! 5 Cara Merawat Laptop Agar Bisa Bertahan Lebih Lama

Umur memang memiliki sebuah batas, maka dari itu perlunya merawat sebaik mungkin agar laptop bisa tetap awet. Lantas bagaimanakah cara merawat laptop agar bisa bertahan lama? Penasaran bukan, yuk simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Bagaimana Merawat Laptop Agar Bisa Bertahan Lebih Lama?

cara merawat laptop
(Sumber foto: Freepik) agar tetap awet

RujukanNews.com – Kalau umur rata-rata sebuah laptop tidak bisa ditentukan secara pasti, mungkin karena setiap brand yang mengeluarkan produk laptopnya juga berbeda-beda. Oleh karena itulah, mari simak mengenai cara merawat laptop agar bisa tetap awet berikut ini ya.

1. Selalu Periksa Adaptor Charger

Selalu pastikan agar adaptor charger pada laptop disambungkan ketika kamu menggunakannya saja, jangan selalu dinyalakan ataupun digunakan setiap saat. Karena hal tersebut bisa membuat adaptor charger cepat rusak.

Dengan begitu, laptop yang kamu miliki bisa tetap awet dan tahan lama. Maka dari itulah cara merawat laptop yang pertama adalah tetap memeriksa adaptor charger, sebab hal itu juga akan berpengaruh pada performa baterainya.

Baca Juga -   5 Kelebihan Xiaomi 13 Pro, layarnya WQHD+ dan Kameranya Tuningan by Leica!

2. Jangan Pernah Gunakan Bantalan pada Laptop

Salah satu adalah jangan pernah menggunakan bantalan empuk pada laptop. Karena bisa mengganggu sirkulasi pembuangan panas dari kipasnya sendiri, dan bahkan laptop juga akan lebih panas.

Selalu gunakan bantalan yang keras, atau enggak bisa menggunakan bantalan yang lurus agar sirkulasi dari kipas pembuangan panas pada laptop bisa tetap aman, dan pastinya laptop yang kamu beli akan tetap awet.

3. Bersihkan Cache dan History

adalah dengan membersihkan sebisa mungkin cache dan history pada chrome ketika sudah selesai digunakan. Memang benar, saat ini kapasitas RAM dari laptop semakin besar.

Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tetap membersihkan history pada ketika sudah selesai digunakan. Dengan begitu, laptop tidak akan mudah lemot, walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Lakukan Secara Rutin Perawatan

Salah satu cara yang harus dilakukan agar laptop tetap awet adalah melakukan perawatan secara rutin. Karena hal ini sangat membantu performa dari laptop itu sendiri. Cara membersihkan laptop yang paling tetap bisa membersihkan debu dari kipasnya.

Baca Juga -   5 Kelebihan Rog Flow X16, Laptop Gaming Asus yang Paling Tipis!

Minimal pembersihan secara rutin ini dilakukan 3 bulan sekali, atau bahkan mungkin bisa kurang dari itu. Supaya tidak ada kotoran yang tersisa di mesin laptop itu sendiri, dengan begitu performanya juga semakin kencang.

5. Menggunakan Tas yang Tahan Terhadap Benturan

Tips terakhir mengenai cara merawat laptop agar tetap bertahan lama adalah menggunakan tas yang tahan terhadap benturan. Karena laptop adalah barang elektronik yang rawan, maka gunakanlah tas yang kuat ketika ingin bepergian.

Akan tetapi, pastikan juga laptop dalam keadaan mati ketika ingin dibawa kemana-mana, karena jika masih ataupun hanya di sleep saja, maka laptop tersebut akan lebih sering kepencet-pencet dan membuat laptop semakin lemot.

Akhir Kata

Karena saat ini kebutuhan dari laptop yang semakin tinggi, mengingat setiap pekerjaan membutuhkan laptop. Jadi kamu yang memiliki laptop harus pintar-pintar merawatnya ya. Silahkan ikuti beberapa tips diatas terkait cara merawat laptop agar bisa tetap awet.

Oh iya, bagi kamu yang ingin membeli kebutuhan lengkap terkait komputer, mouse, keywboard, dan yang lainnya, kamu bisa membelinya di link berikut ini (toko Shopee).

Baca Juga -   12 Rekomendasi Film Disney Terbaru 2022, Bisa Kamu Tonton di Akhir Pekan

Selalu ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh berita terupdate seputaran , , laptop, dan lain-lain, sampai jumpa lagi ya…