karya inovatif guru
Foto: Freepik/pch.vector

4 Bentuk Karya Inovatif Guru dan Cara Membuatnya

Membuat merupakan salah satu syarat penting dalam komponen Penilaian Angka Kredit untuk unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagai unsur utamanya.

Karya inovatif sendiri memiliki pengertian yakni: sebagai karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, , dan seni yang memiliki manfaat tak hanya untuk pendidikan tapi juga untuk masyarakat umum.

Ketentuan Karya Inovatif Guru

Ketentuan karya inovatif guru mengacu pada PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009 tentang jumlah minimum angka kredit yang menjadi dasar untuk kebutuhan persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan tenaga pendidik, dengan ketentuan berikut ini:

  1. Jumlah publikasi bisa berbentuk karya terjemahan atau berbentuk tulisan ilmiah populer dengan jumlah maksimal tiga buah, ditambah buku pedoman bagi guru paling banyak satu buah.
  2. Penulisan laporan penelitian dilakukan maksimal 2 laporan per tahun.
  3. Karya Inovatif maksimal 50% dari yang dibutuhkan.

Bentuk Karya Inovatif Guru

Berikut bentuk karya inovatif guru yang telah diatur secara khusus dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan:

  1. Menemukan teknologi tepat guna;
  2. Menemukan atau menciptakan karya seni;
  3. Membuat atau memodifikasi alat pelajaran atau praktikum
  4. Mengikuti pengembangan atau penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya.
Baca Juga -   Pengertian Akreditasi Sekolah dan 5 Syarat Pengajuan Akreditasi

Kategori Karya Inovatif Guru

Karya inovatif guru memiliki dua kategori, yaitu kompleks dan . Kategori kompleks dan sederhana pada karya teknologi tepat guna ditinjau dari ruang lingkup penggunaan. Sedang untuk alat pelajaran dihitung berdasarkan jumlah atau waktu dari karya inovatif guru yang dibuat.

Untuk karya inovatif guru bidang karya seni, pembagian kategori baik kompleks maupun sederhana dilihat dari dari jumlah karya yang dihasilkan dan karya tersebut sudah dipublikasikan minimal pada tingkat kabupaten/kota.

Format Laporan Karya Inovatif Guru

Karya inovatif guru harus dibuat laporan untuk dijadikan bukti. Format penyusunan laporan karya inovarif guru harus mengacu pada format yang telah ditentukan dan harus mengacu pada format laporan untuk kepentingan penilaian PAK.

Untuk memudahkan guru menyusun laporan karya inovatif, berikut contoh format laporan karya inovatif guru.

  1. Halaman Judul

Bagian ini isinya berupa judul jenis laporan, nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP, dan nama sekolahan serta lokasi .

  1. Halaman Pernyataan

Halaman ini berisi tentang surat pernyataan dari pembuat karya inovatif bahwa karya yang dibuat itu adalah asli buatan sendiri termasuk produk karya inovatif yang dibuat harus dibuat sendiri dan tidak menggunakan karya milik orang lain.

  1. Kata Pengantar
Baca Juga -   Harga Terjangkau? 4 Rekomendasi Spray Wajah Untuk Make Up Tahan Lama!

Halaman ini berisi tentang pengantar tentang karya inovatif yang akan dinilai dalam PAK. Penyusunan kalimatnya harus terstruktur, rapih dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Daftar Isi dan Daftar Gambar

Berisi tentang daftar isi laporan dan daftar gambar karya inovatif

  1. Tujuan

Berisi tentang tujuan pembuatan karya inovatif yang dibuat. Bisa dengan menjelaskan secara rinci tahap demi tahap atau bisa juga dibuat secara umum.

  1. Manfaat

Jelaskan manfaat dari karya inovatif yang dibuat ini termasuk keuntungan untuk para peserta didiknya. Termasuk manfaat untuk masyarakat pada umumnya seperti membantu memudahkan proses pembelajaran

  1. Rancangan atau Desain

Rancangan atau desain berisi tentang laporan yang didalamnya terdapat gambar rancang karya inovatif serta diagram dan tabel daftar bahan dan peralatan yang digunakan untuk membuat karya inovatif.

  1. Proses Pembuatan

Halaman ini berisi tentang proses pembuatan karya inovatif bisa dengan membuat langkah demi langkah hingga membentuk satu kesatuan atau bisa juga dengan membuat laporan yang bersifat rangkuman.

Sebagai contoh, Anda bisa menjelaskan proses mengedit dengan menggunakan KineMaster. Sesuai yang Anda gunakan untuk mengedit pembelajarannya.

  1. Penggunaan di Sekolah
Baca Juga -   Wajib Dicoba! 4 Bisnis Online Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Pada bagian ini jelaskan juga bagaimana video pembelajaran yang telah dibuat bisa dipakai saat pembelajaran di kelas. Beri foto dokumentasinya. Bisa juga dengan melengkapi dengan RPP yang Anda gunakan.

  1. Bagian Penutup berisi Dampak dan Simpulan

Video pembelajaran yang dibuat oleh guru sendiri akan terasa lebih istimewa di mata para . Meskipun hasil video belum terlalu istimewa tetapi peserta didik itu tampak menghargai guru. Melihat usaha guru yang lebih, dampaknya peserta didik pun kemudian termotivasi untuk belajar lebih baik.