Mudah dan Praktis, 3 Cara Presentasi di Google Meeting

google meeting
Foto: Freepik/tirachardz

Pasca pandemi Covid-19, aktivitas dalam jaringan (daring) termasuk presentasi di google meeting baik untuk kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan sudah menjadi hal yang biasa.

Meskipun demikian, dibalik kian populernya presentasi di google meeting ternyata masih banyak pula masyarakat yang belum mengetahui secara teknis untuk menyampaikan presentasi melalui aplikasi google meet.

Fungsi Google Meet

Google meeting sendiri merupakan aplikasi buatan google yang ditujukan untuk kebutuhan meeting, rapat, pembelajaran secara dalam jaringan yang sangat dibutuhkan ketika pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Aplikasi google meet ini bisa digunakan dan di akses secara gratis dengan beragam fitur penunjang termasuk ketika melakukan presentasi di google meet yang bisa dioperasikan baik melalui perangkat smartphone maupun perangkat komputer.

Baca Juga -   Xiaomi Mix Fold 2, HP Lipat Dari Xiaomi yang Bikin Brand Lain Ketar-Ketir

Keuntungan Melakukan Presentasi di Google Meeting

Banyak keuntungan yang ditawarkan dengan melakukan presentasi di google meeting, selain kualitas gambar yang sudah tinggi atau high definition (HD), kapasitas peserta rapat pun terbilang besar serta tanpa ada batasan durasi pada saat melakukan rapat maupun belajar dari di google meet.

Keunggulan lainnya dari google meeting adalah, Anda bahkan bisa melakukan presentasi bahkan saat pengguna lain dalam rapat yang sama sedang melakukan presentasi.

Melakukan aktivitas daring, rapat maupun meeting melalui aplikasi google meet juga dijamin aman termasuk privasi dari kemungkinan adanya peserta atau pengguna aplikasi lain masuk ke dalam meeting atau presentasi yang sedang Anda ikuti, karena untuk bisa mengakses rapat tiap peserta akan mendapatkan kode serta password khusus untuk bisa mengikuti rapatnya.

Cara Presentasi di Google Meeting

Terdapat dua cara untuk bisa melakukan presentasi di google meet, yakni melalui perangkat komputer dan melalui smartphone, berikut penjelasannya:

Presentasi di Google Meeting Melalui Perangkat Komputer

Untuk melakukan presentasi di google meet dengan menggunakan perangkat komputer Anda, caranya adalah seperti berikut ini:

  • Buka situs atau aplikasi Google Meeting di laptop.
  • Kemudian gabung ke rapat yang sedang berlangsung.
  • Setelah klik menu Presentasikan Sekarang di pojok kanan bawah.
  • Tentukan Layar, Jendela dan Tab Chrome untuk melakukan presentasi.
  • Tentukan juga materi atau konten sebagai bahan presentasi.
  • Terakhir pilih Bagikan atau share.
Baca Juga -   7 Cara Membuat Stik Royco Tanpa Telur

Cara Presentasi Bersamaan dengan Peserta lain

Selain itu, pada google meet juga terdapat fitur lain dimana Anda bisa melakukan presentasi bersamaan dengan peserta lain yang juga sedang melakukan presentasi, berikut langkahnya:

  • Gabung atau Mulai Rapat di Google Meet.
  • Kemudian klik Presentasikan.
  • Lalu pilih salah satu jendela atau aplikasi untuk presentasi.
  • Setelah itu tinggal klik Bagikan.

Cara Presentasi di Google Meet melalui Smartphone

Cara yang kedua adalah melakukan presentasi melalui aplikasi google meet dengan menggunakan perangkat smartphone. Cara ini dianggap lebih praktis dan simpel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Meet di perangkat smartphone kamu.
  • Silahkan pilih opsi untuk mengikuti rapat.
  • Setelah itu klik menu Lainnya.
  • Kemudian pilih Presentasikan Layar.
  • Sekarang kalian bisa mulai presentasi ke semua peserta Rapat Meet.

Jika proses presentasi di google meet selesai, dan Anda hendak mengakhiri presentasi, langkah yang harus anda lakukan juga relatif mudah, berikut langkahnya:

Pada tampilan rapat atau meet silahkan klik Berhenti Mempresentasikan atau bisa juga dengan memilih opsi dengan klik tulisan Anda Sedang Memberikan Presentasi -> Berhenti Mempresentasikan di bagian pojok kanan bawah.

Baca Juga -   Cara Presentasi di Google Meet dengan 6 Langkah Mudah